Perancangan User Experience Aplikasi E-Commerce Bibit Tanaman berbasis Mobile menggunakan Design Thinking (Studi Kasus : Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang)
Kata Kunci:
user experience, design thinking, e-commerce, mobile, perancanganAbstrak
Bibit tanaman merupakan produk agrikultur andalan dari Desa Sananrejo sehingga desa ini dikenal sebagai pusat pembibit di wilayah Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Di era digitalisasi penggunaan e-commerce menjadi hal yang tidak bisa dihindari termasuk dalam bidang pertanian. Namun ditemukan permasalahan bawah media online e-commerce saat ini yang masih kurang sesuai dengan konteks produk pertanian salah satunya bibit tanaman. Hal ini menimbulkan ketidak nyaman pembeli dalam membeli produk yang dimaksud. Dari permasalahan tersebut perlu dilakukan perancangan user experience aplikasi e-commerce bibit tanaman berbasis mobile menggunakan Design Thinking. Dipilihnya metode Design Thinking ini dikarenakan metode ini memiliki fleksibilitas dalam menyelesaikan masalah. Design thinking memiliki lima tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil akhir dari penelitian ini berupa high-fifelity prototype yang diuji menggunakan usability testing dan user experience User Experience Questionnaire (UEQ). Pada pengujian usability diperoleh nilai sebesar 87,5% pada aspek efektivitas, 82,41% pada aspek efisiensi, dan 82,1% aspek kepuasan pengguna.. Dan pada pengujian user experience questionnaire diperoleh hasil excellent pada setiap aspek dengan perolehan nilai sebesar 2,28 poin pada aspek attractiveness, 2,33 poin pada aspek perspicuity, 2,38 poin pada aspek efficiency, 2,04 poin pada aspek dependabililty, 2,46 poin pada aspek stimulation, dan 1,92 poin pada aspek novelty.
Referensi
Abuzeid, S. A. H., 2017. Criteria Affecting Of User Experience Design Of E-Commerce In Sudan, Khartoum, Sudan: Sudan University Of Science And Technology.
Arvianti, E. Y., Mansyhuri, Waluyati, L. R. & Darwanto, W. H., 2019. Gambaran Krisis Petani Muda di Indonesia. Agriekonomika, 8(2), pp. 168-180.
Aziza, T. N., Surito & Darmi, 2022. Petani Milenial: Regenerasi Petani di Sektor Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, Volume 40, p. 1.
Brown, T., 2008. Design Thinking, Brighton, Massachusetts: Harvard Business Publishing.
Elsbach, K. D. & Stigliani, I., 2018. Design Thinking and Organizational Culture: A Review and Framework for Future Research. Journal of Management, 7, 44(6), pp. 2274-2306.
Gupta, A., 2014. E-Commerce : Role of E-Commerce in Today's Business. International Journal of Computing and Corporate Research, 1, 4(1), pp. 1 - 8.
Hamm, M. J., 2014. Wireframing Essentials "An introduction to user experience design". Birmingham: Packt Publishing Ltd.
Hellianto, G. R., Suzianti, A. & Komarudin, 2019. User experience modeling on consumer-to-consumer (c2c) e-commerce website. Medan, Nourt Sumatra, Indonesia, Institute of Physics Publishing.
Lewrick, M., Link, P., Leifer, L. J. & Langensand, N., 2021. The Design Thinking Playbook : Transformasi Digital Jitu untuk Tim, Produk, Layanan, Bisnis, dan Ekosistem. Jakarta: Elex Media Komputindo. Gramedia Group.
Lo, J. S., Lo, C. H., Huang, S. C. & Wang, W. C., 2019. Application of user experience and design thinking to the construction of a class assistance system for hearing-and speech-impaired people. Sustainability (Switzerland), 12.11(24).
Norman, D. A., 2004. Emotional Design: Why We Love (or Hate) Everyday Things. New York: Basic Book.
Norman, D. A., 2013. The Design of Everyday Things. Revisied & Expanded ed. New York: Basic Books.
Putra, P. M. & Hakim, L., 2018. Pemeliharaan persemaian tanaman langka dan khas daerah istimewa yogyakarta. Informasi teknis, 16(2), pp. 23-30.
Abuzeid, S. A. H., 2017. Criteria Affecting Of User Experience Design Of E-Commerce In Sudan, Khartoum, Sudan: Sudan University Of Science And Technology.
Arvianti, E. Y., Mansyhuri, Waluyati, L. R. & Darwanto, W. H., 2019. Gambaran Krisis Petani Muda di Indonesia. Agriekonomika, 8(2), pp. 168-180.
Aziza, T. N., Surito & Darmi, 2022. Petani Milenial: Regenerasi Petani di Sektor Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, Volume 40, p. 1.
Brown, T., 2008. Design Thinking, Brighton, Massachusetts: Harvard Business Publishing.
Elsbach, K. D. & Stigliani, I., 2018. Design Thinking and Organizational Culture: A Review and Framework for Future Research. Journal of Management, 7, 44(6), pp. 2274-2306.
Gupta, A., 2014. E-Commerce : Role of E-Commerce in Today's Business. International Journal of Computing and Corporate Research, 1, 4(1), pp. 1 - 8.
Hamm, M. J., 2014. Wireframing Essentials "An introduction to user experience design". Birmingham: Packt Publishing Ltd.
Hellianto, G. R., Suzianti, A. & Komarudin, 2019. User experience modeling on consumer-to-consumer (c2c) e-commerce website. Medan, Nourt Sumatra, Indonesia, Institute of Physics Publishing.
Lewrick, M., Link, P., Leifer, L. J. & Langensand, N., 2021. The Design Thinking Playbook : Transformasi Digital Jitu untuk Tim, Produk, Layanan, Bisnis, dan Ekosistem. Jakarta: Elex Media Komputindo. Gramedia Group.
Lo, J. S., Lo, C. H., Huang, S. C. & Wang, W. C., 2019. Application of user experience and design thinking to the construction of a class assistance system for hearing-and speech-impaired people. Sustainability (Switzerland), 12.11(24).
Norman, D. A., 2004. Emotional Design: Why We Love (or Hate) Everyday Things. New York: Basic Book.
Norman, D. A., 2013. The Design of Everyday Things. Revisied & Expanded ed. New York: Basic Books.
Putra, P. M. & Hakim, L., 2018. Pemeliharaan persemaian tanaman langka dan khas daerah istimewa yogyakarta. Informasi teknis, 16(2), pp. 23-30.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.