Perancangan User Experience Aplikasi Pencatatan Persediaan Barang berbasis Mobile menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: PT Zenji Elevator Nusantara)
Kata Kunci:
human centered design, user experience, Usability testing, system usability testing, user experience questionnaireAbstrak
PT Zenji Elevator Nusantara merupakan perusahaan pengadaan unit dan suku cadang elevator dan eskalator. PT Zenji Elevator Nusantara menghadapi kendala efektivitas dalam pencatatan persediaan barang. Saat ini kegiatan pencatatan persediaan barang dilakukan menggunakan pena dan kertas. Staf harus mencatat aktivitas keluar dan masuknya barang ke gudang menggunakan kertas secara manual dan dibukukan ke dalam Microsoft Excel pada setiap akhir pekannya. Metode ini tidak efektif karena menemui beberapa kendala sehingga menyebabkan pencatatan persediaan barang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengalaman pengguna aplikasi pencatatan persediaan barang. Aplikasi mobile berpotensi untuk memecahkan masalah dalam pencatatan persediaan barang karena lebih fleksibel untuk mencatat persediaan di lapangan. Untuk merancang aplikasi yang memenuhi kebutuhan pengguna digunakan metode Human-Centered Design (HCD), hal ini melibatkan pengguna dalam proses perancangan. Fase pengujian melibatkan pengujian kegunaan dan kuesioner System Usability Scale (SUS) yang menilai pengalaman pengguna. Pengujian kegunaan dilakukan pada 6 orang. Evaluasi uji kegunaan terhadap keefektifannya 100%, efisiensinya 0,414 gol/detik, kepuasannya 91,25, dan termasuk dalam kategori nilai A+ dan acceptable. Pengujian pengalaman pengguna menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dilakukan pada 6 orang. Hasil pengujian user experience aspek kemenarikan 2,17, aspek kejelasan 2,70, aspek efisiensi 2,58, aspek ketepatan 2,08, aspek stimulasi 2,42, dan aspek kebaruan 2,00.
Referensi
Bevan, N. J. (2016). New ISO Standards for Usability, Usability Reports and Usability Measures. Human-Computer Interaction. Theory, Design, Development and Practice.
Ferreira, B., Silva, W., Oliveira, E., & Conte, T. (2015). Designing Personas with Empathy Map. USES Research Group, Instituto de Computação, 1-5.
Garret, J. J. (2010). The elements of user experience : user-centered design for the Web and beyond (2 ed.).
Handoko, T. H. (2015). DASAR-DASAR MANAJEMEN PRODUKSI DAN OPERASI (1 ed.). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Indrayani, H. (2012). Penerapan Teknologo Informasi dalam Peningkatan Efektivitas Efisiensi dan Produktifitas.
ISO 9241-210. (2019). International Standard interactive systems. Iso 9241-210:2019.
IxDF. (2020b). IxDF. Dipetik Febuari 16, 2022, dari https://www.interaction-design.org/literature/topics/mobile-ux-design
Kuniavsky, M. (2012). Observing the User Experience (2nd ed.). Morgan Kaufmann.
Martin, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence.
Mkrtchyan, R. (2018). Wireframe, Mockup, Prototype: What is What? Design UX.
Neilsen, J., & Budiu, R. (2001). Success Rate: The Simplest Usability Metric. Neilsen Norman Group.
Santoso, H. B. (2016). Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment,. J. Educ. Online-JEO.
Sauro, J. (2011). Measuringu. Retrieved Desember 05, 2022, from https://measuringu.com/sus/
Schrepp, M. (2019). User Experience (8 ed.). User Experience .
Zulfikarijah, F. (2005). Manajemen Persediaan (2 ed.). UMM Press.
Bevan, N. J. (2016). New ISO Standards for Usability, Usability Reports and Usability Measures. Human-Computer Interaction. Theory, Design, Development and Practice.
Ferreira, B., Silva, W., Oliveira, E., & Conte, T. (2015). Designing Personas with Empathy Map. USES Research Group, Instituto de Computação, 1-5.
Garret, J. J. (2010). The elements of user experience : user-centered design for the Web and beyond (2 ed.).
Handoko, T. H. (2015). DASAR-DASAR MANAJEMEN PRODUKSI DAN OPERASI (1 ed.). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Indrayani, H. (2012). Penerapan Teknologo Informasi dalam Peningkatan Efektivitas Efisiensi dan Produktifitas.
ISO 9241-210. (2019). International Standard interactive systems. Iso 9241-210:2019.
IxDF. (2020b). IxDF. Dipetik Febuari 16, 2022, dari https://www.interaction-design.org/literature/topics/mobile-ux-design
Kuniavsky, M. (2012). Observing the User Experience (2nd ed.). Morgan Kaufmann.
Martin, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence.
Mkrtchyan, R. (2018). Wireframe, Mockup, Prototype: What is What? Design UX.
Neilsen, J., & Budiu, R. (2001). Success Rate: The Simplest Usability Metric. Neilsen Norman Group.
Santoso, H. B. (2016). Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment,. J. Educ. Online-JEO.
Sauro, J. (2011). Measuringu. Retrieved Desember 05, 2022, from https://measuringu.com/sus/
Schrepp, M. (2019). User Experience (8 ed.). User Experience .
Zulfikarijah, F. (2005). Manajemen Persediaan (2 ed.). UMM Press.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.