Perancangan User Experience Sistem Pendaftaran Skripsi pada Departemen Psikologi Universitas Brawijaya dengan menggunakan Metode Human Centered Design

Perancangan User Experience Sistem Pendaftaran Skripsi pada Departemen Psikologi Universitas Brawijaya dengan menggunakan Metode Human Centered Design

Penulis

  • Alif Dimas Wicaksana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Denny Sagita Rusdianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Edy Santoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

skripsi, user experience, human-centered design, pengujian usability, System Usability Scale (SUS)

Abstrak

Skripsi merupakan salah satu syarat kelulusan dalam program sarjana di Universitas Brawijaya. Pada Jurusan Psikologi Universitas Brawijaya jika mahasiswa telah memenuhi syarat maka mahasiswa dapat melakukan pengajuan skripsi. Namun dalam hal mengajukan skripsi terdapat beberapa kendala yang ditemukan diantaranya mahasiswa yang tidak dapat memantau pengajuan skripsi, mahasiswa yang kesulitan mencari judul skripsi, dosen pembimbing yang tidak tahu jumlah bimbingannya dan kendala-kendala lainnya. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu merancang user experience sistem pengajuan skripsi pada Jurusan Psikologi Universitas Brawijaya yang dapat memberikan gambaran dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Studi ini dilakukan memakai metode Human Centered Design (HCD) dengan titik pusat berorientasi terhadap pengguna dengan harapan hasil dari desain yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian bermula dengan melaksanakan analisis konteks penggunaan. Pada tahap berikutnya melaksanakan analisis terhadap kebutuhan dari setiap pengguna yang berisikan kebutuhan fungsional lalu juga use case. Tahapan yang ketiga berupa pembuatan desain solusi berupa UX Sitemap, wireframe, dan prototype. Tahapan terakhir adalah dilakukan evaluasi atau pengujian dari terhadap solusi yang sudah ada. Evaluasi desain solusi pada penelitian ini dibagi menjadi tiga unsur yaitu unsur efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Hasil dari evaluasi dari unsur efektivitas mendapatkan hasil 100%, pada unsur efisiensi mendapatkan nilai 0.0972 goals/sec dan terakhir unsur kepuasan menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil dari penilaian aspek kepuasan yang telah dilakukan mendapatkan nilai rata-rata 82,5. Berdasarkan hasil pengujian System Usability Scale berarti untuk penilaian acceptability ranges berada pada acceptable. Penilaian pada grade scale mendapatkan nilai B. Dan terakhir penilaian adjective ratings mendapatkan nilai excellent.

Referensi

Chaffey, D., Mayer R., Ellis-Chadwick, F. and Johnston, K. (2006) Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson Education, London.

Features of Draw.io (no date). Avaliable at https://www.drawio.com/features (Accessed: March 21, 2023).

Galitz, W. O. (2007). The essential guide to user interface design: An introduction to GUI design principles and techniques. Wiley.

Ginsburg, S. (2011). Designing the IPhone User Experience: A User-centered Approach to Sketching and Prototyping IPhone Apps. Addison-Wesley.

Grechanik, M., McKinley, K. S., & Perry, D. E. (2007). Recovering and using use-case-diagram-to-source-code traceability links. In Proceedings of the the 6th joint meeting of the European software engineering conference and the ACM SIGSOFT symposium on The foundations of software engineering (pp. 95-104).

ISO 9241-210:2010 Ergonomics of human-system interaction -- Part 210: Human-centered design for interactive systems.

Kapusy, K., & Lógó, E. (2020). User Experience Evaluation Methodology in the Onboarding Process: Snapchat Case Study. Ergonomics in Design. https://doi.org/10.1177/1064804620962270.

Kurniawan, T. A., 2018. Pemodelan Use Case (UML) Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, p. 10.

Paramartha, A.A. Gede Yudhi, 2017, SISTEM INFORMASI PEMBIMBINGAN SKRIPSI ONLINE BERBASIS WEB (STUDI KASUS: FTK, UNDIKSHA).

Pricilia, E. 2016, Introduction to Axure. Retrieved 22 November 2022, from <https://sis.binus.ac.id/2016/12/13/introduction-to-axure/>.

Putra, L Gusrinda, 2020. Perancangan User Experience Aplikasi Pendukung Evaluasi dan Analisis Proses Pembelajaran untuk Guru Berbasis Android dengan Metode User-Centered Design dan Design Solution.

Rini, F. & Purnama, F., 2019. Bimbingan Skripsi Online berbasis Web Pada Program Studi Sistem Informasi STMIK Nurdin Hamzah.

Royhan, M, 2021. Perancangan User Experience Website Yayasan Ihyaul Quran Indonesia Menggunakan Metode Human Centered Design.

Rubin, J. & Chisnell, D., 2008. Handbook of Usability Testing. 2nd ed. Boulevard: Wiley.

Sommerville, I. (2016) Software Engineering. 10th Edition, Pearson Education Limited, Boston.

STANDARD OPERATING PROCEDURE SKRIPSI, Program Studi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya.

White, S. K. (2020). What is human-centered design? A product framework that

embraces empathy. Cio, Retrieved from <https://search.proquest.com/trade-journals/what-is-human-centered-design-productframework/docview/2371524194/se-2?accountid=35052>.

Unduhan

Diterbitkan

13 Okt 2023

Cara Mengutip

Wicaksana, A. D., Rusdianto, D. S., & Santoso, E. (2023). Perancangan User Experience Sistem Pendaftaran Skripsi pada Departemen Psikologi Universitas Brawijaya dengan menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(7), 3487–3497. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13031

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...