Analisis dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Pasar Online Lamongan menggunakan Metode Human Centered Design
Kata Kunci:
Pasar Online Lamongan, Human Centered Design, Usability, Business Process Model And Notation, System Usability ScaleAbstrak
Kabupaten Lamongan sendiri merupakan daerah di Indonesia yang mengalami beberapa perkembangan salah satunya adalah layanan teknologi informasi yang diberi nama Pasar Online Lamongan (POL). Pasar Online Lamongan (POL) sendiri merupakan salah satu teknologi berupa aplikasi belanja online yang diciptakan ditengah pandemic Covid 19 yang diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Lamongan tanpa harus keluar rumah dan diharapkan mampu mengurangi aktivitas bertemunya masyarakat. Tetapi pada saat penerapan aplikasi Pasar Online Lmaongan ini banyak memiliki kendala seperti tidak tersedianya fitur registrasi untuk penjual, dan beberapa tampilan yang belum sesuai. Oleh karena itu dibutukan perancangan UI UX serta melakukan pendekatan menggunakan metode Human Centered Design dan menggunakan konsep Business Process Model And Notation (BPMN) untuk mengetahui kemungkinan permasalahan yang terjadi pada proses bisnis yang ada. Serta dilakukan pengujian Usability dengan System Usability Scale (SUS) untuk mengteahui tiga aspek parameter keberhasilan yaitu kepuasan, efisiensi serta efektivitas. Hasil dari evaluasi akhir menunjukkan bahwa perbaikan menggunakan metode HCD pada aplikasi Pasar Online Lamongan sebelumnya membuktikan dapat meningkatkan nilai terhadap usability.
Referensi
Mifsud, J., 2011. Usability Metrics -A Guide To Quantify The Usability Of Any System. [online] Usability Geek. Tersedia pada: <https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/> [Diakses 23 April 2023 ].
Moran, K., 2019. Usability Testing 101. [online] Nielsen Norman Group. Tersedia pada: <https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/> [Diakses 20 April 2022].
ISO 9241-210. (2010). International Standar ISO 9241-210 Human-Centered Design For Interactive System
Bizagi. 2016. Bizagi Process Modeler : User Guide. Bizagi Modeler. tersedia melalui [diakses 5 Juni 2022]
Google, 2019. Material Design [Online] Tersedia pada https://material.io/design/ [Diakses 30 Juni 2022].
Mifsud, J., 2011. Usability Metrics -A Guide To Quantify The Usability Of Any System. [online] Usability Geek. Tersedia pada: <https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/> [Diakses 23 April 2023 ].
Moran, K., 2019. Usability Testing 101. [online] Nielsen Norman Group. Tersedia pada: <https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/> [Diakses 20 April 2022].
ISO 9241-210. (2010). International Standar ISO 9241-210 Human-Centered Design For Interactive System
Bizagi. 2016. Bizagi Process Modeler : User Guide. Bizagi Modeler. tersedia melalui [diakses 5 Juni 2022]
Google, 2019. Material Design [Online] Tersedia pada https://material.io/design/ [Diakses 30 Juni 2022].
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.