Perancangan User Experience Aplikasi Kesehatan untuk Menentukan Menu Makanan Sehat (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Brawijaya)
Kata Kunci:
design thinking, user experience, menu makanan sehat, energi, giziAbstrak
Jurnal ini membahas mengenai perancangan user experience yang sesuai untuk sebuah aplikasi kesehatan. Aplikasi baru yang dirancang bertujuan untuk menyelesaikan masalah remaja terutama mahasiswa rantau yang tidak memiliki energi atau gizi yang sesuai dengan umur dan kegiatannya. Dengan adanya aplikasi ini mahasiswa dapat menemukan makanan yang sesuai untuk dikonsumsi melalui opsi rekomendasi makanan. Untuk merancang aplikasi digunakan metode design thinking. Setelah melalui proses tersebut didapatkan wireframe aplikasi yang merupakan low-fidelity aplikasi dan mockup sebagai high-fidelity aplikasi. Mockup tersebut selanjutnya dibuat menjadi prototype yang diuji melalui pengujian usability testing. Dalam usability testing terdapat tiga poin penilaian yang diuji melalui sepuluh task scenario pada 25 responden. Pada poin efektivitas, design mendapatkan poin sebesar 90,4% yang berarti tingkat efektivitas aplikasi sangat tinggi. Pada poin efisiensi, tingkat efisiensi yang didapat aplikasi adalah 0.229 goals/sec, nilai tersebut berada dibawah 60 detik yang menunjukkan desain aplikasi sangat mudah digunakan dan efisien. Lalu terakhir pada aspek kepuasan pengguna desain aplikasi diukur menggunakan System Usability Scale (SUS), dengan menggunakan metode tersebut tingkat kepuasan aplikasi terbilang berhasil jika berada diatas 68. Setelah melakukan pengujian pada 25 responden, desain aplikasi mendapatkan nilai 81.2 atau excellent dalam skor SUS. Hasil tersebut menandakan bahwa pengguna telah puas dengan tampilan desain aplikasi.
Referensi
Svalastog, A. L., Donev, D., Kristoffersen, N. J., & Gajović, S. (2017). Concepts and definitions of health and health-related values in the knowledge landscapes of the digital society. Croatian Medical Journal, 58(6). https://doi.org/10.3325/cmj.2017.58.431
Syafira, S. (2015). Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Sikap Mengkonsumsi Makanan Sehat Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(1).
Irwiansayah, M. I., Trolle, H., & Brata, K. C. (2020). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pencari Partner Lomba bagi Mahasiswa Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(9), 2843–2850. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7777/3671
Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. All Usability.
Seaman, M., 2015. The Right Number of User Interviews. [Online] Available at: https://medium.com/@mitchelseaman/the-right-number-of-user-interviews-de11c7815d9 [Accessed 11 November 2022].
Nielsen, J. (1995). 10 Usability Heuristics for User Interface Design. In Conference companion on Human factors in computing systems CHI 94.
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.
Aji, H. P., & DPA, , S.T, M.Kom, N. R. (2020). Analisis Perbandingan Website Digilib dengan Metode Penghitungan Usability Menggunakan Kuesioner SUS. Jurnal Buana Informatika, 11(1). https://doi.org/10.24002/jbi.v11i1.2502
Wardani, S., Darmawiguna, I. G. M., & Sugihartini, N. (2019). Usability Testing Sesuai Dengan ISO 9241-11 Pada Sistem Informasi Program Pengalaman Lapangan Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau Dari Pengguna Mahasiswa. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2). https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18400
Tuloli, M. S., Patalangi, R., & Takdir, R. (2022). Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS. Jambura Journal of Informatics, 4(1). https://doi.org/10.37905/jji.v4i1.13411
Svalastog, A. L., Donev, D., Kristoffersen, N. J., & Gajović, S. (2017). Concepts and definitions of health and health-related values in the knowledge landscapes of the digital society. Croatian Medical Journal, 58(6). https://doi.org/10.3325/cmj.2017.58.431
Syafira, S. (2015). Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Sikap Mengkonsumsi Makanan Sehat Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(1).
Irwiansayah, M. I., Trolle, H., & Brata, K. C. (2020). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pencari Partner Lomba bagi Mahasiswa Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(9), 2843–2850. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7777/3671
Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. All Usability.
Seaman, M., 2015. The Right Number of User Interviews. [Online] Available at: https://medium.com/@mitchelseaman/the-right-number-of-user-interviews-de11c7815d9 [Accessed 11 November 2022].
Nielsen, J. (1995). 10 Usability Heuristics for User Interface Design. In Conference companion on Human factors in computing systems CHI 94.
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.
Aji, H. P., & DPA, , S.T, M.Kom, N. R. (2020). Analisis Perbandingan Website Digilib dengan Metode Penghitungan Usability Menggunakan Kuesioner SUS. Jurnal Buana Informatika, 11(1). https://doi.org/10.24002/jbi.v11i1.2502
Wardani, S., Darmawiguna, I. G. M., & Sugihartini, N. (2019). Usability Testing Sesuai Dengan ISO 9241-11 Pada Sistem Informasi Program Pengalaman Lapangan Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau Dari Pengguna Mahasiswa. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2). https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18400
Tuloli, M. S., Patalangi, R., & Takdir, R. (2022). Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS. Jambura Journal of Informatics, 4(1). https://doi.org/10.37905/jji.v4i1.13411
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.