Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama berbasis Android menggunakan Metode Waterfall
Kata Kunci:
IPNU IPPNU, android, waterfall, java, black box, System Usability Scale (SUS)Abstrak
Kini mencari semua informasi menggunakan mobile sangat mudah untuk diakses, salah satu pengguna android yang mendominasi ialah populasi generasi Z dengan 27,94% dan generasi milenial yang berada di peringkat kedua yakni sebanyak 25,87% dari seluruh populasi warga negara Indonesia, kedua populasi generasi tersebut terdapat di organisasi kemasyarakatan yaitu Nahdlatul Ulama yang memiliki BANOM (Badan Otonom) di tingkat pelajar yakni IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama). IPNU IPPNU di kabupaten Jombang sendiri tersebar kurang lebih 21 kecamatan serta hampir seluruh desa dari total 302 desa yang ada, dan dinamika IPNU IPPNU mengalami pasang surut dalam roda perjalanannya sehingga minimnya apresiasi dikala salah satu pimpinan membuat kegiatan. Dengan adanya masalah tersebut, maka perlu adanya aplikasi berbasis android agar seluruh anggota aktif dapat berpartisipasi dan berbagi informasi didalamnya dan juga memberi wadah komunikasi yang terpusat secara internal antara pengurus dan anggota di semua tingkatan. Metode yang digunakan adalah SDLC Waterfall dengan metode pengujian Black Box guna menguji fungsi-fungsi yang tidak benar, serta metode pengujian System Usability Scale (SUS) guna menguji kemudahan penggunaan sistem. Hasil dari pengujian Black Box menghasilkan bahwa sistem memiliki semua fungsi yang valid, sedangkan hasil dari pengujian SUS menerima skor SUS 76, nilai tersebut lebih besar daripada 68.
Referensi
Brooke, J., 2013. (2013). SUS: A Retrospective. Journal Of Usability Studies, 8(2), 29-40.
Dwi, Y. W., Wardah, M. A. (2021). Pengujian Black box Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(1).
Elisurya, S., Az-Zahrah, H. M., dan Wardani, N. H. (2019). Evaluasi Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada E-Commerce Fashion). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5), pp. 4327-4332.
Handy., dan Susilo, J. (2014). Aplikasi Pengujian White-Box IBII Online Judge. Jurnal Informatika dan Bisnis, 3(2), pp. 56-59.
Hartawan, M. S. (2022). Penerapan User Centered Design (UCD) pada Wireframe Desain User Interface dan User Experience Aplikasi Sinopsis Film. Jurnal Elektro & Informatika Swadharma (JEIS), 2(2).
Ichwan, M., Hakiky, F. (2011). Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (Api) Pada Aplikasi Mobile Android (Studi Kasus untuk Pencarian Data Buku). Jurnal Informatika, 2(2).
Nurhadrayani, Y., Sianturi, S. K., Hermadi, I., dan Khotimah, H. (2013). Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile. Jurnal Ilmu Komputer Agri-Informatika, 2(2), pp. 83-93.
Nurhasanah, Y. I., dan Destyany, S. (2011). Implementasi Model Cmifed Pada Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Anak Usia TK dan Playgroup. Jurnal Informatika, 2(2).
Sahar, S. (2019). Strategi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dalam Penanggulangan Kenakalan Remaja di Kota Parepare. Jurnal Kajian Manajemen Dakwah (JKMD), 1(1), pp. 101-127.
Sauro, J., 2011. MeasuringU. [Online] Tersedia di: <https://measuringu.com/sus/> [Diakses 20 Juni 2023].
Susanto, R. P. (2022). Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 22(1).
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK.
Brooke, J., 2013. (2013). SUS: A Retrospective. Journal Of Usability Studies, 8(2), 29-40.
Dwi, Y. W., Wardah, M. A. (2021). Pengujian Black box Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(1).
Elisurya, S., Az-Zahrah, H. M., dan Wardani, N. H. (2019). Evaluasi Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada E-Commerce Fashion). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5), pp. 4327-4332.
Handy., dan Susilo, J. (2014). Aplikasi Pengujian White-Box IBII Online Judge. Jurnal Informatika dan Bisnis, 3(2), pp. 56-59.
Hartawan, M. S. (2022). Penerapan User Centered Design (UCD) pada Wireframe Desain User Interface dan User Experience Aplikasi Sinopsis Film. Jurnal Elektro & Informatika Swadharma (JEIS), 2(2).
Ichwan, M., Hakiky, F. (2011). Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (Api) Pada Aplikasi Mobile Android (Studi Kasus untuk Pencarian Data Buku). Jurnal Informatika, 2(2).
Nurhadrayani, Y., Sianturi, S. K., Hermadi, I., dan Khotimah, H. (2013). Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile. Jurnal Ilmu Komputer Agri-Informatika, 2(2), pp. 83-93.
Nurhasanah, Y. I., dan Destyany, S. (2011). Implementasi Model Cmifed Pada Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Anak Usia TK dan Playgroup. Jurnal Informatika, 2(2).
Sahar, S. (2019). Strategi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dalam Penanggulangan Kenakalan Remaja di Kota Parepare. Jurnal Kajian Manajemen Dakwah (JKMD), 1(1), pp. 101-127.
Sauro, J., 2011. MeasuringU. [Online] Tersedia di: <https://measuringu.com/sus/> [Diakses 20 Juni 2023].
Susanto, R. P. (2022). Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 22(1).
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.