Rekomendasi Proses Bisnis menggunakan Framework Lean Management (Studi Kasus: Penginapan XYZ)
Kata Kunci:
proses bisnis, root cause analysis, 5 whys analysis, Business Process Model and Notation, Hospitality, Value Stream Mapping, lean managementAbstrak
Kota Malang terhubung dengan berbagai destinasi pariwisata dan dilengkapi oleh setidaknya 205 penginapan. Hal ini membuat sektor penginapan menjadi bisnis yang berpotensi menangkap peluang besar dari pariwisata. Pertumbuhan jumlah wisatawan di sisi lain menciptakan tantangan tersendiri dalam mengembangkan bisnis penginapan contohnya tekanan dari persaingan pasar yang ketat. Penginapan kini dituntut agar memberikan pelayanan terbaik demi mempertahankan kepuasan dan retensi pelanggan. Oleh karena itu, penggunaan framework lean management direkomendasikan untuk mengoptimalkan proses bisnis agar penginapan dapat bersaing dengan memberikan nilai terhadap tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi waste, merumuskan rekomendasi perbaikan, serta mengalkulasi manfaat yang berpotensi diterima pada proses bisnis Penginapan XYZ. Prinsip lean management khususnya teknik Value Stream Mapping (VSM) digunakan untuk mengeliminasi waste dan fokus pada aktivitas yang memberikan nilai. Analisis akar masalah memanfaatkan Root Cause Analysis (RCA) yaitu teknik 5 whys analysis yang didukung dengan pemodelan dan time analysis melalui Bizagi Modeler. Hasil penelitian mengidentifikasi empat jenis waste dalam proses bisnis Penginapan XYZ, yaitu waiting, extra-process, defect, dan inventory. Kalkulasi manfaat dari rekomendasi menunjukkan bahwa Penginapan XYZ berpotensi menghemat lead time hingga 38%, atau setara dengan 11,33 menit.
Referensi
Badan Pusat Statistik Kota Malang, 2022. Jumlah Sarana Akomodasi Menurut Kecamatan dan Jenis Sarana Akomodasi di Kota Malang (Unit). [online] BPS Tersedia di: <https://malangkota.bps.go.id/indicator/16/403/1/jumlah-sarana-akomodasi-menurut-kecamatan-dan-jenis-sarana-akomodasi-di-kota-malang.html> [Diakses 25 Agustus 2023].
Cunningham J, 2020. The Eight Wastes of Lean. [online] Lean Enterprise Institute. Tersedia di: <https://www.lean.org/the-lean-post/articles/the-eight-wastes-of-lean/>.
Fitriana, D.N., Sudanawati Rozas, I. and Wahyudi, N., 2021. Implementasi Business Process Improvement Menggunakan Pendekatan Lean Management. Systemic: Information System and Informatics Journal, [e-journal] 7(1), hal.25–36. Tersedia melalui: <https://doi.org/10.29080/systemic.v7i1.1308>.
Liker, J.K. and Meier, D., 2006. The Toyota way fieldbook : a practical guide for implementing Toyota’s 4Ps. [e-book] New York: Mcgraw-Hill. Tersedia melalui: <https://www.academia.edu/24780805/Toyota_Way_Fieldbook>.
Liker, J.K. and Meier, D., 2006. The problem-solving continuum. [electronic print] Tersedia di: <https://www.academia.edu/24780805/Toyota_Way_Fieldbook> [Diakses 5 September 2023].
Object Management Group, 2011. Business Process Model And Notation 2.0.[pdf] Object Management Group. Tersedia di: <https://www.omg.org/spec/BPMN/2.0/PDF>.
Pemerintah Kota Malang, 2023. Disporapar Optimis Kunjungan Wisata Meningkat di 2023. [online] Tersedia di: < https://malangkota.go.id/2023/01/09/disporapar-optimis-kunjungan-wisata-meningkat-di-2023/> [Diakses 4 September 2023].
Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Standar Usaha Hotel. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Rahman, M.H., 2020. Hospitality Service Process Analysis and Improvement by the Lean Approach. Master. Tallinn University of Technology.
Rahman, M.H., 2020. VSM of as-is process. [electronic print] Tersedia di: <https://digikogu.taltech.ee/et/item/da814c6d-aae0-48dd-973d-5159b3afa049> [Diakses 5 September 2023].
Setiawan, I., Tumanggor, O.S.P. and Hardi Purba, H., 2021. Value Stream Mapping: Literature Review and Implications for Service Industry. Jurnal Sistem Teknik Industri, [e-jounal] 23(2), hal.155–166. Tersedia melalui: Talenta USU <https://doi.org/10.32734/jsti.v23i2.6038>.
Badan Pusat Statistik Kota Malang, 2022. Jumlah Sarana Akomodasi Menurut Kecamatan dan Jenis Sarana Akomodasi di Kota Malang (Unit). [online] BPS Tersedia di: <https://malangkota.bps.go.id/indicator/16/403/1/jumlah-sarana-akomodasi-menurut-kecamatan-dan-jenis-sarana-akomodasi-di-kota-malang.html> [Diakses 25 Agustus 2023].
Cunningham J, 2020. The Eight Wastes of Lean. [online] Lean Enterprise Institute. Tersedia di: <https://www.lean.org/the-lean-post/articles/the-eight-wastes-of-lean/>.
Fitriana, D.N., Sudanawati Rozas, I. and Wahyudi, N., 2021. Implementasi Business Process Improvement Menggunakan Pendekatan Lean Management. Systemic: Information System and Informatics Journal, [e-journal] 7(1), hal.25–36. Tersedia melalui: <https://doi.org/10.29080/systemic.v7i1.1308>.
Liker, J.K. and Meier, D., 2006. The Toyota way fieldbook : a practical guide for implementing Toyota’s 4Ps. [e-book] New York: Mcgraw-Hill. Tersedia melalui: <https://www.academia.edu/24780805/Toyota_Way_Fieldbook>.
Liker, J.K. and Meier, D., 2006. The problem-solving continuum. [electronic print] Tersedia di: <https://www.academia.edu/24780805/Toyota_Way_Fieldbook> [Diakses 5 September 2023].
Object Management Group, 2011. Business Process Model And Notation 2.0.[pdf] Object Management Group. Tersedia di: <https://www.omg.org/spec/BPMN/2.0/PDF>.
Pemerintah Kota Malang, 2023. Disporapar Optimis Kunjungan Wisata Meningkat di 2023. [online] Tersedia di: < https://malangkota.go.id/2023/01/09/disporapar-optimis-kunjungan-wisata-meningkat-di-2023/> [Diakses 4 September 2023].
Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Standar Usaha Hotel. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Rahman, M.H., 2020. Hospitality Service Process Analysis and Improvement by the Lean Approach. Master. Tallinn University of Technology.
Rahman, M.H., 2020. VSM of as-is process. [electronic print] Tersedia di: <https://digikogu.taltech.ee/et/item/da814c6d-aae0-48dd-973d-5159b3afa049> [Diakses 5 September 2023].
Setiawan, I., Tumanggor, O.S.P. and Hardi Purba, H., 2021. Value Stream Mapping: Literature Review and Implications for Service Industry. Jurnal Sistem Teknik Industri, [e-jounal] 23(2), hal.155–166. Tersedia melalui: Talenta USU <https://doi.org/10.32734/jsti.v23i2.6038>.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.