Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Online Course Sharing Digital Marketing sebagai Platform Belajar Digital Marketing menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Mi Studio)

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Online Course Sharing Digital Marketing sebagai Platform Belajar Digital Marketing menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Mi Studio)

Penulis

  • Fadira Bima Syahril Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mahardeka Tri Ananta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

online course, sharing digital marketing, design thinking, usability

Abstrak

Perkembangan teknologi dan digitalisasi telah membawa perubahan besar di berbagai bidang. Salah satu bidang yang semakin diminati adalah digital marketing. Mi Studio sebgai agensi porfesional memberikan inisiatif untuk membuat platform belajar digital marketing secara online. Tujuan utama dari Mi Studio adalah membantu bisnis atau organisasi dalam memperoleh pengalaman yang lebih baik dan efektif. Mi Studio menyediakan berbagai layanan, seperti optimasi mesin pencari (SEO), manajemen media sosial, iklan digital, dan pengembangan situs web. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan pengalaman pengguna aplikasi online course sharing digital marketing menggunakan metode design thinking. Untuk merancang pengalaman, solusi dan hasil pengujian usability aplikasi sharing digital marketing menggunakan metode design thinking pengguna aplikasi online course sharing digital marketing sebagai platform belajar digital marketing. Hasil pengujian usability menunjukkan bahwa aplikasi mencapai nilai efektivitas sebesar 88% dan efisiensi sebesar 82%. Dengan menggunakan metode perhitungan yang telah ditentukan, nilai akhir usabilitas aplikasi diperoleh sebesar 85% dengan predikat "Excellent". Ini menandakan bahwa aplikasi telah memberikan pengalaman belajar yang sangat baik bagi pengguna, diukur dari aspek efektivitas dan efisiensi.

Referensi

Brown, T. (2008). Design Thinking. Harvard Business Review, 86(6), 84-92.

Brown, T., & Wyatt, J. (2010). Design Thinking for Social Innovation. Stanford Social Innovation Review, 8(1), 30-35.

Buchanan, R. (2001). Design Research and the New Learning. Design Issues, 17(4), 3-23.

IDEO U. (2021). Design Thinking for Educators Toolkit. https://www.ideo.com/post/design-thinking-for-educators-toolkit

IDEO. (2015). The Field Guide to Human-Centered Design. https://www.ideo.com/post/design-kit

Khurana, A., & Chakrabarti, A. (2018). Understanding Design Thinking: A Process, a Mindset, or a Methodology? Design Studies, 52, 1-22.

Kim, J. H., Kim, J., & Lennon, S. J. (2017). Customer Value Co-Creation Behavior: Scale Development and Validation. Journal of Business Research, 70, 100-107.

Lee, J., & Kim, J. (2019). Integrating Design Thinking and Entrepreneurship Education: A Proposed Framework for Entrepreneurial Mindset Development. Thinking Skills and Creativity, 32, 1-11.

Liedtka, J. (2015). Perspective: Linking Design Thinking with Innovation Outcomes through Cognitive Bias Reduction. Journal of Product Innovation Management, 32(6), 925-938.

Lockwood, T. (2010). Design Thinking: Integrating Innovation, Customer Experience, and Brand Value. Allworth Press.

Ludema, J. D., Cooperrider, D. L., & Barrett, F. J. (2001). Appreciative Inquiry: The Power of the Unconditional Positive Question. In The Handbook of Appreciative Inquiry (pp. 3-27). Berrett-Koehler Publishers.

Martin, R. L. (2009). The Design of Business: Why Design Thinking Is the Next Competitive Advantage. Harvard Business Press.

Mi Studio. (2021). Tentang Kami. https://www.mistudio.com/tentang-kami

Moggridge, B. (2007). Designing Interactions. MIT Press.

Nielsen, J. (1994). Heuristic Evaluation. In Nielsen, J., & Mack, R. L. (Eds.), Usability Inspection Methods (pp. 25-62). John Wiley & Sons.

Norman, D. A., & Draper, S. W. (1986). User Centered System Design: New Perspectives on Human-Computer Interaction. CRC Press.

Nussbaum, B. (2009). Design Thinking as a Strategy for Innovation. Harvard Business Review, 87(9), 71-79.

Patel, N., Vithlani, S., Rana, N., & Mahida, K. (2021). A Review on Design Thinking Approaches and Methods in Human-Computer Interaction. In Proceedings of the 8th International Conference on Human-Computer Interaction and User Experience in Indonesia (pp. 1-9).

Plattner, H., Meinel, C., & Leifer, L. (Eds.). (2011). Design Thinking: Understand - Improve - Apply. Springer.

Plsek, P. (2001). Redesigning Health Care with Insights from the Science of Complex Adaptive Systems. In Crossing the Quality Chasm: A New Health System for the 21st Century (pp. 309-322). National Academies Press.

Rowe, P. G. (1987). Design Thinking. MIT Press.

Sanders, E. B. N., & Stappers, P. J. (2008). Co-creation and the New Landscapes of Design. CoDesign, 4(1), 5-18.

Schön, D. A. (1987). Educating the Reflective Practitioner: Toward a New Design for Teaching and Learning in the Professions. Jossey-Bass.

Simon, H. A. (1996). The Sciences of the Artificial. MIT Press.

Tim Brown's TED Talk on Creativity and Play. https://www.ted.com/talks/tim_brown_urges_designers_to_think_big

Unduhan

Diterbitkan

10 Oct 2023

Cara Mengutip

Syahril, F. B., Kharisma, A. P., & Ananta, M. T. (2023). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Online Course Sharing Digital Marketing sebagai Platform Belajar Digital Marketing menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Mi Studio). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6), 2798–2803. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12969

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...