Perbaikan Desain Visual Situs Web menggunakan Metode Eye Tracker untuk Mengetahui Fokus Pengguna (Studi Kasus: kemkes.go.id)
Kata Kunci:
eyetracking, usability, Kementerian Kesehatan, situs webAbstrak
Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari di Indonesia, apalagi dengan munculnya Covid-19 di tahun 2020. Masyarakat harus beradaptasi dan mengandalkan platform online untuk aktivitas seperti belajar dan e-commerce. Situs web kemkes.go.id berfungsi sebagai sumber penting informasi Covid-19, yang membutuhkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Melalui penelitian dan penerapan Design Thinking, desain ulang antarmuka pengguna situs web dan pengalaman pengguna diusulkan. Pelacakan mata digunakan untuk mengumpulkan data tentang perilaku pengguna, membantu menyempurnakan elemen dan tata letak visual. Situs web yang didesain ulang bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, diukur melalui kegunaan dan kecepatan penyelesaian tugas. Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna kemkes.go.id dan menjadikannya platform yang andal untuk informasi dan layanan Kementerian Kesehatan di Indonesia. Berdasarkan hasil pengujian usability yang dilakukan pada situs web lama dan redesain, hasil redesain yang telah dilakukan unggul dalam seluruh aspek pengujian, yakni efektivitas, efisiensi dan kepuasan. Situs web lama menghasilkan nilai efektivitas sebesar 88%, nilai efisiensi sebesar 89.04% dan rata-rata SUS sebesar 49.25. Sedangkan pada hasil redesain menghasilkan nilai efektivitas sebesar 100%, nilai efisiensi sebesar 100% dan rata-rata SUS sebesar 74.78.
Referensi
Sosiawan, Edwi Arief. 2015. Evaluasi implementasi e-government pada situs web pemerintah daerah di Indonesia: Prespektif content dan manajemen. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF). Vol. 1. No. 5
ABDUL NASER, D., Syafwandi, M. S., & San Ahdi, S. S. 2018. PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE HALAMAN WEBSITE PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1).
Babich, N. 2019 Eye Tracking and Usability: How Does it Work? Tersedia di: <https://xd.adobe.com/ideas/process/user-research/eye-tracking-and-usability/> [Diakses 29 Agustus 2022]
Rouse, M. 2015. Mobile UI (Mobile User Interface). Mobile UI (Mobile User Interface). http://searchmobilecomputing.techtarget.com/definition/mobile-e-UI-mobile-user interface
Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. 2015. Systems analysis and design in a changing world. Cengage learning.
Roth, R. 2017. User Interface and User Experience (UI/UX) Design. Geographic Information Science & Technology Body of Knowledge, 2017. https://doi.org/10.22224/gistbok/2017.2.5
Garrett, J. J. 2011. The elements of user experience: User-centered design for the Web and beyond (2nd ed). New Riders.
Ar Razi, A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. 2018. Penerapan metode design thinking pada model perancangan ui/ux aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer. 03(02), 75–93.
Harwati, & Widodo, I. D., 2017. Usability Testing For Android Based Application “Jogja Smart Tourism” [Paper presentation]. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Volume 215, 5th International Conference on Manufacturing, Optimization, Industrial and Material Engineering, Bali, Indonesia.
Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016). Pengukuran tingkat ketergunaan (usability) sistem informasi keuangan studi kasus: duta wacana internal transaction (duwit). Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 2(1), 49-55.
Paramitha, K. S. (2017). Evaluasi Usability Pada Desain Situs Web Institut Teknologi Sepuluh Nopember 2017 Dengan Metode Eye Tracking Berdasarkan Nielsen Model Dan Kuesioner Nielsen Attributtes Of Usability (NAU). Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Sosiawan, Edwi Arief. 2015. Evaluasi implementasi e-government pada situs web pemerintah daerah di Indonesia: Prespektif content dan manajemen. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF). Vol. 1. No. 5
ABDUL NASER, D., Syafwandi, M. S., & San Ahdi, S. S. 2018. PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE HALAMAN WEBSITE PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1).
Babich, N. 2019 Eye Tracking and Usability: How Does it Work? Tersedia di: <https://xd.adobe.com/ideas/process/user-research/eye-tracking-and-usability/> [Diakses 29 Agustus 2022]
Rouse, M. 2015. Mobile UI (Mobile User Interface). Mobile UI (Mobile User Interface). http://searchmobilecomputing.techtarget.com/definition/mobile-e-UI-mobile-user interface
Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. 2015. Systems analysis and design in a changing world. Cengage learning.
Roth, R. 2017. User Interface and User Experience (UI/UX) Design. Geographic Information Science & Technology Body of Knowledge, 2017. https://doi.org/10.22224/gistbok/2017.2.5
Garrett, J. J. 2011. The elements of user experience: User-centered design for the Web and beyond (2nd ed). New Riders.
Ar Razi, A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. 2018. Penerapan metode design thinking pada model perancangan ui/ux aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer. 03(02), 75–93.
Harwati, & Widodo, I. D., 2017. Usability Testing For Android Based Application “Jogja Smart Tourism” [Paper presentation]. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Volume 215, 5th International Conference on Manufacturing, Optimization, Industrial and Material Engineering, Bali, Indonesia.
Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016). Pengukuran tingkat ketergunaan (usability) sistem informasi keuangan studi kasus: duta wacana internal transaction (duwit). Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 2(1), 49-55.
Paramitha, K. S. (2017). Evaluasi Usability Pada Desain Situs Web Institut Teknologi Sepuluh Nopember 2017 Dengan Metode Eye Tracking Berdasarkan Nielsen Model Dan Kuesioner Nielsen Attributtes Of Usability (NAU). Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.