Pengembangan Sistem Point of Sales pada Bengkel Kendaraan Bermotor (Studi Kasus: Andiaz Motor)
Kata Kunci:
point of sales, web, model waterfall, pendekatan berorientasi objekAbstrak
Andiaz Motor merupakan bengkel penyedia jasa servis kendaraan bermotor di Kabupaten Paser yang berdiri sejak tahun 1996. Bengkel ini melayani jasa servis kendaraan dan penjualan suku cadang untuk sepeda motor dan mobil. Penggunaan buku tulis sebagai media pencatatan transaksi terkadang mengakibatkan adanya kesalahan penulisan pada perincian harga suku cadang yang biasa dilakukan kasir. Hal ini dapat menyebabkan adanya perbedaan antara jumlah pendapatan dengan catatan transaksi yang dibuat. Selain itu, bengkel Andiaz Motor belum memiliki laporan penjualan bulanan yang menyebabkan pemilik bengkel kesulitan untuk memperkirakan jumlah kebutuhan barang yang harus dipasok setiap bulannya sehingga frekuensi pengadaan barang dan biaya yang dikeluarkan menjadi tidak stabil. Sistem point of sales berbasis web ini dikembangkan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi Bengkel Andiaz Motor. Sistem ini dikembangkan dengan model pengembangan perangkat lunak waterfall dan pendekatan berorientasi objek. Strategi pengujian unit, pengujian integrasi, serta pengujian validasi digunakan pada proses pengujian sistem. Pengujian unit dan pengujian integrasi dilakukan dengan metode pengujian white-box, sedangkan pengujian validasi dilakukan dengan metode pengujian black-box. Hasil pengujian white-box menunjukkan hasil valid untuk tiga sampel pada pengujian unit dan tiga sampel pada pengujian integrasi. Hasil pengujian black-box menunjukkan hasil valid untuk 46 kebutuhan fungsional.
Referensi
Maulana, H., Rusdianto, D. S. & Brata, K. C., 2020. Pengembangan Sistem Point of Sales berbasis Web (Studi Kasus: Sedudam Cafe). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 4 (11), 4047-4053.
Pressman, R.S., 2015. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 8th ed. New York: McGraw Hill.
Sani, A. S., Pradana, F. & Rusdianto, D. S., 2018. Pembangunan Sistem Informasi Point of Sales Terintegrasi Dalam Lingkup Rumah Makan Beserta Cabangnya (Studi Kasus: RM. Pecel Pincul Bu Tinuk). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2 (10), 3249-3257.
Sommerville, I., 2015. Software Engineering. 10th ed. London: Pearson.
Sularto, L., Wardoyo & Yunitasari, T., 2015. User Requirements Analysis for Restaurant POS and Accounting Application Using Quality Function Deployment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 169, 266-280.
Maulana, H., Rusdianto, D. S. & Brata, K. C., 2020. Pengembangan Sistem Point of Sales berbasis Web (Studi Kasus: Sedudam Cafe). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 4 (11), 4047-4053.
Pressman, R.S., 2015. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 8th ed. New York: McGraw Hill.
Sani, A. S., Pradana, F. & Rusdianto, D. S., 2018. Pembangunan Sistem Informasi Point of Sales Terintegrasi Dalam Lingkup Rumah Makan Beserta Cabangnya (Studi Kasus: RM. Pecel Pincul Bu Tinuk). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2 (10), 3249-3257.
Sommerville, I., 2015. Software Engineering. 10th ed. London: Pearson.
Sularto, L., Wardoyo & Yunitasari, T., 2015. User Requirements Analysis for Restaurant POS and Accounting Application Using Quality Function Deployment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 169, 266-280.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.