Pengembangan Business Intelligence Dashboard untuk Manajemen Produk Layanan (Studi Kasus PT.XYZ)

Pengembangan Business Intelligence Dashboard untuk Manajemen Produk Layanan (Studi Kasus PT.XYZ)

Penulis

  • Saifulloh Achmad Fajr Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Nanang Yudi Setiawan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Welly Purnomo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Dashboard, Business intelligence, Usability Testing

Abstrak

PT.XYZ merupakan salah satu Perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia, dimana untuk memenuhi kebutuhan dari pelanggan dibutuhkan banyak variasi dari paket internet. Paket internet ini dapat mencakup paket utama, paket aplikasi, atau hanya paket untuk memperpanjang masa aktif kartu perdana. Ketika PT.XYZ melakukan migrasi sistem, ditemukan bahwa terdapat paket internet yang terdapat dalam sistem yang tidak memiliki pelanggan aktif, namun tidak semua paket dengan 0 pelanggan ini tidak digunakan, terdapat pula beberapa paket yang digunakan sebagai template, ataupun merupakan paket yang disiapkan untuk acara tertentu. Dikarenakan jumlah produk yang banyak, maka proses menentukan produk yang akan disimpan ataupun dihapus ini akan memakan waktu lama. Hal ini dikarenakan ketergantungan dengan tim bisnis selaku tim yang menentukan apakah produk akan dihapus atau dipertahankan. Dari permasalahan inilah maka dikembangkan dashboard business intelligence untuk mempermudah proses bisnis, dashboard business intelligence akan dikembangkan dengan metode siklus hidup business intelligence Kimball, dimana dalam pengembangan akan menggunakan google bigquery sebagai perangkat data warehouse, talend open studio sebagai alat penunjang proses Extract Transform Load (ETL) dan Looker studio sebagai perangkat lunak dashboard. Dalam penelitian ini akan menggunakan Usability Testing sebagai metode pengujian. Hasil dari pengujian ini sendiri rata rata skor sebanyak 3.64 dari 5.0..

Referensi

Few, S. (2007). Dashboard Confusion Revisited. Perceptual Edge.

Gupta, H., & Mumick, I. S. (2005). Selection of views to materialize in a data warehouse. IEEE Transactions on Knowledge and Data Engineering, 17(1). https://doi.org/10.1109/TKDE.2005.16

Inmon, W. H. (2002). Building the data warehouse / W. H. Inmon. In Building the Data Warehouse.

Ivanoti, V. I., Royani, M., & Samidi, S. (2023). DATA WAREHOUSE MODEL BASED ON KIMBALL METHODOLOGY TO SUPPORT DECISION MAKING IN ASSET MAINTENANCE. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 4(1). https://doi.org/10.52436/1.jutif.2023.4.1.628

Jooste, C., Van Biljon, J. A., & Mentz, J. (2014). Usability Evaluation for Business Intelligence Applications: A User Support Perspective. South African Computer Journal, 53. https://doi.org/10.18489/sacj.v53i0.198

Kimball, R., & Ross, M. (2013). The Data Warehouse Toolkit, The Definitive Guide to Dimensional Modeling. In Wiley.

Maesaroh, S., Lubis, R. R., Husna, L. N., Widyaningsih, R., & Susilawati, R. (2022). Efektivitas Implementasi Manajemen Business Intelligence pada Industri 4.0. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2). https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.764

Steven, K., Hariyanto, S., Arijanto, R., & Wijaya, A. H. (2021). PENERAPAN BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK MENGANALISIS DATA PADA PT. SURYAPLAS INTITAMA MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER BI. ALGOR, 2(2). https://doi.org/10.31253/algor.v2i2.550

Soraya, N. (2016). Penerapan Intelegensi Bisnis Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Dalam Bidang Akademik (Studi Kasus: Fakultas Xyz) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Diterbitkan

07 Feb 2024

Cara Mengutip

Fajr, S. A. ., Setiawan, N. Y. ., & Purnomo, W. . (2024). Pengembangan Business Intelligence Dashboard untuk Manajemen Produk Layanan (Studi Kasus PT.XYZ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13225

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...