Analisis Perbandingan User Experience Aplikasi Pencari Partner Lomba bagi Mahasiswa FILKOM UB pada Android dan Prototype Figma
Kata Kunci:
user experience, partner lomba, Android, Figma, task scenario, System Usability ScaleAbstrak
Berdasarkan survei pada tahun 2020, sebanyak 80% dari 350 responden dari kalangan mahasiswa FILKOM UB mengaku pernah mengalami kebingungan pada saat ingin mencari anggota tim lomba. Pada penelitian sebelumnya, dihasilkan rancangan aplikasi mobile berupa prototype Figma untuk membantu mengatasi masalah kebingungan tersebut dan hasilnya diuji dengan menggunakan metode task scenario untuk aspek efektivitas dan efisiensi serta metode System Usability Scale (SUS) untuk aspek kepuasan pengguna. Dari hasil pengujian penelitian tersebut, didapat skor 85% pada aspek efektivitas, 62,87% pada aspek efisiensi, dan 72,5% untuk aspek kepuasan sehingga memiliki skor usability rata-rata sebesar 73,46%. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi lebih lanjut terhadap penelitian tersebut dengan melakukan analisis terkait perbandingan user experience yang didapatkan ketika aplikasi sudah diimplementasikan menjadi sebuah produk aplikasi berbasis Android dan arsitektur Model-View-ViewModel (MVVM). Untuk mengukur user experience dari aplikasi yang dihasilkan, digunakan metode task scenario dan System Usability Scale (SUS) yang sama dengan penelitian sebelumnya. Pada penelitian ini, perbedaan user experience dilihat dari nilai confidence interval dan T-test. Dari hasil perhitungan, didapatkan skor T-Test sebesar 0,1726, lebih tinggi dibandingkan dengan alpha level sebesar 0.1, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terkait user experience yang didapat pengguna dari prototipe Figma dan aplikasi Android hasil implementasinya.
Referensi
Brooke, J., 1995. SUS: A quick and dirty usability scale. Usability Eval. Ind., Volume 189.
Buschmann, F. et al., 1996. Pattern-Oriented Software Architecture. Chichester: John Wiley & Sons Ltd.
Dahono, G. B. S., 2020. S1. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Akakom Yogyakarta. [Online] Tersedia do: https://eprints.utdi.ac.id/9083/ [Diakses 22 Februari 2023].
Firebase, 2023a. Firebase Authentication | simple, multi-platform sign-in. [Online] Tersedia di: https://firebase.google.com/products/auth [Diakses 21 Februari 2023].
Firebase, 2023b. Cloud Firestore | Store and sync app data at global scale. [Online] Tersedia di: https://firebase.google.com/products/firestore [Diakses 21 Februari 2023].
Firebase, 2023c. Cloud Storage for Firebase. [Online] Tersedia di: https://firebase.google.com/docs/storage [Diakses 01 Juni 2023].
GeeksForGeeks, 2020. When should you use waterfall model. [Online] Tersedia di: https://www.geeksforgeeks.org/when-should-you-use-waterfall-model/ [Diakses 21 Februari 2023].
Irwinansyah, M. I., Tolle, H. & Brata, K. C., 2020. Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pencari Partner Lomba Bagi Mahasiswa Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(9), pp. 2843-2850.
ISO, 2018. ISO 9241-11:2018(en) Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts. 2 ed. s.l.:International Standart Organization.
Maududi, M. Z. A., Kharisma, A. P. & Huda, F. A., 2022. Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Panduan dan Resep Masakan untuk Mahasiswa berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(11), pp. 5181-5190.
Maze, 2023. A Beginner's Guide to Usability Testing. [Online] Tersedia di: https://maze.co/guides/usability-testing/ [Diakses 23 Februari 2023].
Singh, H. & Tanna, M., 2018. Serverless Web Applications With React and Firebase. Birmingham: Packt Publishing.
Statcounter, 2023. Mobile Operating System Market Share in Indonesia. [Online] Tersedia di: https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia/#yearly-2009-2023-bar [Diakses 20 Februari 2023].
Tullis, T. & Albert, B., 2013. Measuring the User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics. 1 ed. s.l.:Elsevier Science.
Tutuja, M. & Dubey, G., 2012. A Research Study on Importance of Testing and Quality Assurance in Software Development Life Cycle (SDLC) Models. International Journal of Soft Computing and Engineering, 2(3), pp. 251-257.
Vogel, L., 2015. Android Architecture With MVP or MVVM - Tutorial. [Online] Tersedia di: https://www.vogella.com/tutorials/AndroidArchitecture/article.html [Diakses 21 Februari 2023].
Brooke, J., 1995. SUS: A quick and dirty usability scale. Usability Eval. Ind., Volume 189.
Buschmann, F. et al., 1996. Pattern-Oriented Software Architecture. Chichester: John Wiley & Sons Ltd.
Dahono, G. B. S., 2020. S1. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Akakom Yogyakarta. [Online] Tersedia do: https://eprints.utdi.ac.id/9083/ [Diakses 22 Februari 2023].
Firebase, 2023a. Firebase Authentication | simple, multi-platform sign-in. [Online] Tersedia di: https://firebase.google.com/products/auth [Diakses 21 Februari 2023].
Firebase, 2023b. Cloud Firestore | Store and sync app data at global scale. [Online] Tersedia di: https://firebase.google.com/products/firestore [Diakses 21 Februari 2023].
Firebase, 2023c. Cloud Storage for Firebase. [Online] Tersedia di: https://firebase.google.com/docs/storage [Diakses 01 Juni 2023].
GeeksForGeeks, 2020. When should you use waterfall model. [Online] Tersedia di: https://www.geeksforgeeks.org/when-should-you-use-waterfall-model/ [Diakses 21 Februari 2023].
Irwinansyah, M. I., Tolle, H. & Brata, K. C., 2020. Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pencari Partner Lomba Bagi Mahasiswa Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(9), pp. 2843-2850.
ISO, 2018. ISO 9241-11:2018(en) Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts. 2 ed. s.l.:International Standart Organization.
Maududi, M. Z. A., Kharisma, A. P. & Huda, F. A., 2022. Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Panduan dan Resep Masakan untuk Mahasiswa berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(11), pp. 5181-5190.
Maze, 2023. A Beginner's Guide to Usability Testing. [Online] Tersedia di: https://maze.co/guides/usability-testing/ [Diakses 23 Februari 2023].
Singh, H. & Tanna, M., 2018. Serverless Web Applications With React and Firebase. Birmingham: Packt Publishing.
Statcounter, 2023. Mobile Operating System Market Share in Indonesia. [Online] Tersedia di: https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia/#yearly-2009-2023-bar [Diakses 20 Februari 2023].
Tullis, T. & Albert, B., 2013. Measuring the User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics. 1 ed. s.l.:Elsevier Science.
Tutuja, M. & Dubey, G., 2012. A Research Study on Importance of Testing and Quality Assurance in Software Development Life Cycle (SDLC) Models. International Journal of Soft Computing and Engineering, 2(3), pp. 251-257.
Vogel, L., 2015. Android Architecture With MVP or MVVM - Tutorial. [Online] Tersedia di: https://www.vogella.com/tutorials/AndroidArchitecture/article.html [Diakses 21 Februari 2023].
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.