Perancangan User Experience Sistem Informasi Olimpiade Ganesha SMAN 1 Ponorogo dengan menggunakan Metode Human Centered-Design

Perancangan User Experience Sistem Informasi Olimpiade Ganesha SMAN 1 Ponorogo dengan menggunakan Metode Human Centered-Design

Penulis

  • Prakash Adi Nugroho Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Teknologi Informasi, Website, Perancangan Sistem Informasi, User Experience (UX), Human Centered Design (HCD), Olimpiade Ganesha SMAN 1 Ponorogo

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi yang pesat di era digital terlihat dari pemanfaatan internet sebagai alternatif baru untuk memudahkan berbagai aktivitas manusia. Pendidikan juga telah memanfaatkan internet dengan menggunakan website untuk memperkenalkan sekolah, e-learning sebagai pembelajaran jarak jauh atau online, serta mempromosikan acara dan kompetisi sekolah. Salah satu acara tersebut adalah Olimpiade Ganesha, sebuah kompetisi tahunan akademik dan non-akademik bagi siswa SMP/MTs di SMAN 1 Ponorogo. Kompetisi ini mencakup empat bidang akademik, yaitu matematika, IPA, IPS, dan bahasa Inggris, serta dua bidang non-akademik, yaitu seni dan olahraga. Saat ini, seluruh proses Olimpiade Ganesha, mulai dari pendaftaran hingga penerbitan sertifikat, masih dilakukan secara manual. Siswa harus datang ke SMAN 1 Ponorogo untuk mendaftar dan menunggu sertifikat dicetak sebelum diambil. Selain itu, informasi mengenai Olimpiade Ganesha masih terbatas dan disebarkan melalui poster dan pamflet di sekolah-sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pengembangan sistem informasi dapat menjadi solusi. Dalam pengembangan sistem informasi, user experience (UX) menjadi penting karena merupakan gambaran pengalaman pengguna saat menggunakan website, aplikasi, atau sistem. Oleh karena itu, penting untuk merancang website dengan baik agar efektif dan efisien dalam mengatasi permasalahan antarmuka dan fungsionalitas. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam merancang UX adalah human centered design (HCD), yang melibatkan pengguna sebagai fokus dalam proses desain. Metode HCD melibatkan manusia sebagai pemikiran utama dalam pengembangan perangkat lunak. Terdapat empat langkah dalam penerapan metode HCD, yaitu memahami dan menentukan konteks penggunaan, menspesifikasikan kebutuhan pengguna, merancang solusi, dan mengevaluasi desain berdasarkan keinginan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan referensi bagi tim pengembang dalam mengembangkan Sistem Informasi Olimpiade Ganesha SMAN 1 Ponorogo dalam bentuk website.

Referensi

Faller, P., 2019. Putting Personas to Work in UX Design: What They Are and Why They’re Important. [Online] Available at: https://xd.adobe.com/ideas/process/user-research/putting-personas-to-work-in-ux-design/ [Diakses 23 12 2021].

Garrett, J. J., 2004. Meet the Elements. In: The Elements of User Experience. s.l.:New

Gibbons, S., 2018. Nielsen Norman Group. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping/ [Accessed 30 April 2020].

Gibbons, S., 2018. Nielsen Norman Group. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/journey-mapping-101/ [Diakses 23 12 2022].

Hartson, R., & Pyla, P. (2012). The UX Book - Process and Guidelines for ensuring a Quality User experience. Massachusettes: Elsevier.

Ideo.org, n.d. What is Human-Centered Design?. [Online] Available at: https://www.designkit.org/human-centered-design [Diakses 23 12 2022].

Maguire, M., 2001. Methods to Support HumanCentred Design. Leicestershire: Academic Press [e-journal]McElroy, K. (2017). Prototyping for Designers. California: O’Reilly Media, Inc.

Monroy, J. A., 2015. Study on Heuristic Usability Evaluation for Mobile Applications (Master Thesis). Madrid: Universidad Politécnica de Madrid.

Munro, L. (2020). Understanding User Journey vs. User Flow. Retrieved from Adobe Xd Ideas website: https://xd.adobe.com/ideas/process/user-research/user-journey-vs-user-flow/

Myers, B. A., 2014. User Interface Software Tools. Computer Science Department, Volume IV, pp. 110-150.

Rouse, M., 2019. Search App Architecture. [Online] Available at: https://searchapparchitecture.techtarget.com/definition/user-interface-UI [Diakses 23 12 2022].

Sens, R. (2019a). UX Design 101: Prototyping Rapidly — Sketching & Wireframes. Retrieved from Prototypr.io Blog website: https://blog.prototypr.io/ux-design-101-prototyping-rapidly-sketching-wireframes-65b7dfbabf52

Sens, R. (2019b). UX Design 101: Thinking in (User) Flows. Retrieved from Prototypr.io Blog website: https://blog.prototypr.io/ux-design-101-thinking-in-user-flows-8b571661866

Unduhan

Diterbitkan

10 Oct 2023

Cara Mengutip

Nugroho, P. A. ., & Tolle, H. (2023). Perancangan User Experience Sistem Informasi Olimpiade Ganesha SMAN 1 Ponorogo dengan menggunakan Metode Human Centered-Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(8), 3630–3639. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12974

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...