Implementasi Cashless Payment menggunakan Teknologi QR Code pada Kantin SMA Cakra Buana Depok
Kata Kunci:
Pembayaran non-tunai, Android, QR Code, System Usability Scale (SUS)Abstrak
Di era serba digital ini pembayaran non-tunai menggunakan E-Money sudah menjadi tren yang dimana mendorong masyarakat untuk mulai beralih dari uang tunai menjadi uang elektronik untuk melakukan transaksi dikarenakan penggunaan e-money ini yang diyakini lebih praktis, mudah dan efisiensi waktu. Proses pembayaran kasir pada saat ini masih banyak mengalami kesulitan dari sulitnya uang kembalian hingga proses pembukuan yang sering kali terjadi kesalahan karena kurang teliti. Menggunakan teknologi android dan QR Code penelitian ini bertujuan untuk memudahkan kasir dalam melakukan transaksi dan juga memudahkan kasir untuk melakukan rekap pembukuan pada kasir kantin SMA Cakra Buana. QR Code adalah sebuah data yang telah dikemas didalam sebuah gambar dua dimensi yang dapat menampilkan informasi data dalam bentuk teks dengan cepat kepada pengguna. Dengan menggunakan Waterfall Model, pengembangan sistem dilakukan pada platform android melalui beberapa tahapan yaitu studi literatur, analisis kebutuhan dengan cara wawancara, perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan diimplementasikan didalam android menggunakan framework React-native dan firestore database pada Firebase sebagai database untuk menyimpan data. Sistem akan dilakukan pengujian menggunakan dua cara yaitu blackbox testing dan System Usability Scale (SUS) untuk menguji fungsional secara sistem dan tingkat kegunaan aplikasi kepada pengguna. Dari hasil pengujian tersebut, disimpulkan bahwa secara fungsional tervalidasi 100% dari 8 kebutuhan fungsional dan 82% pada tingkat kegunaan sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi kasir android ini diterima Sangat Kuat.
Referensi
Akbar, R., Silvana, M. & Alizar, A. F., 2019. “Perancangan Aplikasi Pembayaran Non Tunai untuk Pengelolaan Bisnis Pencucian Mobil dengan Memanfaatkan Teknologi QR Code.”
Anggatanata, K., 2020. PENGEMBANGAN APLIKASI CASHLESS PAYMENT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI QR CODE BERBASIS ANDROID PADA KANTIN DHARMA WANITA FILKOM UB.
Aprilia Ika, H., N.; Santoso, P., I; Ferdiana, R., 2015. “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale”
Brooke, John, 1995. “SUS: A quick and dirty usability scale”
Ichwan, M. & Hakiky, F., 2011. “PENGUKURAN KINERJA GOODREADS APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) PADA APLIKASI MOBILE ANDROID (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku)”
Irawan, J. D. & Adriantantri, E., 2018. “PEMANFAATAN QR-CODE SEGABAI MEDIA PROMOSI TOKO”
Malahela, Adlan Husein, 2020 “PEMANFAATAN FRAMEWORK REACT NATIVE DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI PEMESANAN MINUMAN KOPI PADA KEDAI BYCOFFEE”
Pohan, Amelia Ramadhani. 2018. “STRATEGI BANK INDONESIA DALAM SOSIALISASI GERAKAN NASIONAL NON TUNAI ELECTRONIC MONEY (Studi Kepada Masyarakat Di Kota Medan)”
Sasmito, Ginanjar Wiro, 2017. “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal”
Sidik, Abdurrahman S.Sn, M.Ds., 2018. “Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile”
Wahid, Aceng Abdul, 2020. “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi”
Yusmita, A. R., Anra, H. & Novriando, H., 2020. Sistem Informasi Pelatihan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Industri (UPT LKI) Provinsi Kalimantan Barat.
Akbar, R., Silvana, M. & Alizar, A. F., 2019. “Perancangan Aplikasi Pembayaran Non Tunai untuk Pengelolaan Bisnis Pencucian Mobil dengan Memanfaatkan Teknologi QR Code.”
Anggatanata, K., 2020. PENGEMBANGAN APLIKASI CASHLESS PAYMENT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI QR CODE BERBASIS ANDROID PADA KANTIN DHARMA WANITA FILKOM UB.
Aprilia Ika, H., N.; Santoso, P., I; Ferdiana, R., 2015. “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale”
Brooke, John, 1995. “SUS: A quick and dirty usability scale”
Ichwan, M. & Hakiky, F., 2011. “PENGUKURAN KINERJA GOODREADS APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) PADA APLIKASI MOBILE ANDROID (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku)”
Irawan, J. D. & Adriantantri, E., 2018. “PEMANFAATAN QR-CODE SEGABAI MEDIA PROMOSI TOKO”
Malahela, Adlan Husein, 2020 “PEMANFAATAN FRAMEWORK REACT NATIVE DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI PEMESANAN MINUMAN KOPI PADA KEDAI BYCOFFEE”
Pohan, Amelia Ramadhani. 2018. “STRATEGI BANK INDONESIA DALAM SOSIALISASI GERAKAN NASIONAL NON TUNAI ELECTRONIC MONEY (Studi Kepada Masyarakat Di Kota Medan)”
Sasmito, Ginanjar Wiro, 2017. “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal”
Sidik, Abdurrahman S.Sn, M.Ds., 2018. “Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile”
Wahid, Aceng Abdul, 2020. “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi”
Yusmita, A. R., Anra, H. & Novriando, H., 2020. Sistem Informasi Pelatihan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Industri (UPT LKI) Provinsi Kalimantan Barat.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.