Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pemilihan Sepatu Berdasarkan Ukuran Kaki Pengguna

Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pemilihan Sepatu Berdasarkan Ukuran Kaki Pengguna

Penulis

  • Irsyad Fauzan Noor Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Wibisono Sukmo Wardhono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Unity 3D, Augmented Reality, Vuforia, Android Studio, Marker

Abstrak

Setiap individu selalu ingin tampil sebaik mungkin di depan publik. Salah satu tampilan (outfit) yang menjadi perhatian adalah penggunaan sepatu. Masing-masing individu memiliki cara tersendiri untuk memenuhi kebutuhannya, seperti berbelanja di toko ataupun secara online. Dengan ketidaktahuan pembeli dalam berbelanja secara online dapat mengakibatkan kesalahan dalam pemilihan ukuran sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki. Oleh karena itu, perlu membangun sebuah sistem yang dapat membantu para pembeli untuk mengetahui ukuran sepatu yang selaras dengan ukuran kaki. Dengan menerapkan Augmented Reality (AR) pada sistem sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan permasalah tersebut. Augmented reality adalah sebuah teknologi yang menampilkan objek-objek virtual didunia nyata secara real time. Penelitian ini bertujuan menciptakan suatu sistem android dengan menggunakan augmented reality untuk menampilkan sebuah objek 3D berupa sepatu untuk mensimulasikan ukuran sepatu pada kaki pengguna. sistem ini dibangun dengan menggunakan beberapa perangkat lunak misalnya Android Studio, Autodesk 3Ds Max, Unity 3D, dan Vuforia. Cara kerja sistem ini dengan cara memindai marker yang ditentukan dan dicetak pada selembar kertas. Jika marker terdeteksi oleh sistem, objek 3D berupa sepatu akan tampil pada layar. Hasil dari penelitian ini adalah sistem augmented reality berbasis android dapat membantu pengguna dalam mengetahui ukuran sepatu secara real time.

Unduhan

Diterbitkan

30 Agu 2017

Cara Mengutip

Noor, I. F., Tolle, H., & Wardhono, W. S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pemilihan Sepatu Berdasarkan Ukuran Kaki Pengguna. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1675–1682. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1320

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...