Perancangan User Experience Aplikasi Monitoring Tunggakan Tagihan Listrik Pascabayar PT. PLN (Persero) berbasis Android

Perancangan User Experience Aplikasi Monitoring Tunggakan Tagihan Listrik Pascabayar PT. PLN (Persero) berbasis Android

Penulis

  • Musantya Pracandha Perwaji Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Lutfi Fanani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Adam Hendra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Perancangan User Experience, Aplikasi Monitoring, PLN, Human-Centered Design

Abstrak

PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) adalah badan perusahaan milik negara yang bertanggung jawab melayani pendistribusian listrik di Indonesia. Listrik merupakan salah satu faktor kebutuhan pentung untuk menunjang kehidupan sehari-hari masyarakat sehingga perlu diperhatikan betul pelayanannya. Pelanggan listrik yang masih berlanggan dengan metode pascabayar atau tidak menggunakan token listrik harus ditagih setiap bulannya untuk menjaga dana operasional PLN. Namun dengan adanya permasalahan tunggakan yang dihadapi oleh perusahaan maka PLN harus berinovasi menyajikan pelayanan yang lebih baik dan efisien. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang sebuah user experience aplikasi Android yang dapat memonitor tunggakan pelanggan listrik pascabayar PT. PLN yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan para pegawai penagihan tunggakan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Human-Centered Design untuk perancangan aplikasi, serta menggunakan Usability Testing dan kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk pengujian. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan user experience yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat dipahami dan digunakan dengan mudah oleh pengguna.

Referensi

Adiseshiah, E. G. (2017, October 31). How To Develop Goals In A Usability Test. Retrieved May 9, 2018, [online] Tersedia di: https://usabilitygeek.com: https://usabilitygeek.com/how-to-develop-goals-usability-test/ [Diakses 17 Juli 2023]

Alathas, H., 2018. Bagaimana Mengukur Kebergunaan Produk dengan System Usability Scale (SUS) Score. [Online]

Available at: https://medium.com/kelasux/bagaimana-mengukurkebergunaan-produk-dengan-system-usability-scale-sus-score-2d6843ca780a [Diakses 25 Juli 2023].

Asmarani, W., 2022. Konsumsi Listrik 2021 Tumbuh Pesat Lampaui Pra Pandemi Covid. [Online] Available at: <https://www.cnbcindonesia.com/news/20220217104648-4-316084/konsumsi-listrik-2021-tumbuh-pesat-lampaui-pra-pandemi-covid> [Diakses 25 Agustus 2022].

Fatmawati, D., Az-Zahra, H. M., Wardhono, W. S., 2021. Perancangan User Interface Sistem Informasi OSIS berbasis Android dengan pendekatan Human Centered Design Studi Kasus SMKN 1 Dlanggu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 5(10).

Fikriyah, N., Az-Zahra, H. M., Wardhono, W. S., 2021. Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Kelas X TKJ di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 5(12).

Garrett, Jesse James. 2011. The Elements of User Experience. California: New Rider

Google, 2019. Material Design. [online] Available at: <https://material.io/> [Diakses 2 September 2022].

Hartson, R. dan Pyla, P., 2012. The UX Book Process and guidelines for ensuring a quality user experience. Waltham: Elsevier.

IDEO (2015) Design Kit: The Human-Centered Design Toolkit. 2 ed. IDEO. Tersedia pada: https://www.ideo.com/post/design-kit [Diakses 17 Juli 2023]

International Organization for Standardization, 2010. Ergonomics of humansystem interaction - Part 210: Human-centered design for interactive systems. Dalam: ISO 9241-210. s.l.:International Standard

Mkrtchyan, R., 2018. Wireframe, Mockup, Prototype: What is What?. [Online] Available at: https://uxplanet.org/wireframe-mockup-prototype-what-iswhat-8cf2966e5a8b [Diakses 20 Juli 2023].

Moran, K. (2019). Usability Testing 101. [Online] Available at: <https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/> [Diakses 2 September 2022].

Nielsen, J., 2001. Success Rate: The Simplest Usability Metric. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/success-rate-the-simplestusability-metric/ [Diakses 19 Juli 2023]

Nielsen, J., 2007. Multiple-User Simultaneous Testing (MUST). [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/multiple-user-simultaneoustesting/ [Diakses 20 Juli 2023].

Nielsen, J., 2012. How Many Test Users in a Usability Study?. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/ [Diakses 20 Juli 2023].

Pressman, R. S., Maxim, B., 2019. Software Engineering: A Practitioner’s Approach (Ninth Edition). New York: McGraw-Hill Education.

PT PLN (Persero). 2022. Statistik PLN 2021 (Unaudited). hal.5.

Ramirez, V., 2018. What is a Prototype?. [Online] Available at: <https://medium.com/nyc-design/what-is-a-prototype-924ff9400cfd> [Diakses 2 September 2022].

Ravdanin, G. S., Aknuranda, I., Rokhmmawati, R. I., 2018. Evaluasi dan Perbaikan Usability pada Dashboard PT.PLN (PERSERO) APD Jawa Timur Berorientasi Human Centered Design dan Key Performance IndicatorsJurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(5).

Salazar, K. (2020). 7 Ways to Analyze a Customer-Journey Map. Nielsen Norman Group. [Online] Available at: <https://www.nngroup.com/articles/analyze-customer-journey-map/> [Diakses 2 September 2022].

Sauro, J., 2011. WHAT IS A GOOD TASK-COMPLETION RATE?. [Online] Available at: https://measuringu.com/ task-completion/ [Diakses 25 Juli 2023].

Tomlin, W. C. (2018) “UX optimization: Combining behavioral UX and usability testing data to optimize websites,” UX Optimization: Combining Behavioral.

Diterbitkan

17 Okt 2023

Cara Mengutip

Perwaji, M. P., Fanani, L., & Brata, A. H. (2023). Perancangan User Experience Aplikasi Monitoring Tunggakan Tagihan Listrik Pascabayar PT. PLN (Persero) berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13127

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...