Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile KAI Access menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan Usability Testing (Studi Kasus: PT. KAI)

Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile KAI Access menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan Usability Testing (Studi Kasus: PT. KAI)

Penulis

  • Hanif Mujahid Akbar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Bondan Sapta Prakoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

User Experience Questionnaire (UEQ), Usability Testing, aplikasi KAI Access, pengalaman pengguna, subjektif, objektif

Abstrak

KAI Access merupakan aplikasi resmi milik PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) untuk berbagai kemudahan akses yang bersangkutan dengan kereta api termasuk pemesanan tiket kereta api secara online. Meskipun telah mengalami pengembangan selama delapan tahun sejak peluncurannya pada tahun 2014, aplikasi KAI Access masih mendapatkan rating yang rendah di Google Play Store dan App Store. Penelitian ini akan fokus pada aspek subjektif dan objektif dari pengalaman pengguna. Aspek subjektif akan mencakup persepsi, pendapat, dan preferensi pengguna terhadap aplikasi KAI Access. Untuk mengumpulkan data subjektif, penelitian ini akan menggunakan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) guna memahami pengalaman pengguna selama menggunakan aplikasi. Sementara itu, aspek objektif akan berfokus pada pengukuran dan analisis data yang diperoleh melalui pengujian langsung dengan pengguna. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data objektif adalah Usability Testing, di mana pengguna akan diberikan skenario tugas dan dilakukan pengukuran menggunakan metrik seperti waktu yang dihabiskan, jumlah kesalahan yang dilakukan, dan efisiensi aplikasi. Evaluasi ini akan mengadopsi pendekatan sumatif dengan pendekatan attitudinal dan behavioral, melibatkan partisipasi pengguna untuk mendapatkan pendapat mereka yang akan diukur dan dianalisis secara kuantitatif. Diharapkan bahwa penelitian ini akan mengidentifikasi aspek-aspek tertentu dari aplikasi KAI Access yang masih kurang baik, sehingga perbaikan dapat dilakukan di masa depan guna meningkatkan kualitas pengalaman pengguna.

Referensi

Common Industry Format for Usability Test Reports 1. (2001). www.nist.gov/iusr

Mifsud, Justin. 2015 .Usability Metric-A Guide To Quantify The Usability Of Any System [Online]. https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability

Nielsen, J. 2006. Quantitative Studies: How Many Users to Test? [Online]. https://www.nngroup.com/articles/quantitative-studies-how-many-users/

Barnum, C.M. (2010). Usability Testing Essentials: Ready, Set...Test! Burlington, MA: Morgan Kaufmann.

Rasio Henim, S., & Perdana Sari, R. (2020). Jurnal Politeknik Caltex Riau Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire. In Jurnal Komputer Terapan (Vol. 6, Issue 1). https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/

Fauziah Novitasari, S., Mursityo, Y. T., & Rusydi, A. N. (2020). EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA E-COMMERCE SOCIOLLA.COM MENGGUNAKAN USABILITY TESTING DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). In Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (Vol. 1, Issue 2).

Nioga, A., Candra Brata, K., & Fanani, L. (2019). Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI) (Vol. 3, Issue 2). http://j-ptiik.ub.ac.id

Elisurya, S., Muslimah Az-Zahra, H., & Wardani, N. H. (2019). Evaluasi Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada E-Commerce Fashion) (Vol. 3, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id

Schrepp, M. (2019). User Experience Questionnaire Handbook. (n.d.). www.ueq-online.org

Yuwono, R., Wibowo, A., Hadi Wijoyo, S., & Rokhmawati, R. I. (2019). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile) (Vol. 3, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id

Playstore, 2022. Google Play KAI Access [Online].

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kai.kaiticketing&hl=en&gl=US&pli=1

Murdiono, R. A., Tolle, H., & Kharisma, A. P. (2018). Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Mobile Penjualan Tiket Online (Vol. 2, Issue 5). http://jptiik.ub.ac.id

Insap Santosa, P., & Wahyu Winarno, W. (n.d.). Evaluasi User Experience pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan User Experience Questionnare (UEQ).

Yokko Rolando, E., Tolle, H., & Muslimah Az-Zahra, H. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Tulungagung Tourism dengan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Vol. 3, Issue 8). http://j-ptiik.ub.ac.id

Unduhan

Diterbitkan

13 Okt 2023

Cara Mengutip

Akbar, H. M., Az-Zahra, H. M., & Prakoso, B. S. (2023). Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile KAI Access menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan Usability Testing (Studi Kasus: PT. KAI). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(7), 3537–3547. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13040

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...