Perancangan Sistem Aplikasi Pengelolaan Pergudangan berbasis Web dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: CV Lantikya)

Perancangan Sistem Aplikasi Pengelolaan Pergudangan berbasis Web dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: CV Lantikya)

Penulis

  • Mohammad Alif Alfattah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Almira Syawli Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Gudang, User interface, Aplikasi, Human Centered Design, Inventory, Stok Barang, Usability testing

Abstrak

CV Lantikya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan. Banyaknya proses bisnis dari CV Lantikya dengan metode konvensional sehingga owner mengeluhkan terutama pada pengelolaan stok pergudangan atau inventori, yang masih menggunakan lokal MS Excel dan masih belum terintegrasi ke stok seluruh toko. Owner sering mendapati tentang staff yang sering salah memasukan data atau data yang tidak konsisten pada stok barang. Owner menginginkan sebuah sistem untuk mengelola stok pergudangan dan pengiriman CV Lantikya agar pengelolaan pergudangan lebih efektif. Perancangan ini dimulai dengan dilakukan pendekatan Human Centered Design untuk menggali permasalahan dan analisis proses bisnis untuk menentukan alur dan fitur dari rancangan aplikasi sistem. Dengan menggunakan Human Centered Design penulis bisa lebih fokus dan mencoba melihat dari sudut pandang pengguna. Metode analisis kebutuhan dilakukan dengan wawancara langsung kepada stakeholder yang menjadi calon pengguna pada aplikasi. Dari data wawancara yang diambil, penulis dapat mengidentifikasi kebutuhan fitur-fitur pengguna seperti mengelola tugas, mengelola stok barang, mengelola persetujuan proposal, mengelola permintaan toko, mengelola supplier, mengelola stok terkunci, mengelola user akun, mengelola kategori dan melihat riwayat. Untuk memberikan solusi yang dapat ditanggapi oleh pengguna, dirancangnya prototipe antarmuka. Metode evaluasi yang digunakan adalah usability testing dengan untuk menjadi keluaran penelitan perancangan ini. Pada evaluasi prototipe antarmuka digunakan usability testing yang mendapatkan nilai efektifitas 100% dan efisiensi 100%. Diharap untuk penelitian selanjutnya dapan melakukan perkembangan dari perancangan yang dilakukan.

Referensi

Haidar Bagir, M., Putro, B. E., Pasir, J., & Cianjur, G. (2018). Analisis Perancangan Sistem Informasi Pergudangan di CV. Karya Nugraha. Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, 2(1), 20–29. http://jurnal.unsur.ac.id/index.php/JMTSI

Weske, M. (2012). Business Process Management - Concepts, Languages, Architectures (2nd ed). Springer.

Siagian, C. V., Kartika Dewi, R., & Al Huda, F. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Online Market berbasis Mobile di Masa Pandemi menggunakan Metode Design Thinking (Vol. 6, Issue 3). http://j-ptiik.ub.ac.id

Kaley, Anna. (2021). Mapping user stories in agile. Diambil dari https://www.nngroup.com/articles/user-story-mapping/.

Rahadiyan, A., Hendrakusma Wardani, N., & Rokhmawati, R. I. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Barang Pada Gudang Pada CV. KAJEYEFOOD (Vol. 2, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id

Soleh, A., & Vikaliana, R. (2020.). Analisis penerapan System Application and Product in Data Processing pada Sistem Inventory Logistics PT. Haier Sales Indonesia, Jakarta Utara.

ISO. (2010). ISO 9241-210:2010: Ergonomics of human-system interaction -- Part 210: Human-centred design for interactive systems. International Organization for Standardization.

Diterbitkan

18 Okt 2023

Cara Mengutip

Alfattah, M. A., Az-Zahra , H. M., & Syawli , A. . (2023). Perancangan Sistem Aplikasi Pengelolaan Pergudangan berbasis Web dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: CV Lantikya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13139

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...