Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Aspek Kognitif dan Afektif pada Materi Mikrotik Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan (SMK Negeri 5 Malang)

Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Aspek Kognitif dan Afektif pada Materi Mikrotik Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan (SMK Negeri 5 Malang)

Penulis

  • Pratama Maulidi Ega Salim Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

afektif, kognitif, model pembelajaran, prestasi belajar, snowball throwing

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat akurasi dan pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik berdasarkan aspek kognitif dan afektif. Sehingga guru dapat mempertimbangkan model pembelajaran yang tepat untuk peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Tahapan penelitian ini aktivitas observasi, mengumpulkan data, mengolah data dan memperoleh hasil keputusan terkait hasil pengolahan data. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa SMK Negeri 5 Malang dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan dengan jumlah sampel pada kelas XI TKJ 2 & 3 masing-masing 27 siswa. Berdasarkan perhitungan uji t pada kelas kontrol dengan perlakuan pretest dan posttest memperoleh nilai sebesar 2,84. Kelas eksperimen dengan perlakuan pretest dan posttest memperoleh nilai sebesar 10,01. Pada kelas kontrol dan eksperimen yang mendapatkan perlakuan pretest memperoleh nilai sebesar 1,92. Kelas kontrol dan eksperimen dengan perlakuan posttest memperoleh nilai sebesar 9,5. Pada aspek afektif berdasarkan hasil observasi kelas kontrol mendapatkan presentase 79% dan kelas eksperimen 96%. Hasil tersebut menandakan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap prestasi belajar siswa pada materi mikrotik kelas XI TKJ SMKN 5 Malang.

Referensi

Arifin, Z. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Aritonang. (2007). Riset Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Asrori, M. (2010). Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Benjamin, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York: Longmans, Green and Co.

Brenda, K. (2020). Connecting Through Technology During the Coronavirus Disease 2019 Pandemic. Avoiding “Zoom Fatigue.” . Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 437-438.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Entin. (2013). Implementasimodel Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswadalam Membuat Produk Kria Kayu Dengan Peralatan Manual. Invotec, 19.

Golafshani, N. (2003). Understanding Reliability and Validity in Qualitative Research. The Qualitative Report,, 590 - 606.

Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik / Misbahuddin. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati, M. (2014). Desain Pembelajaran. Pekanbaru: Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat universitas sultan syarif qasim riau.

Karwono, & Mularid, H. (2018). Belajar dan pembelajaran : serta pemanfaatan sumber belajar. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Komara, E. (2016). Belajar dan pembelajaran interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Maesroh, S. (2018). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 11.

Media, J. (2011). Brain Rules: 12 Kedahsyatan Otak di Tempat Kerja, Sekolah, dan Rumah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mereceki, J. (2003). Dancing Through Minefields: Toward A Qualitative Stance In Psychology. Washington DC: Qualitative Research In Psychology Expanding Perspectives In Methodology And Design.

Muliawan, J. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Nalim, Y. (2012). Statistika Deskriptif. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.

Nasution. (2009). Metode Research : Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, A. (2014). Metode Ceramah Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21.

Nurhayati, A. H. (2014). Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 81.

Prihantoro, A. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Republik Indonesia, K. (2013). Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 66.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santuso, S. (2010). Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Sujarweni, W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suliyanto. (2014). Statistika non parametrik : dalam a plikasi penelitian / Suliyanto. Yogyakarta: Andi.

Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2007). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, B. (2006). Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Widana, W. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media.

Diterbitkan

17 Okt 2023

Cara Mengutip

Salim, P. M. E., Wijoyo, S. H., & Rachmadi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Aspek Kognitif dan Afektif pada Materi Mikrotik Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan (SMK Negeri 5 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13075

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...