Perancangan User Experience Aplikasi Keanggotaan Indonesian Heritage Society (IHS) berbasis Aplikasi Mobile dengan Pendekatan Human-Centered Design
Kata Kunci:
user experience, high-fidelity prototyping, human-centered design, system-usability scaleAbstrak
Organisasi Indonesian Heritage Society (IHS) merupakan organisasi sukarelawan yang bertujuan untuk mempromosikan pengetahuan mengenai warisan budaya Indonesia. Seiring berjalannya waktu dan juga sesuai dengan visi misi dari IHS yang fokus untuk mempromosikan ilmu serta apresiasi terhadap budaya indonesia, dan keinginan organisasi untuk meningkatkan penyebaran informasi antar anggota, dibutuhkan sebuah platform yang dapat memudahkan kegiatan anggota dari organisasi IHS, mulai dari penyebaran informasi dan cerita, pendaftaran acara, sampai dengan melihat ketersediaan buku yang ada pada perpustakaan milik IHS. Dengan kebutuhan yang sebanyak itu, dibutuhkan antarmuka yang dapat mengakomodasi kebutuhan para anggota yang memiliki preferensi yang beragam, oleh sebab itu, dilakukanlah perancangan antarmuka dengan tujuan membuat pengalaman pengguna yang baik saat menggunakan aplikasi keanggotaan tersebut. Perancangan ini menggunakan metode Human-centered Design, karena dinilai dapat membantu perancangan mengeluarkan hasil yang baik dan sesuai dengan kebutuhan dari anggota IHS itu sendiri. Setelah hasil rancangan selesai, dilakukanlah pengujian terhadap hasil rancangan dengan menggunakan scenario task dan metode pengujian System-Usability Scale untuk mendapatkan nilai aspek efektivitas, efisiensi dan juga kepuasan. Setelah pengujian berhasil dilaksanakan dengan 6 responden, didapatkan hasil 98,3% pada aspek efektivfitas, 89,6% pada aspek efisiensi, dan skor SUS 85 pada aspek kepuasan pengguna.
Referensi
Indonesian Heritage Society, 2021. About US. [Online] Available at: https://heritagejkt.org/about-us/ [Accessed 28 August 2023].
ISO-9241-11, 2018. Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts. First edition. Switzerland: International Organzation for Standardization.
ISO-9241-210, 2010. Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems. Switzerland: International Organization for Standardization.
KBBI, 2023. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) - Organisasi. [Online] Available at: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Organisasi [Accessed 17 March 2023].
Kharis, Santosa, P. I. & Winarno, W. W., 2019. Evaluasi Usability Pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan System Usability Scale(SUS). Semarang, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi.
Kirby, L., Tolle, H. & Brata, A. H., 2019. Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Social Crowdsourcing Bencana Alam menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD), Malang: Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Lewis, J. R., 2018. The System Usability Scale: Past, Present, and Future. International Journal of Human–Computer Interaction.
Nielsen, J., 2000. Nielsen Norman Group. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/ [Accessed 10 07 2023].
Sauro, J., 2018. Measuring U. [Online] Available at: https://measuringu.com/interpret-sus-score/ [Accessed 20 June 2023].
Usability.Gov, n.d. Usability, System Usabiity Scale. [Online] Available at: https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/system-usability-scale.html [Accessed 3 September 2021].
Indonesian Heritage Society, 2021. About US. [Online] Available at: https://heritagejkt.org/about-us/ [Accessed 28 August 2023].
ISO-9241-11, 2018. Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts. First edition. Switzerland: International Organzation for Standardization.
ISO-9241-210, 2010. Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems. Switzerland: International Organization for Standardization.
KBBI, 2023. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) - Organisasi. [Online] Available at: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Organisasi [Accessed 17 March 2023].
Kharis, Santosa, P. I. & Winarno, W. W., 2019. Evaluasi Usability Pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan System Usability Scale(SUS). Semarang, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi.
Kirby, L., Tolle, H. & Brata, A. H., 2019. Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Social Crowdsourcing Bencana Alam menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD), Malang: Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Lewis, J. R., 2018. The System Usability Scale: Past, Present, and Future. International Journal of Human–Computer Interaction.
Nielsen, J., 2000. Nielsen Norman Group. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/ [Accessed 10 07 2023].
Sauro, J., 2018. Measuring U. [Online] Available at: https://measuringu.com/interpret-sus-score/ [Accessed 20 June 2023].
Usability.Gov, n.d. Usability, System Usabiity Scale. [Online] Available at: https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/system-usability-scale.html [Accessed 3 September 2021].
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.