Pembuatan Sistem Pemantauan Hafalan Al-Qur’an Siswa pada Sekolah MI Bait Qur’any Ciputat

Pembuatan Sistem Pemantauan Hafalan Al-Qur’an Siswa pada Sekolah MI Bait Qur’any Ciputat

Penulis

  • Dwi Ardiyanti Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Astoto Kurniawan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

pemantauan hafalan, hafalan Al-quran, pendekatan berorientasi objek

Abstrak

Pemantauan hafalan adalah kegiatan mengamati murid/pelajar untuk memeriksa bahwa hafalan dalam penyelenggaraan pendidikan di dalam sekolah berjalan sesuai dengan rencana. Sekolah BQ saat ini masih melakukan pemantauan hafalan menggunakan metode muroja’ah (pengulangan) ayat yang ditulis secara konvensional di dalam buku pemantauan hafalan, buku penilaian hafalan dan form penilaian simaan. Buku pemantauan hafalan ini digunakan sebagai alat untuk menyampaikan hafalan siswa kepada orang tua. Buku pemantauan hafalan ini diisi oleh muhafiz di sekolah dan akan diserahkan kepada siswa untuk ditanda tangani oleh wali murid di rumah apabila siswa sudah melakukan muroja’ah hafalan Al-Qur’an bersama orangtua di rumah. Proses pemantauan hafalan secara manual ini membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Muhafiz harus menyediakan banyak tenaga untuk menulis laporan setiap hari untuk disetorkan kepada orang tua dan pihak sekolah karena jumlah siswa BQ yang banyak. Penggunaan media buku dan kertas juga rentan terjadi kehilangan. Pengembangan sistem menggunakan model waterfall dengan pendekatan berorientasi objek. Rekayasa kebutuhan mendapatkan hasil 37 kebutuhan fungsional dan belum didapati adanya urgensitas kebutuhan nonfungsional. Perancangan arsitektur menghasilkan sequence diagram dan class diagram. Perancangan data menghasilkan CDM dan PDM. Perancangan komponen menghasilkan rancangan algoritme 3 sampel kebutuhan fungsional. Perancangan antarmuka menghasilkan rancangan antarmuka sistem. Implementasi dilakukan dengan bahasa pemrograman PHP dan Javascript menggunakan framework Laravel dan Vue, dan menggunakan database MySQL. Pengujian unit dan integrasi dilakukan pada 3 sampel komponen menghasilkan nilai valid. Pengujian validasi dilakukan terhadap 37 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan nonfungsional.

Referensi

Agustina, Sania Nur. 2017. Sistem Informasi Berbasis Web “ Monitoring Perkembangan Hafalan Al-Qur’an” Di Sma Ar-Rosyidah. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Bait Qur`any At-Tafkir [online] Tersedia di <https://baitqurany.sch.id/> [Diakses 13 Agustus 2019]

Fowler, M. (2003). UML Distilled: A Brief Guide to the Standard Object Modeling Language, Third Edition. Boston: Addison-Wesley Professional.

Marsic, I. (2012). Software Engineering. New Jersey: Department of Electrical and Computer Engineering

Pressman, R. S. 2010. Software engineering : a practitioner’s approach 7th ed. McGraw- Hill., New York.

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering 9. United States of America: Addison-Wesley.

Suryana, F. (2011). Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box). Diambil kembali dari Blog Universitas Brawijaya: http://blog.ub.ac.id/izuaf/files/2013/11/meeting-9-whitebox.ppt

Wulandari, Retno. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Hafalan Al-Qur’an Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Berbasis Web Pada Universitas Islam Negeri (Uin) Maulana. Skripsi, Malang: Universitas Maulana Malik Ibrahim.

Diterbitkan

17 Okt 2023

Cara Mengutip

Ardiyanti, D., & Kurniawan, T. A. (2023). Pembuatan Sistem Pemantauan Hafalan Al-Qur’an Siswa pada Sekolah MI Bait Qur’any Ciputat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13128

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...