Pengembangan Sistem Edukasi Bahasa Inggris berbasis Web menggunakan MERN
Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Pembelajaran, MERN, WebAbstrak
Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling umum digunakan di dunia dan berfungsi sebagai bahasa internasional dalam komunikasi, teknologi dan ilmu pengetahuan. Kemampuan dan minat masyarakat Indonesia untuk mempelajari Bahasa Inggris masih rendah. Hal ini berdasarkan peringkat tingkat kecakapan Bahasa Inggris yang dimiliki Indonesia berada pada peringkat 81 dari 111 negara. Salah satu penyebabnya yaitu banyaknya siswa yang merasa bahwa mempelajari Bahasa Inggris adalah hal yang tidak menarik dan membosankan. Padahal teknologi multimedia dapat diakses dengan mudah dan siswa dapat belajar Bahasa Inggris secara daring. Permasalahan yang sering terjadi dengan pembelajaran Bahasa Inggris secara daring yang tersedia cenderung membosankan dan memiliki pola yang sama sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi kurang efektif. Sistem edukasi Bahasa Inggris berbasis web yang menerapkan sebagian komponen gamifikasi menjadi salah satu cara mengatasi hal tersebut. Sistem edukasi dikembangkan menggunakan waterfall model dan berbasis web sehingga memungkinkan akses dari berbagai lokasi. Dengan menggunakan MERN (MongoDB, ExpressJS, ReactJS dan NodeJS) sistem yang dikembangkan dapat lebih fleksibel dan dinamis. Sistem ini dikembangkan dengan implementasi database menggunakan MongoDB, implementasi back-end menggunakan ExpressJS dan NodeJS serta implementasi antarmuka menggunakan ReactJS. Pengujian yang dilakukan sistem ini meliputi pengujian unit menggunakan metode white box menghasilkan semua kasus uji valid dan pengujian validasi menggunakan metode black box 100% valid.
Referensi
Deterding, S., Dixon, D. & O’Hara, K., 2011. Gamification: Using Game Design Elements in Non-Gaming Contexts. Proceedings of the International Conference on Human Factors in Computing Systems, CHI 2011, Extended Abstracts.
Educational First, 2022. EF English Proficiency Index. [Online] Available at: https://www.ef.co.id/epi/
Manda, R., Nurlaila, H. & Indri, W. B., 2017. Development of Web-Based Computer-Assisted Language Learning In English Intensive Course. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering.
Marsic, I., 2012. Software Engineering. New Jersey: Rutgers University.
Megawati, F., 2016. Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Paedagogia, Volume 5.
Mehra, M. et al., 2021. MERN Stack Web Development. Annals of R.S.C.B, 25(6).
Muhammad, A. F., Pratama, D. E. & Alimudin, A., 2019. Development Of Web Based Application With Speech Recognition As English Learning Conversation Training Media. 2019 International Electronics Symposium (IES).
Novrialdy, E., Nirwana, H. & Ahmad, R., 2019. High School Students Understanding of The Risks of Online Game Addiction. Journal of Educational and Learning Studies, Volume 2, p. 113–119.
Pressman, R. S., 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Approach. 7th Edition. New York: McGraw-Hill.
Pressman, R. S., 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi(Buku Dua). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Shyamlee, S. D. & Phil, M., 2012. Use of Technology in English Language Teaching and Learning: An Analysis. International Conference on Language, Medias and Culture.
Sommerville, I., 2016. Software Engineering. 10 penyunt. s.l.:Pearson.
Sommerville, I. F., 2010. Software Engineering, 9th edition. Pearson Education. Boston: s.n.
Souza, M. R. A. et al., 2017. Games for Learning: Bridging Game-Related Education Methods to Software Engineering Knowledge Areas. Conference: 2017 IEEE/ACM 39th International Conference on Software Engineering: Software Engineering and Education Track (ICSE-SEET).
Deterding, S., Dixon, D. & O’Hara, K., 2011. Gamification: Using Game Design Elements in Non-Gaming Contexts. Proceedings of the International Conference on Human Factors in Computing Systems, CHI 2011, Extended Abstracts.
Educational First, 2022. EF English Proficiency Index. [Online] Available at: https://www.ef.co.id/epi/
Manda, R., Nurlaila, H. & Indri, W. B., 2017. Development of Web-Based Computer-Assisted Language Learning In English Intensive Course. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering.
Marsic, I., 2012. Software Engineering. New Jersey: Rutgers University.
Megawati, F., 2016. Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Paedagogia, Volume 5.
Mehra, M. et al., 2021. MERN Stack Web Development. Annals of R.S.C.B, 25(6).
Muhammad, A. F., Pratama, D. E. & Alimudin, A., 2019. Development Of Web Based Application With Speech Recognition As English Learning Conversation Training Media. 2019 International Electronics Symposium (IES).
Novrialdy, E., Nirwana, H. & Ahmad, R., 2019. High School Students Understanding of The Risks of Online Game Addiction. Journal of Educational and Learning Studies, Volume 2, p. 113–119.
Pressman, R. S., 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Approach. 7th Edition. New York: McGraw-Hill.
Pressman, R. S., 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi(Buku Dua). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Shyamlee, S. D. & Phil, M., 2012. Use of Technology in English Language Teaching and Learning: An Analysis. International Conference on Language, Medias and Culture.
Sommerville, I., 2016. Software Engineering. 10 penyunt. s.l.:Pearson.
Sommerville, I. F., 2010. Software Engineering, 9th edition. Pearson Education. Boston: s.n.
Souza, M. R. A. et al., 2017. Games for Learning: Bridging Game-Related Education Methods to Software Engineering Knowledge Areas. Conference: 2017 IEEE/ACM 39th International Conference on Software Engineering: Software Engineering and Education Track (ICSE-SEET).
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.