Evaluasi Usability Aplikasi e-Partisipasi Pemerintahan di Kota Malang menggunakan Metode Heuristic dan Think Aloud

Evaluasi Usability Aplikasi e-Partisipasi Pemerintahan di Kota Malang menggunakan Metode Heuristic dan Think Aloud

Penulis

  • Yossy Risco Andisela Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Bondan Sapta Prakoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Yusi Tyroni Mursityo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

E-Government, E-Partisipasi, Aplikasi , Usability, Interaksi Publik, Efisiensi Pemerintahan, Partisipasi Masyarakat, Layanan Publik, Evaluasi Aplikasi, Perbaikan Antarmuka, Desain Prototipe, Responsif, Kota Malang

Abstrak

E-Government menjadi fokus utama pemerintah untuk meningkatkan efisiensi dan partisipasi publik. E-Partisipasi, yang memungkinkan partisipasi aktif warga melalui platform digital, menjadi elemen kunci. Di Kota Malang, aplikasi E-Partisipasi "SAMBAT" diluncurkan untuk memfasilitasi interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Namun, keberhasilan E-Partisipasi ini bergantung pada usability aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi usability pada aplikasi SAMBAT untuk lebih memastikan fungsionalitasnya lebih optimal. Metode evaluasi heuristic evaluation dan think aloud digunakan pada penelitian ini untuk mengidentifikasi masalah usability. heuristic evaluation melibatkan ahli sebagai evaluator dalam menilai elemen-elemen yang ada dalam suatu sistem, mengikuti prinsip-prinsip usability. Para evaluator merupakan ahli dalam bidangnya, dengan inspeksi individual terhadap antarmuka. Adapun, metode think aloud melibatkan pengguna akhir yang secara verbal mengungkapkan pemikiran mereka saat menggunakan sistem. Melalui verbalisasi ini dapat mengidentifikasi bagian antarmuka yang memiliki masalah usability. Hasil evaluasi dengan kedua metode tersebut dapat mengidentifikasi total 34 masalah usability pada aplikasi SAMBAT yang mengkonfirmasi masalah dominan pada kategori Aesthetic dan minimalis Design terkait dengan tampilan sistem dan isi informasi. Masalah yang perlu dilakukan perbaikan mencakup visualisasi tampilan antarmuka pada info grafik data statistik, tautan media sosial, info berita, info kontak, alur proses, dan navigasi. Analisis masalah ditindaklanjuti dengan membangun desain prototipe sebagai rekomendasi perbaikan. Hasil penelitian ini dapat membantu meningkatkan interaksi antara masyarakat dan pemerintah melalui E-Partisipasi, serta berkontribusi dalam membangun layanan publik yang lebih responsif dan efektif. Dengan rekomendasi perbaikan yang dihasilkan dapat menjadi referensi pengembangan aplikasi SAMBAT selanjutnya untuk lebih meningkatkan daya tarik, interaksi, dan partisipasi pengguna dalam layanan publik yang disediakan oleh Pemerintah Kota Malang.

Referensi

Boer, K. M. (2019). E-Partisipasi Virtual Dalam Selamatkan Lingkungan Di Era Digital. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 11(1), 77–85.

Bouty, A. A., Koniyo, M. H., & Novian, D. (2019). Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Menggunakan E-GOVERNMENT MATURITY MODEL ( KASUS DI Pemerintahan KOTA GORONTALO ) THE Evaluation OF ELECTRONIC BASED GOVERNMENT System USING E-GOVERNMENT MATURITY MODEL ( CASE IN GOVERNMENT OF GORONTALO CITY ).

Chang, C. C., & Johnson, T. (2021). Integrating heuristics and think-aloud approach to evaluate tHE usability of game-BASED learning material. Journal of Computers in Education, 8(1), 137–157. https://doi.org/10.1007/s40692-020-00174-5

Faticha, R. 2019. ANALISA USABILITY Desain User Interface PADA Website

TOKOPEiDIA Menggunakan Metode HeuristicS Evaluation.S1. AMIKOM

Yudha, H. 2022. Evaluasi Usability dengan Menerapkan Metode Heuristic Evaluation pada Website Dinas Pendidikan Kota Batu.S1.Universitas Brawijaya

Hendradewa, A. P. (2017). Perbandingan Metode Evaluasi Usability (Studi Kasus : Penggunaan Perangkat Smartphone). Ternoin, 23(1), 9–18. https://doi.org/10.20885/ternoin.vol23.iss1.art2

Holzinger, A. (2005). Usability engineering methods for safware developers. Communications of tHE ACM, 48(1), 71–74.

Jakob Nielsen, R. L. M. (1994). Usability Inspection Methods. John Wiley & Sons, Inc.

Jaspers, M. W. M. (2009). A comparison of usability methods for testing interactive HEalth technologies: Methodological aspects and empirical evidence. Internasional Journal of Medical Informatics, 78(5), 340–353.

Nielsen, J. 1990. HEURISTIC EVALUATION OF USER INTERFACES.S1.Denmark

Nielsen, J., & Lendauer, T. K. (1993). MatHEmatical MODEL of tHE finding of usability problems. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 206–213. https://doi.org/10.1145/169059.169166

Prasanti, A. A., Fauzi, M. A., & Furqon, M. T. (2018). Klasifikasi Teks Pengaduan Pada Sambat Online Menggunakan Metode N- Gram dan Neighbor Weighted K-Nearest Neighbor (NW-KNN). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, Vol. 2(2), 594–601.

Sutrisno, B., & Akbar, I. (2018). E-Partisipasi dalam pembangunan lokal (studi implementasi. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 8–12.

Wibowo, W. S., Az-zahra, H. M., & Bachtiar, F. A. (2018). Evaluasi dan Rekomendasi Tampilan Website E-Complaint Universitas Brawijaya Pada Perangkat Bergerak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(12), 7192–7201.

Diterbitkan

23 Okt 2023

Cara Mengutip

Andisela, Y. R., Prakoso, B. S., & Mursityo, Y. T. (2023). Evaluasi Usability Aplikasi e-Partisipasi Pemerintahan di Kota Malang menggunakan Metode Heuristic dan Think Aloud. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13054

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...