Evaluasi User Experience pada Layanan Pesan Antar menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Gofood, Grabfood, dan Shopeefood)

Evaluasi User Experience pada Layanan Pesan Antar menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Gofood, Grabfood, dan Shopeefood)

Penulis

  • Debora Malau Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

E-Commerce, layanan pesan antar, UEQ, uji anova, User Experience

Abstrak

E-Commerce adalah aktivitas belanja online dengan menggunakan jaringan internet serta transaksi melalui transfer uang secara digital. Salah satu contoh dari E-Commerce itu sendiri adalah penyedia layanan jasa pesan antar makanan. Layanan pesan antar makanan saat ini sedang banyak digunakan masyarakat. Dengan adanya layanan pesan antar makanan, memudahkan konsumen dalam memperoleh makanan. Beberapa layanan pesan antar makanan yang saat ini banyak digunakan, antara lain GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Ketiga pengguna aplikasi tersebut masih sering mengalami kendala saat menggunakannya. Pada penggunaanya terdapat kendala yang mengarah pada permasalahan kualitas sistem dan layanan pada aplikasi. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui perbandingan hasil evaluasi user experience pada ketiga aplikasi tersebut dengan menggunakan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) dan pengujian Anova. UEQ sendiri memiliki 26 item pertanyaan berdasarkan enam faktor, yaitu Attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation, dan novelty. Sedangkan, uji Anova digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata antar grup. Hasil dari pengujian UEQ pada aplikasi GoFood mendapatkan nilai >0.8 disetiap skala penelitian. Sedangkan, untuk aplikasi GrabFood dan ShopeeFood mendapat nilai >0.8 dikelima skala penelitian. Kecuali skala kebaruan, GrabFood mendapatkan nilai 0.7 dan ShopeeFood mendapatkan nilai 0.3. Kemudian, pada pengujian Anova yang dilakukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk ketiga layanan pesan antar GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Hal ini dikarenakan, hasil dari nilai sig pada pengujian >0.05.

Referensi

Adani, M. R., 2020. User Experience (UX): Pengertian, Tujuan, Metode, dan Penerapannya. [Online] Available at: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-user-experience/#:~:text=1.,menarik%2C%20dan%20mudah%20untuk%20digunakan.

BINUS, 2020. E-commerce. [Online] Available at: https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2020/04/ecommerce/

Don Norman, J. N., n.d. NN/g. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/definition-userexperience/ [Accessed 27 Februari 2022].

Endarwati, O., 2022. IDX Channel. [Online] Available at: https://www.idxchannel.com/economics/ekonomi-pulihpertumbuhan-e-commerce-tembus-40-persen-di-2021 [Accessed 26 Februari 2022].

Fajariyanti, N. O., 2018. Analisis Pengalaman Pengguna (User Experience) Ojek Onlline (Studi Kasus: Go-Ride Dan GrabBike). pp. 1-5.

Firmansyah, E. M., 2021. Analisis Perbandingan User Experience Aplikasi Mobile Shopee dan Tokopedia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). pp. 1-5.

Foodizz. 2021. Indonesian Eating Out Behavior in New Normal Era.

Garrett, J. J., 2011. The Elements of User Experience. 2nd ed. Barkeley, CA: Peachpit.

Handira, N. A., Vadilla. A. T., & Nurliana, C. A. 2022. LAYANAN ONLINE FOOD DELIVERY DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA MIKRO. pp. 156-165. [Online] Available at: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.33513 [Accessed 3 Agustus 2023].

Hartzani, A. G., 2021. Evaluasi User Experience Pada Dompet Digital Ovo Menggunakan User Experience Questionnaire. pp. 1-6.

ISO 9241-210. 2010. Human-Centred Design for Interactive Systems. 1st ed. Switzerland.

Kenneth C.Loudon, C. G. T., 2017. E-commerce business. technology. society.. 13 ed. New York: New York University.

M. Akbar, K. I. Satoto, dan R. R. Isnanto, "PEMBUATAN APLIKASI LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN PADA SISTEM OPERASI ANDROID," Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, vol. 16, no. 4, pp. 170-174, Okt. 2014. https://doi.org/10.12777/transmisi.16.4.170-174 [Accessed 3 Agustus 2023]

Martin Schrepp, A. h. J. T., 2014. Applying the User Experience Questionnaire (UEQ) in Different Evaluation Scenarios. In: Marcus, A. (eds) Design, User Experience, and Usability. Theories, Methods, and Tools for Designing the User Experience. DUXU 2014. Lecture Notes in Computer Science, vol 8517. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-07668-3_37

Martin Schrepp, A. h. J. T., 2019. Construction Of A Benchmarks For The User Experience Questionnaiere (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligance, pp. 40-44.

PlaybookUX. UX Infographic. [Online] Available at: https://www.playbookux.com/user-experience-statistics-infographic/

Sasmito, E. A., 2018. Analisis Pengalaman Pengguna Pada Layanan Pesan Antar Makanan Studi Kasus Go-Food dan Grab Food. pp. 1-3.

Schrepp, D. M., 2014. User Experiencen Questionnaire Handbook.

Snapcart Global [@insigth_by_snapcart]. 2021. Which food delivery service do yo prefer? [Instagram post]. Available at: https://www.instagram.com/p/CWuq4c6vSDh/?img_index=1

UEQ, 2019. User Experience Questionnaire. [Online] Available at: https://www.ueq-online.org/ [Accessed 10 Oktober 2022].

Diterbitkan

25 Okt 2023

Cara Mengutip

Malau, D., Az-Zahra, H. M., & Aknuranda, I. . (2023). Evaluasi User Experience pada Layanan Pesan Antar menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Gofood, Grabfood, dan Shopeefood). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12999

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...