Eksplorasi Respon Mahasiswa terhadap Hasil Pengolahan Turnitin dan Aksi yang dilakukan untuk Menurunkan Hasil Turnitin

Eksplorasi Respon Mahasiswa terhadap Hasil Pengolahan Turnitin dan Aksi yang dilakukan untuk Menurunkan Hasil Turnitin

Penulis

  • Aidan Zahran Hudaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Andi Reza Perdanakusuma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Turnitin, Plagiasi, Parafrase, Metodologi analisis tematik, pendekatan kualitatif

Abstrak

Mekanisme penyebaran ilmu pengetahuan telah mengalami pergeseran paradigma. Publikasi penelitian menjadi komponen penting dari promosi akademik, hibah penelitian, ide-ide inovatif dan akhirnya pembangunan ekonomi dan negara. Sama seperti di tempat lain, publikasi penelitian rawan terjadi kejahatan yang dalam kasus ini contohnya adalah plagiasi. Plagiasi adalah tindakan meniru atau menjiplak karya orang lain tanpa memberikan sitasi ke karya sebelumnya. Alasan seseorang melakukan tindakan plagiasi adalah untuk mengakui karya orang lain. Selain itu, seseorang bisa melakukan plagiasi karena malas. Untuk menghindari kejahatan plagiasi, beberapa aplikasi dibuat untuk menangkap kegiatan plagiasi. Mahasiswa Universitas Brawijaya diwajibkan menggunakan Turnitin sebagai syarat dalam pengerjaan skripsi dengan persyaratan tidak boleh hasil melebihi 25%. Sayangnya, Turnitin tidak dapat selalu mengidentifikasi insiden plagiarisme dengan akurat. Dikarenakan Turnitin menjadi syarat skripsi mahasiswa, dan feedback Turnitin digunakan sebagai dasar mengambil keputusan apakah sebuah skripsi diterima atau tidak. Maka dengan itu Turnitin termasuk dalam keseluruhan Sistem Informasi Filkom itu sendiri. Meneliti bagaimana sistem informasi berguna, berjalan, berdampak, diresponse oleh dan pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi respon mahasiswa terhadap hasil pengolahan Turnitin dan aksi yang dilakukan untuk menurunkan hasil Turnitin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan data dengan metode wawancara semi-terstruktur. Kemudian data dianalisis menggunakan metode tematik yang bertujuan untuk mengedintifikasi dan membuat pola yang ada dalam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki banyak respon baik dalam perasaan maupun tindakan berdasarkan hasil Turnitin yang mereka terima. Mahasiswa juga menggunakan metode penulisan ulang seperti parafrase, penambahan/pengurangan kalimat, menambah referensi, sebagai cara untuk menurunkan persentase hasil Turnitin yang mereka terima.

Referensi

Aisyah, S. N. & Sugihartati, R., 2019. The Correlation between Plagiarism Perception and Users Trust About the Accuracy of Turnitin Software at The University of Indonesia. Library Philosophy and Practice (e-journal)

Allen & Mike, 2017. The Sage Encyclopedia of Communication Research Methods. Los Angeles: Sage Publication, Inc.

Azevedo, V., 2017. Interview transcription: Conceptual issues, practical guidelines, and challenges. Revista de Enfermagem Referência, IV Série(Nº14), pp.159–168.

Boddy, C. R., 2016. Sample Size for Qualitative Research. Qualitative Market Research: An International Journal, 19, 426-432.

Braun, V. & Clarke, V., 2006. Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), pp.77–101

Brennan, T., 2015, “The Effect of Turinitin.com on Non-Traditional, Graduate Student Awareness, Behavior and Trust”. Cypress: Trident University.

Esterberg & Kristin G, 2002. Qualitative Methods Ins Social Research, Mc Graw Hill, New York

Fakultas Ilmu Komputer, 2019. Panduan Pemeriksaan Plagiasi File Skripsi [Online] Tersedia di: <https://filkom.ub.ac.id/2019/02/01/panduan-pemeriksaan-plagiasi-file-skripsi/> [Diakses 11 Juni 2023]

Kiger, M. E. & Varpio, L., 2020. Thematic analysis of qualitative data: AMEE Guide No.31.Medical Teacher.

Kluwer, W., 2019. Turnitin: Is it a text matching or plagiarism detection tool? Saudi Journal of Anesthesia Medknow.

Sinaga, S. Y., 2018. PENGGUNAAN APLIKASI TURNITIN SEBAGAI SARANA CEK PLAGIARISME DALAM LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS UKRIDA. Volume 2 Nomor 2.

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Turnitin, 2023. Plagiarism prevention trusted by educators worldwide. [Online] Tersedia di: <https://www.turnitin.com/products/similarity> [Diakses 10 Juni 2023]

Diterbitkan

11 Okt 2023

Cara Mengutip

Hudaya, A. Z., Perdanakusuma, A. R., & Afirianto, T. (2023). Eksplorasi Respon Mahasiswa terhadap Hasil Pengolahan Turnitin dan Aksi yang dilakukan untuk Menurunkan Hasil Turnitin. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12993

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...