Evaluasi Usability pada Aplikasi (Mobile) Juragan 99 Trans dengan Pengujian Usability

Evaluasi Usability pada Aplikasi (Mobile) Juragan 99 Trans dengan Pengujian Usability

Penulis

  • Widya Estrella Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

aplikasi juragan 99 trans, evaluasi, usability, pengujian usability

Abstrak

Aplikasi Juragan 99 Trans adalah aplikasi mobile pemesanan tiket online bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Juragan 99 Trans. Aplikasi ini dirilis oleh PT. Gilang Sembilan Sembilan pada tanggal 15 Mei 2022 dan memiliki rating 3,6 dari skala 1 sampai 5 pada platform Android. Berdasarkan hasil observasi ulasan di Google Play Store dan wawancara pengguna, aplikasi ini memiliki permasalahan usability. Sejauh ini juga belum ditemukan penelitian tentang evaluasi usability aplikasi Juragan 99 Trans. Maka dari itu, perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui kesesuaian kualitas aplikasi dengan harapan dan kebutuhan pengguna guna mencapai tujuan aplikasi. Evaluasi usability pada penelitian ini menggunakan pengujian usability. Hasil evaluasi didapatkan dari hasil pengujian usability, observasi dan wawancara. Pengujian usability dilakukan dengan memberikan skenario tugas kepada 5 responden yang terdiri 12 tugas untuk setiap responden. Secara keseluruhan, 42 dari 60 tugas berhasil diselesaikan dengan persentase tingkat keberhasilan sebesar 70%. Sebanyak 28 masalah ditemukan, terdiri dari 17 masalah hasil observasi dan 11 masalah hasil wawancara. Permasalahan yang paling banyak ditemukan yaitu beberapa informasi yang dibutuhkan pengguna tidak tersedia di aplikasi, adanya fitur yang tidak dapat digunakan, kurang familiarnya ikon, kurang tepatnya penamaan fitur dan menu sehingga membingungkan pengguna. Rekomendasi yang diberikan untuk permasalahan yang ada adalah sebanyak 12 rekomendasi.

Referensi

Dakić, M. (2019) 10 Important Usability Issues in Mobile Apps, Medium. Tersedia di: <https://medium.com/datadriveninvestor/10-important-usability-issues-in-mobile-apps-fa67c4c37976> [Diakses 24 Mei 2023]

Dix, A., Finlay, J., Abowd, G D. & Beale, R. (2004). Human-Computer Interaction Third edition. Pearson.

Griffiths, S., 2015. Mobile App UX Principles. [online]. Tersedia di: <https://www.thinkwithgoogle.com/_qs/documents/2081/Mobile_App_UX_Principles_3.pdf> [Diakses 23 Juli 2023]

International Standard Office, 1998. ISO 9241-11:1998(en) Ergonomic requirements for office work with visual display terminals (VDTs) – Part 11: Guidance on usability. [Online] Tersedia di <https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-11:ed-1:v1:en> [Diakses 8 Maret 2023]

Mifsud, J. (n.d.) Pengujian usability Of Mobile Applications: A Step-By-Step Guide, UsabilityGeek. Tersedia di: <https://usabilitygeek.com/usability-testing-mobile-applications/> [Diakses 24 Mei 2023]

Moran, K., (2019). Usability Testing 101. [Online] Tersedia di: <https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/> [Diakses 8 Juli 2023]

Nielsen, J. (2012) How Many Test Users in a Usability Study?, nngroup. Tersedia di: <https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/> [Diakses 8 Juli 2023]

Playbookux (no date) Pengujian usability Questions: 7 Rules & 25 Examples, playbookux. Tersedia di: <https://www.playbookux.com/usability-testing-questions/> [Diakses 8 Juli 2023]

Rubin, J., & Chisnell, D. (2008). Handbook of Usability Testing. 2nd edition. Wiley Publishing

U.S. Dept. Of Health and Human Services, (2006). Research-Based Web Design & Usability Guidelines. U.S. Government Printing Office.

Unduhan

Diterbitkan

13 Okt 2023

Cara Mengutip

Estrella, W., & Aknuranda, I. (2023). Evaluasi Usability pada Aplikasi (Mobile) Juragan 99 Trans dengan Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(7), 3334–3341. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13053

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...