Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Kolaboratif Siswa pada Mata Pelajaran Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim di SMKN 1 Kepanjen
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kolaboratif, Kemampuan Kolaboratif, Project Based Learning, Hasil BelajarAbstrak
Pada orientasi abad 21, pembelajaran dituntut2untuk lebih mengarahkan peserta didik supaya sadar terkait kodratnya sebagai makhluk sosial yang senantiasa saling membutuhkan dan hidup berdampingan dengan sesama manusia. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru di SMKN 1 Kepanjen, penerapan model pembelajaran kooperatif, cenderung membuat siswa kurang bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas kelompok dikarenakan adanya rasa menggantungkan pekerjaannya terhadap anggota kelompok. Penelitianaini bertujuanauntuk mengetahuiapengaruh dari penerapan model pembelajaran kolaboratif berbantuan project basednlearning terhadapghasil belajarkdan kemampuan kolaboratif siswa di SMKN 1 Kepanjen. Penelitianaini menggunakanwmetode WeakdEksperiment Static Group PretestdPosttest untuk mencari hasil belajar dan Static Group Comparison untuk kemampuan kolaboratif. Sampel penelitian terdiriadari duadkelas yaitu kelasmX RPL 1 kelas eksperimen dan X RPL 2 kelas kontrol yang masing-masingxsebanyak 32 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkannbahwa rata-rata hasil belajar pada kelasveksperimen adalah 89,56 dan kelas kontrol 81,25. Nilai uji hipotesis pada hasil belajar sebesar 0,00 sehingga dengan effect size 0,44 H0 berhasil ditolak. Nilai uji hipotesis pada kemampuan kolaboratif sebesar 0,06 sehingga H0 diterima. Kesimpulan dari penelitianmini adalah penerapan modeldpembelajaran kolaboratif berbantuan projectdbased learning berpengaruh terhadap hasil belajar akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kemampuan kolaboratif siswa.
Referensi
Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan Biologi , 13(2), 143–149.
Anwar, B., Munzil, & Hidayat, A. (2017). Pengaruh Collaborative Learning dengan Teknik Jumping Task terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(2), 15–25. http://journal2.um.ac.id/index.php/
Apriono, D. (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. Diklus, 1.
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran (B. S. Fatmawati, Ed.; 1st ed.). Sinar Grafika Offset.
Irimias, A. R., Mitev, A. Z., & Volo, S. (2022). Digital arts-based collaborative learning in management education. International Journal of Management Education, 20(3). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100727
Khanifah, N. L., Mustaji, & Nasution. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Keterampilan Kolaborasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Koda, F. (2020). Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Dodoto, 19(19), 1–12.
Ntobuo, N. E. (2018). Model Pembelajaran Kolaboratif JIRE Teori dan Aplikasi (1st ed.). Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Press.
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. K-Media.
Ratnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing. www.nuhamedika.gu.ma
Saenab, S., Rahma Yunus, S., & Husain. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Biologi Science & Education, 8(1), 29–41.
Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 253–259. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Sulisworo, D. (2010). Konsep Pembelajaran Project Based Learning (N. Setyaningsih, Ed.). PT. Sindur Press.
Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan Biologi , 13(2), 143–149.
Anwar, B., Munzil, & Hidayat, A. (2017). Pengaruh Collaborative Learning dengan Teknik Jumping Task terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(2), 15–25. http://journal2.um.ac.id/index.php/
Apriono, D. (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. Diklus, 1.
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran (B. S. Fatmawati, Ed.; 1st ed.). Sinar Grafika Offset.
Irimias, A. R., Mitev, A. Z., & Volo, S. (2022). Digital arts-based collaborative learning in management education. International Journal of Management Education, 20(3). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100727
Khanifah, N. L., Mustaji, & Nasution. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Keterampilan Kolaborasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Koda, F. (2020). Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Dodoto, 19(19), 1–12.
Ntobuo, N. E. (2018). Model Pembelajaran Kolaboratif JIRE Teori dan Aplikasi (1st ed.). Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Press.
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. K-Media.
Ratnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing. www.nuhamedika.gu.ma
Saenab, S., Rahma Yunus, S., & Husain. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Biologi Science & Education, 8(1), 29–41.
Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 253–259. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Sulisworo, D. (2010). Konsep Pembelajaran Project Based Learning (N. Setyaningsih, Ed.). PT. Sindur Press.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.