Pengembangan Desain Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Database Koperasi dan UMKM (SIDAKU) di Kota Batu

Pengembangan Desain Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Database Koperasi dan UMKM (SIDAKU) di Kota Batu

Penulis

  • Chofifa Hidayati Universitas Brawijaya
  • Bayu Rahayudi
  • Buce Trias Hanggara

Kata Kunci:

user interface, user experience, usability testing, single ease question

Abstrak

Pusat Layanan Usaha Terpadu-Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Kota Batu yang bertanggung jawab untuk mengontrol kinerja koperasi dan UMKM di wilayah Kota Batu masih melakukan proses administrasi serta pengumpulan data koperasi dan UMKM secara manual sehingga prosesnya belum optimal. PLUT KUMKM Kota Batu memerlukan adanya sebuah sistem informasi yang dapat menampilkan data-data koperasi dan UMKM dengan cepat, tepat, dan akurat. Penelitian ini menawarkan solusi untuk mengembangkan desain antarmuka dan pengalaman pengguna pada aplikasi Sistem Informasi Database Koperasi dan UMKM (SIDAKU) di Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan rekayasa kebutuhan yang diperlukan, rancangan desain, dan hasil analisis pengalaman pengguna antarmuka aplikasi SIDAKU. Melalui wawancara dan observasi, pandangan pengguna dijadikan dasar untuk merancang aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Implementasi desain antarmuka dievaluasi menggunakan usability testing dengan tiga aspek penilaian yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna yang menunjukkan hasil cukup baik. Aspek efektivitas diukur dengan metrik Completion Rate menghasilkan nilai rata-rata 84,44%. Aspek efisiensi diukur dengan metrik Time-Based Efficiency (TBE) menghasilkan nilai 0,0261 goals/detik dan dengan metrik Overall Relative Efficiency (ORE) menghasilkan nilai rata-rata 85,94%. Aspek kepuasan diukur dengan metrik Single Ease Question (SEQ) menghasilkan nilai rata-rata 6,36 yang menunjukkan desain antarmuka mudah digunakan.

Referensi

Adinegoro, A. L. T. (2018). Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-commerce dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada Lazada. co. id, Blibli. com dan JD. id) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. (n.d.). (n.p.): Penerbit Andi.

Bauer, D. T., Guerlain, S., & Brown, P. J. (2010). The Design and Evaluation of Graphical Display for Laboratory Data.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. 2022. PLUT-KUMKM Kota Batu Dorong Optimalisasi Digital Marketing UMKM. Tersedia di: https://seru.co.id/plut-kumkm-kota-batu-dorong-optimalisasi-digital-marketing-umkm/. Diakses 24 Agustus 2022.

Edi, D., Betshani, S., Prof, J., Suria, D., & No, S. (2009). Analisis Data dengan Menggunakan ERD dan Model Konseptual Data Warehouse. Jurnal informatika, 5(1), 71-85.

Firmansyah, M. D., & Christian, C. (2022, September). Pengembangan dan Implementasi Desain UI/UX Website Sistem Laporan Keuangan di SMK Multistudi High School Batam Menggunakan Kerangka Kerja Agile Scrum. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (Vol. 4, No. 1, pp. 1242-1252).

Handriani, D. J. (2019). Proses Adaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111-117.

Inspirasi: Bagaimana Menciptakan Produk Teknologi yang Disukai Pelanggan. (2021). (n.p.): Elex Media Komputindo.

International Organization for Standardization (ISO) Switzerland. SO FDIS 9241-210. 2009. Ergonomics of human system interaction - Part 210: Humancentered design for interactive systems (formerly known as 13407)

Metode Penelitian. (2021). Indonesia: Deepublish.

Nurhayati, L., & Setiadi, D. (2017). Pemodelan Proses Bisnis (Studi Kasus PD. Simpati Sumedang). Infoman's: Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika, 11(1), 40-50.

Prayoga, W. D., Bakri, M., & Rahmanto, Y. (2020). Aplikasi Perpustakaan Berbasis Opac (Online Public Access Catalog) di SMK N 1 Talangpadang. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 183-191.

Rustan, Surianto. (2019). Warna; Buku 1, Jakarta: PT Lintas Kreasi Imaji.

Shirvanadi, E., & Idris, M. (2021). Perancangan ulang UI/UX website E-learning menggunakan metode design thinking. AUTOMATA, 2(2).

Susanti, E., Fatkhiyah, E., & Efendi, E. (2019). Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design thinking.

Tristiaratri, A. (2017). Perbandingan User Interface Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Pesawat Online dengan Design Thinking (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Vallendito, B. (2020). Pemodelan user interface dan user experience menggunakan Design Thinking (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Yumarlin, M. Z. (2016). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Informasi Interaktif, 1(1), 34-43.

Diterbitkan

17 Okt 2023

Cara Mengutip

Hidayati, C., Rahayudi, B., & Trias Hanggara, B. (2023). Pengembangan Desain Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Database Koperasi dan UMKM (SIDAKU) di Kota Batu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13094

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...