Analisis Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pemesanan Makanan di Restoran berbasis Mobile terhadap Proses Pemesanan Makanan di Restoran secara Konvensional
Kata Kunci:
Analisis, Uji beda, Mann Whitney, Restoran, Konvensional, Aplikasi, KasirAbstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya smartphone, berdampak besar pada akses informasi dan proses bisnis. Di bidang kuliner, aplikasi pemesanan restoran berbasis mobile seperti Kopi Kenangan, Warunk Upnormal, dan Flash Coffee telah muncul. Namun, belum ada penelitian yang mengevaluasi secara eksplisit efektivitas dan efisiensi penggunaan aplikasi ini. Penelitian ini melakukan eksperimen langsung dengan variabel jumlah klik, durasi, dan kenyamanan pengunjung. Data dikumpulkan melalui eksperimen langsung menggunakan aplikasi pemesanan makanan di restoran berbasis mobile dan pemesanan melalui sistem kasir. Kenyamanan pengunjung dihitung menggunakan metode customer satisfaction score (CSAT). Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara statistik tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok pemesanan melalui kasir dan aplikasi mobile. Uji Mann Whitney Test antar kelompok menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan karena p-value lebih dari 0.05. Namun, ditemukan perbedaan dalam beberapa task dengan nilai p-value di bawah 0.05. Kelompok kasir memiliki jumlah klik dan durasi yang lebih rendah dalam pemesanan, penambahan, dan pengulangan pesanan. Sedangkan kelompok aplikasi mobile memiliki jumlah klik dan durasi yang lebih rendah dalam pembayaran dan pembatalan pesanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi pemesanan restoran berbasis mobile dan pemesanan melalui kasir tidak memiliki perbedaan signifikan dalam hal efektivitas dan efisiensi. Namun, preferensi dan kenyamanan pengunjung tetap berperan penting dalam penggunaan aplikasi tersebut.
Referensi
Agustina, R., Suprianto, D., & Muslimin, I. (2017). Analisis Perancangan Pemesanan Makanan Menggunakan Smartphone Berbasis Android. Smatika Jurnal, 07(02), 29-30.
Budiu, R., & Moran, K. (2021, July 25). How Many Participants for Quantitative Usability Studies: A Summary of Sample-Size Recommendations. Retrieved March 12, 2023, from Nielsen Norman Group: https://www.nngroup.com/articles/summary-quant-sample-sizes/#conclusion
Christan, M. (2019). DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI BERBASIS APLIKASI. Journal of Business and Applied Management, 131-140.
Delighted. (2023). Delighted by Qualtricks. Retrieved from What is Customer Satisfaction Score (CSAT)?: https://delighted.com/what-is-customer-satisfaction-score
Grigore. (2022, February 9). NPS, CSAT and CES - Customer Satisfaction Metrics to Track in 2022. Retrieved March 15, 2023, from Retently: https://www.retently.com/blog/customer-satisfaction-metrics/
Lestari, R. (2019, March 20). Lebih Mudah dengan Upnormal App. Retrieved maret 9, 2023, from medcom.id: https://www.medcom.id/rona/wisata-kuliner/GNGBnZxK-sensasi-makan-dengan-cara-bayar-terbaru-di-upnormal
Nasrum, A. (2018). UJI NORMALITAS DATA UNTUK PENELITIAN. BALI: Jayapangus Press.
Natanael, H., Pinandito, A., & Saputra, M. C. (2023). Evaluasi User Experience pada Aplikasi BCA Mobile dan MyBCA dengan menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire(UEQ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6566-6575.
Phau, I., & Ferguson, G. (2013). Validating the Customer Satisfaction Survey (CSS) Scale in the Australian. Australasian Marketing Journal, 147-154.
Rahmayuni, S. (2017). ANALISIS KOMPARASI PROSES LAPORAN KEUANGANSECARA MANUAL DAN MENGGUNAKAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI. SNITT- Politeknik Negeri Balikpapan 2017, 148-152.
Sianturi. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan Sains, Sosial, dan Agama, 386-397.
Sofia, H. (2021, April 12). Flash Coffee hadirkan gerai kopi berbasis teknologi. (Ganet Dirgantara, Editor) Retrieved March 9, 2023, from antaranews: https://www.antaranews.com/berita/2097114/flash-coffee-hadirkan-gerai-kopi-berbasis-teknologi
Agustina, R., Suprianto, D., & Muslimin, I. (2017). Analisis Perancangan Pemesanan Makanan Menggunakan Smartphone Berbasis Android. Smatika Jurnal, 07(02), 29-30.
Budiu, R., & Moran, K. (2021, July 25). How Many Participants for Quantitative Usability Studies: A Summary of Sample-Size Recommendations. Retrieved March 12, 2023, from Nielsen Norman Group: https://www.nngroup.com/articles/summary-quant-sample-sizes/#conclusion
Christan, M. (2019). DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI BERBASIS APLIKASI. Journal of Business and Applied Management, 131-140.
Delighted. (2023). Delighted by Qualtricks. Retrieved from What is Customer Satisfaction Score (CSAT)?: https://delighted.com/what-is-customer-satisfaction-score
Grigore. (2022, February 9). NPS, CSAT and CES - Customer Satisfaction Metrics to Track in 2022. Retrieved March 15, 2023, from Retently: https://www.retently.com/blog/customer-satisfaction-metrics/
Lestari, R. (2019, March 20). Lebih Mudah dengan Upnormal App. Retrieved maret 9, 2023, from medcom.id: https://www.medcom.id/rona/wisata-kuliner/GNGBnZxK-sensasi-makan-dengan-cara-bayar-terbaru-di-upnormal
Nasrum, A. (2018). UJI NORMALITAS DATA UNTUK PENELITIAN. BALI: Jayapangus Press.
Natanael, H., Pinandito, A., & Saputra, M. C. (2023). Evaluasi User Experience pada Aplikasi BCA Mobile dan MyBCA dengan menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire(UEQ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6566-6575.
Phau, I., & Ferguson, G. (2013). Validating the Customer Satisfaction Survey (CSS) Scale in the Australian. Australasian Marketing Journal, 147-154.
Rahmayuni, S. (2017). ANALISIS KOMPARASI PROSES LAPORAN KEUANGANSECARA MANUAL DAN MENGGUNAKAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI. SNITT- Politeknik Negeri Balikpapan 2017, 148-152.
Sianturi. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan Sains, Sosial, dan Agama, 386-397.
Sofia, H. (2021, April 12). Flash Coffee hadirkan gerai kopi berbasis teknologi. (Ganet Dirgantara, Editor) Retrieved March 9, 2023, from antaranews: https://www.antaranews.com/berita/2097114/flash-coffee-hadirkan-gerai-kopi-berbasis-teknologi
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.