Analisis Sentimen pada Ulasan Aplikasi Mamikos di Google Play menggunakan Algoritme Support Vector Machine (SVM)
Kata Kunci:
indekos, analisis sentimen, support vector machine, kernel, wordcloud, diagram fishboneAbstrak
Perkembangan indekos atau kamar kos sebagai bentuk persewaan kamar yang populer di Indonesia memberikan alternatif akomodasi terjangkau khususnya bagi mahasiswa dan pekerja. Namun, dalam proses mencari kamar kos yang sesuai dengan preferensi, para pencari kos sering menghadapi kesulitan seperti ketidaktahuan tentang lokasi kamar kos dan harus memastikan kondisi sesuai fasilitas yang ditawarkan. Salah satu marketplace penyewaan akomodasi kos di Indonesia adalah Mamikos, yang tersedia bagi pengguna melalui web dan aplikasi mobile. Ulasan aplikasi Mamikos di Google Play Store dapat menggambarkan kualitas aplikasi secara umum. Penelitian ini bertujuan menganalisis sentimen ulasan aplikasi Mamikos. Pengumpulan data ulasan dilakukan dengan teknik web scraping. Analisis sentimen dilakukan dengan menggunakan algoritme Support Vector Machine (SVM) dengan dua kernel, yaitu Linear dan Radial Basic Function (RBF) untuk mengklasifikasikan sentimen menjadi positif dan negatif. Hasil klasifikasi menunjukkan kinerja model SVM tergolong cukup baik dengan nilai Accuracy 0.93667, Recall 0.94776, Precision 0.9806 dan F1-Score 0.9639 untuk kedua kernel. Sentimen ulasan negatif divisualisasikan menggunakan Diagram Fishbone untuk mengidentifikasi permasalahan pengguna. Berdasarkan diagram Fishbone tersebut ditemukan 13 permasalahan yang dikategorikan menjadi 5 aspek yaitu Price, People, Process, Place dan Product. Berdasarkan temuan ini, disusun 13 rekomendasi pemecahan masalah yang diharapkan dapat membantu pihak developer untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna.
Referensi
Badan Pusat Statistik, 2022. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. [online] Jakarta: Badan Pusat Statistik. Available at: <https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html> [Accessed 20 June 2023].
data.ai, 2023. State of Mobile 2023. [online] data.ai. Available at: <https://www.data.ai/en/go/state-of-mobile-2023/> [Accessed 16 Aug. 2023].
Fide, S., Suparti, & Sudarno. (2021). ANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI TIKTOK DI GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DAN ASOSIASI. 10(3), 346–358.
indekos. Pada: KBBI Daring. [online] Available at: <https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/indekos> [Accessed 25 Feb. 2023]
Medhat, W., Hassan, A., & Korashy, H. (2014). Sentiment analysis algorithms and applications: A survey. Ain Shams Engineering Journal, 5(4), 1093–1113. https://doi.org/10.1016/j.asej.2014.04.011
Novantika, A. and Sugiman, 2022. Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Video Conference Google Meet menggunakan Metode SVM dan Logistic Regression. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, [online] 5, pp.808–813. Available at: <https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/>.
Santoso, D. P., & Wibowo, W. (2022). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Buzzbreak Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier pada Situs Google Play Store. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 11(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i2.72534
Saurkar, A. V, Gode, S.A. and Pathare, K.G., 2018. An Overview On Web Scraping Techniques And Tools. International Journal on Future Revolution in Computer Science & Communication Engineering, [online] 4(4), pp.363–367. Available at: <http://www.ijfrcsce.org/index.php/ijfrcsce/article/view/1529>.
Badan Pusat Statistik, 2022. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. [online] Jakarta: Badan Pusat Statistik. Available at: <https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html> [Accessed 20 June 2023].
data.ai, 2023. State of Mobile 2023. [online] data.ai. Available at: <https://www.data.ai/en/go/state-of-mobile-2023/> [Accessed 16 Aug. 2023].
Fide, S., Suparti, & Sudarno. (2021). ANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI TIKTOK DI GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DAN ASOSIASI. 10(3), 346–358.
indekos. Pada: KBBI Daring. [online] Available at: <https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/indekos> [Accessed 25 Feb. 2023]
Medhat, W., Hassan, A., & Korashy, H. (2014). Sentiment analysis algorithms and applications: A survey. Ain Shams Engineering Journal, 5(4), 1093–1113. https://doi.org/10.1016/j.asej.2014.04.011
Novantika, A. and Sugiman, 2022. Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Video Conference Google Meet menggunakan Metode SVM dan Logistic Regression. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, [online] 5, pp.808–813. Available at: <https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/>.
Santoso, D. P., & Wibowo, W. (2022). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Buzzbreak Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier pada Situs Google Play Store. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 11(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i2.72534
Saurkar, A. V, Gode, S.A. and Pathare, K.G., 2018. An Overview On Web Scraping Techniques And Tools. International Journal on Future Revolution in Computer Science & Communication Engineering, [online] 4(4), pp.363–367. Available at: <http://www.ijfrcsce.org/index.php/ijfrcsce/article/view/1529>.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.