Perancangan User Interface Aplikasi ABUS : Aplikasi Bimbingan Belajar untuk SMP berbasis Web menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus : SMPN 5 Malang)

Perancangan User Interface Aplikasi ABUS : Aplikasi Bimbingan Belajar untuk SMP berbasis Web menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus : SMPN 5 Malang)

Penulis

  • Galang Alfrian Bayu Additama Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Lutfi Fanani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

human centered design, user interface, website, bimbingan belajar

Abstrak

Pada sistem pendidikan sekarang dibutuhkan juga lembaga bimbingan belajar selain hanya di sekolah supaya siswa-siswi dapat memaksimalkan proses belajar mereka. Karena pesatnya perkembangan teknologi kebutuhan akan gawai sebagai sarana komunikasi dan media pembelajaran lebih mendominasi. Oleh karena itu jika ada aplikasi bimbingan belajar gratis yang dapat diakses akan meningkatkan efektivitas siswa-siswi. Berdasarkan peluang yang ada, peneliti ingin merancang sebuah aplikasi bimbingan belajar dengan nama ABUS atau Aplikasi Belajar untuk SMP yang merupakan sebuah aplikasi untuk membantu siswa-siswi pada tingkat SMP untuk bisa mendapatkan materi dan tes belajar tembahan berbasis web. Pengembangan sebuah sistem dibutuhkan sebuah rancangan antarmuka pengguna yang interaktif. Pengembangan aplikasi berbasis website disini memakai metode Human Centered Design (HCD). HCD merupakan metode dalam suatu perancangan desain yang berfokus pada kebutuhan user. Selain berfokus pada desain sistem juga berkaitan dengan usability. Evaluasi usability yang dilakukan mendapat nilai 80,13 dimana nilai tersebut terletak pada rentang “GOOD”.

Referensi

-210, I. (t.thn.). Ergonomics of human system interaction: Part 210. Human Centered design for interactive systems., 210.

Ayu, I. P. (2021). Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface. Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface.

Diah. (2010). Usability testing for educational computer game using observation method. Proceedings of International Conference on Information Retrieval & Knowledge Management, (CAMP). 157-161.

Dinda. (2021). Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Pengelolaan Program PPK Sekolah menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD).

MZ. (t.thn.). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Informasi Interaktif.

Smyk, A. (2020). The System Usability Scale & How It’s Used in UX. The System Usability Scale & How It’s Used in UX.

Soegaard. (2002). The Basics of User Experience (UX) Design by Interaction. 1st Edition penyunt. San Fransisco: Interaction Design Foundation.

Tullis, Tom, Albert, & Bill. (2008). Measuring the User Experience. Measuring the User Experience.

Usman. (2019). SYSTEM USABILITY SCALE VS HEURISTIC EVALUATION: A REVIEW. SYSTEM USABILITY SCALE VS HEURISTIC EVALUATION: A REVIEW.

Shandya, Niken, Muhammad Aminul. (2019). Perancangan User Interface Aplikasi Travelingyuk Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD)

Diterbitkan

16 Okt 2023

Cara Mengutip

Additama, G. A. B., Fanani, L., & Az-Zahra, H. M. (2023). Perancangan User Interface Aplikasi ABUS : Aplikasi Bimbingan Belajar untuk SMP berbasis Web menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus : SMPN 5 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13070

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...