Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi E-Library Kota Blitar menggunakan Metode Human-Centered Design

Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi E-Library Kota Blitar menggunakan Metode Human-Centered Design

Penulis

  • Aditya Wahyu Ramadhani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Bondan Sapta Prakoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

E-library, evaluasi, usability, usability testing, human centered design, system usability scale

Abstrak

Aplikasi E-Library Kota Blitar adalah aplikasi perpustakaan digital yang disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar kepada masyarakat Kota Blitar. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Blitar menyediakan aplikasi ini dengan tujuan menciptakan kegemaran membaca bagi warga Blitar. Tersedia berbagai koleksi buku digital yang dapat diakses dari berbagai kategori bacaan dan penerbit yang berbeda. Namun, Aplikasi yang dirilis belum pernah dievaluasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang ada pada aplikasi dan merancang desain solusi antarmuka aplikasi E-Library Kota Blitar. Responden dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah di tingkat SMP dan SMA sebagai sasaran utama aplikasi E-Library Kota Blitar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Human Centered Design dengan metode pengujian Usability Testing dan System Usability Scale. Pada tahap perancangan desain , peneliti membuat desain solusi berdasarkan permasalahan dari pengguna dan mempunyai hasil akhir berupa High Fidelity Prototype. Berdasarkan hasil evaluasi akhir, terjadi peningkatan pada aspek Learnability sebesar 30%. Aspek Efficiency mengalami peningkatan drastis sebesar 53,1%. Pada Aspek Error terjadi penurunan Error rate sebesar 24,71%. Aspek Satisfaction yang diuji menggunakan System Usability Scale mengalami peningkatan nilai SUS sebesar 52. Dengan hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa rancangan desain solusi dapat meningkatkan nilai kegunaan aplikasi E-Library Kota Blitar.

Referensi

Brooke, J. (2020). SUS: A “Quick and Dirty” Usability Scale. Usability Evaluation In Industry, July, 207–212.https://doi.org/10.1201/9781498710411-35

ISO 9241-210, 2010. Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human- centred design for interactive systems. [online] ISO. Tersedia di: <https://www.iso.org/standard/52075.html>

Nielsen, J., 2000. Why You Only Need to Test with 5 Users. NN Group. https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/

Nielsen, J. 2012. How Many Test Users in a Usability Study? https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/, 30 Desember 2016.

Pressman, R.S. (2010), Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw- Hill, New York, 68.

Usability.gov. (2013, Oktober 9). Scenarios. Tersedia di usability.gov: https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/scenarios.html

Veni Manik et al. (2021) ‘Evaluasi Usability pada Aplikasi Mobile ACC.ONE menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Usability Testing’, Jurnal Sains dan Informatika, 7(1), pp. 1–10. doi: 10.34128/jsi.v7i1.286.

Diterbitkan

11 Okt 2023

Cara Mengutip

Ramadhani, A. W., Wijoyo, S. H., & Prakoso, B. S. (2023). Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi E-Library Kota Blitar menggunakan Metode Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12987

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...