Perancangan User Interface Website e-Commerce UMKM dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Veilplease.Hijab)
Kata Kunci:
UMKM, Ecommerce, usabilty testing, website, human centered designAbstrak
Perkembangan teknologi sudah sangat pesat hal ini berdampak kepada banyak sektor dalam kehidupan. Salah satunya adalah sektor ekonomi mulai dari kegiatan usaha mikro kecil menengah hingga perusahaan besar. Salah satu pelaku UMKM yang merasakan dampaknya adalah Veil.please hijab. Veil.please hijab merupakan usaha yang bergerak di bidang busana muslimah dan saat ini Veilplease belum memiliki platform untuk menjalankan bisnis mereka secara luas. Untuk saat ini bisnis dilakukan dengan cara menawarkan produk langsung ke calon pembeli yang umumnya merupakan orang-orang terdekat. Keterbatasan dalam memanfaatkan potensi pasar menghambat pertumbuhan bisnis Veilplease saat ini. Oleh karena itu melalui penelitian ini diusulkan rancangan website ecommerce dengan berdasarkan penerapan UI menggunakan metode Human-centered design. Hasil dari penelitian ini berupa 2 high-fidelity prototype yang diujikan kepada 2 kelompok pengguna yaitu stakeholder yang juga berperan sebagai admin dan masyarakat umum sebagai pengguna. Rancangan prototype selanjutnya diuji dengan menggunakan pendekatan usability testing untuk mengukur aspek efektifitas dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototype mendapatkan skor efektifitas 100% untuk kedua kelompok pengguna dan 78 untuk kepuasan pengguna.
Referensi
Ammann, P. & Offutt, J., 2008. Introduction to Software Testing. New York: Cambridge University Press.
Watkins, J. & Mills, S., 2001. Testing IT: An Off-the-Shelf Software Testing Process. New York: Cambridge University Press.
Ambrose, G. dan Harris, P. (2010) Basic Design th!nking.
Badan Pusat Statistik (2022) Statistik eCommerce 2022. Badan Pusat Statistik. Tersedia pada: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.
Brooke, J. (2020) “SUS: A ‘Quick and Dirty’ Usability Scale,” Usability Evaluation In Industry, (November 1995), hal. 207–212. Tersedia pada: https://doi.org/10.1201/982,51498710411-35.
Cairns, P. et al. (2021) “Empathy maps in communication skills training,” Clinical Teacher, 18(2), hal. 142–146. Tersedia pada: https://doi.org/10.1111/tct.13270.
Deaton, M. (2003) The elements of user experience, Interactions. Tersedia pada: https://doi.org/10.1145/889692.889709.
ISO 9241-210 (2019) “Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems,” International Standard, 2, hal. 1–33. Tersedia pada: https://www.iso.org/standard/77520.html.
Kementrian Koperasi dan UMKM (2019) “Data Pelaku UMKM di Indonesia,” Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, (1), hal. 2018–2019. Tersedia pada: https://kemenkopukm.go.id/data-umkm/?O0txO7cuvfLZPSls63ODfq06kofx8LdaypR6kIgJHCpK7A4vuq%0Ahttps://kemenkopukm.go.id/read/target-pemerintah-30-juta-umkm-masuk-ekosistem-digital-pada-tahun-2024.
Larasati, I.K., Putra, W.H.N. dan Rokhmawati, R.I. (2022) “Perancangan User Experience Aplikasi E-Business Pasar Tradisional Dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Pasar Oro-Oro Dowo),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(1), hal. 163. Tersedia pada: https://doi.org/10.25126/jtiik.2022915592.
Mutiarahma, P., Az-Zahra, H.M. dan Mursityo, Y.T. (2022) “Perancangan User Experience Aplikasi Info COVID-19 Menggunakan Metode Human Centered Design,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(6), hal. 1187. Tersedia pada: https://doi.org/10.25126/jtiik.2021864985.
Pressman, R.S. (2014) Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach, Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach. Tersedia pada: https://doi.org/10.1002/982,51118830208.
Puji, A.A. dan Engraini, V. (2021) “Perancangan User Interface Website E-Commerce Pada Usaha Kuliner Menggunakan User Centered Design,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(1), hal. 1–8. Tersedia pada: https://doi.org/10.382,559/coscitech.v2i1.2196.
Putu, G. et al. (2021) “Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X),” JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 2(3), hal. 459–470. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/782,539.
Remy Sanjaya, Puji Sularsih dan Yeni Setiani (2022) “Metode User Centered Design dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Produk Makanan Sweetbites By Caca Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), hal. 20–28. Tersedia pada: https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.101.
Samson, S., Granath, K. dan Alger, A. (2017) “Journey mapping the user experience,” College and Research Libraries, 82,5(4), hal. 459–471. Tersedia pada: https://doi.org/10.5860/crl.82,5.4.459.
Setiawan, I., Nirwan, S. dan Amelia, F.M. (2018) “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Berbasis Web (Sub Modul : Pembelian),” Jurnal Teknik Informatika, 10(3), hal. 37–43.
Ammann, P. & Offutt, J., 2008. Introduction to Software Testing. New York: Cambridge University Press.
Watkins, J. & Mills, S., 2001. Testing IT: An Off-the-Shelf Software Testing Process. New York: Cambridge University Press.
Ambrose, G. dan Harris, P. (2010) Basic Design th!nking.
Badan Pusat Statistik (2022) Statistik eCommerce 2022. Badan Pusat Statistik. Tersedia pada: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.
Brooke, J. (2020) “SUS: A ‘Quick and Dirty’ Usability Scale,” Usability Evaluation In Industry, (November 1995), hal. 207–212. Tersedia pada: https://doi.org/10.1201/982,51498710411-35.
Cairns, P. et al. (2021) “Empathy maps in communication skills training,” Clinical Teacher, 18(2), hal. 142–146. Tersedia pada: https://doi.org/10.1111/tct.13270.
Deaton, M. (2003) The elements of user experience, Interactions. Tersedia pada: https://doi.org/10.1145/889692.889709.
ISO 9241-210 (2019) “Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems,” International Standard, 2, hal. 1–33. Tersedia pada: https://www.iso.org/standard/77520.html.
Kementrian Koperasi dan UMKM (2019) “Data Pelaku UMKM di Indonesia,” Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, (1), hal. 2018–2019. Tersedia pada: https://kemenkopukm.go.id/data-umkm/?O0txO7cuvfLZPSls63ODfq06kofx8LdaypR6kIgJHCpK7A4vuq%0Ahttps://kemenkopukm.go.id/read/target-pemerintah-30-juta-umkm-masuk-ekosistem-digital-pada-tahun-2024.
Larasati, I.K., Putra, W.H.N. dan Rokhmawati, R.I. (2022) “Perancangan User Experience Aplikasi E-Business Pasar Tradisional Dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Pasar Oro-Oro Dowo),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(1), hal. 163. Tersedia pada: https://doi.org/10.25126/jtiik.2022915592.
Mutiarahma, P., Az-Zahra, H.M. dan Mursityo, Y.T. (2022) “Perancangan User Experience Aplikasi Info COVID-19 Menggunakan Metode Human Centered Design,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(6), hal. 1187. Tersedia pada: https://doi.org/10.25126/jtiik.2021864985.
Pressman, R.S. (2014) Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach, Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach. Tersedia pada: https://doi.org/10.1002/982,51118830208.
Puji, A.A. dan Engraini, V. (2021) “Perancangan User Interface Website E-Commerce Pada Usaha Kuliner Menggunakan User Centered Design,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(1), hal. 1–8. Tersedia pada: https://doi.org/10.382,559/coscitech.v2i1.2196.
Putu, G. et al. (2021) “Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X),” JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 2(3), hal. 459–470. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/782,539.
Remy Sanjaya, Puji Sularsih dan Yeni Setiani (2022) “Metode User Centered Design dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Produk Makanan Sweetbites By Caca Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), hal. 20–28. Tersedia pada: https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.101.
Samson, S., Granath, K. dan Alger, A. (2017) “Journey mapping the user experience,” College and Research Libraries, 82,5(4), hal. 459–471. Tersedia pada: https://doi.org/10.5860/crl.82,5.4.459.
Setiawan, I., Nirwan, S. dan Amelia, F.M. (2018) “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Berbasis Web (Sub Modul : Pembelian),” Jurnal Teknik Informatika, 10(3), hal. 37–43.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.