Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Point of Sales UMKM berbasis Mobile menggunakan Framework Flutter (Studi Kasus: PW Café)
Kata Kunci:
Point of Sales, Rapid Application Development, Flutter, Firebase, SDLC, System Usability Scale, Aplikasi MobileAbstrak
Teknologi yang sudah semakin maju menjadi jawaban atas masalah globalisasi yang semakin melekat dalam kehidupan manusia salah satunya adalah proses transformasi digital bagi UMKM. Penelitian ini meneliti tentang penerapan sistem Point of Sales di PW Café, yakni salah satu UMKM yang bergerak di bidang kuliner. Saat ini, UMKM tersebut masih menggunakan metode pembukuan dan pelaporan secara manual dan konvensional. Penelitian ini ditujukan untuk membantu proses transformasi digital yang mencakup proses pembayaran dan proses pelaporan penjualan secara digital guna meningkatkan efisiensi waktu operasional. Dengan adanya penelitian ini diharapkan operasional UMKM PW Cafe dapat terotomatisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja operasional PW Cafe. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan salah satu metodologi dari Software Development Life Cycle (SDLC) yaitu Rapid Application Development (RAD) yang digunakan dari tahap analisis kebutuhan hingga kesimpulan. RAD dapat membantu perancangan dan pembangunan aplikasi dengan lebih cepat karena beberapa tahap yang ada di dalam metodologi RAD dapat dilakukan secara bersamaan. Hasil penelitian ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Dart beserta framework Flutter dengan bantuan dari Firebase untuk proses implementasi. Hasil implementasi berupa sebuah aplikasi mobile yang memiliki fitur utama untuk pencatatan penjualan langsung di dalam aplikasi. Penggunaan aplikasi dibandingkan dengan metode konvensional yang sudah berjalan, yang di mana dengan penggunaan aplikasi mendapat waktu rata-rata 11.75 detik dan rata-rata waktu metode konvensional adalah 27.75 detik. Hal ini menandakan bahwa penggunaan aplikasi memiliki waktu operasional lebih cepat dibanding menggunakan metode konvensional.
Referensi
Aisyah, E. N., Hayat, A., & Sajidin, A. A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Point of Sale Tiket Bus Pada PT Primajasa Perdanarayautama. Journal of Innovation and Future Technology (IFTECH), 1(1), 13–24.
Booch, G., Jacobson, I., & Rumbaugh, J. (1996). The unified modeling language. Unix Review, 14(13), 5.
Dharmalau, A., Sucahyo, N., & Mukti, I. (2023). PERANCANGAN APLIKASI POINT OF SALES (POS) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER DI KAFE ELANGSTA. JRIS: Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 3(2), 6–13.
Fathurrozi, A., & Masya, F. (2023). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Prediksi Transaksi Penjualan Produk Pada Aplikasi Point Of Sales. Technomedia Journal, 8(2), 70–81.
Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, I. G. I., & Kom, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ikhsan, A. N., Kuncoro, A. P., & Akbar, A. A. (2020). Perancangan Aplikasi Pencatatan Transaksi Keuangan dan Inventory Berbasis Android Distributor Produk MSL Purbalingga. (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, 4(2), 328–334.
Kementerian Koperasi Dan UKM. (2022, May 28). Transformasi Digital Dorong Daya Tahan UMKM Lebih Kuat. https://kemenkopukm.go.id/read/menkopukm-transformasi-digital-dorong-daya-tahan-umkm-lebih-kuat
Kemp, S. (2022, February 15). DIGITAL 2022: INDONESIA. Https://Datareportal.Com/Reports/Digital-2022-Indonesia?Rq=indonesia.
Murphy, C. (2018, March 1). A Comprehensive Guide To Wireframing And Prototyping. Https://Www.Smashingmagazine.Com/2018/03/Guide-Wireframing-Prototyping/.
Pandawana, I. D. G. A., Radhitya, M. L., Sandhiyasa, I. M. S., & Bramstya, B. T. (2022). Aplikasi E-Sewa Barang Berbasis Mobile. Jurnal Krisnadana, 1(3), 26–36.
Papajorgji, P. J., & Pardalos, P. M. (2014). Software engineering techniques applied to agricultural systems: An object-oriented and UML approach. In Developing Ambient.
Pusparisa, Y. (2021, July 1). Daftar Negara Pengguna Smartphone Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/07/01/Daftar-Negara-Pengguna-Smartphone-Terbanyak-Indonesia-Urutan-Berapa.
Ramadi, S., Yanto, Y., & Alhidayatuddiniyah, T. W. (2023). Perancangan Aplikasi Point Of Sales (Pos) di Café Rehat dan Singgah Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 4(01), 105–111.
Sagala, J. R. (2018). Model Rapid Application Development (Rad) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Belajar Mengajar. Jurnal Mantik Penusa, 2(1).
StatCounter. (2023). Desktop vs Mobile vs Tablet Market Share Indonesia. Https://Gs.Statcounter.Com/Platform-Market-Share/Desktop-Mobile-Tablet/Indonesia/#yearly-2015-2022-Bar.
Takahashi, A. (2016). A “User-Flow Description” Method for Usability Investigation. HCI International 2016–Posters’ Extended Abstracts: 18th International Conference, HCI International 2016, Toronto, Canada, July 17-22, 2016, Proceedings, Part I 18, 155–160.
Aisyah, E. N., Hayat, A., & Sajidin, A. A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Point of Sale Tiket Bus Pada PT Primajasa Perdanarayautama. Journal of Innovation and Future Technology (IFTECH), 1(1), 13–24.
Booch, G., Jacobson, I., & Rumbaugh, J. (1996). The unified modeling language. Unix Review, 14(13), 5.
Dharmalau, A., Sucahyo, N., & Mukti, I. (2023). PERANCANGAN APLIKASI POINT OF SALES (POS) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER DI KAFE ELANGSTA. JRIS: Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 3(2), 6–13.
Fathurrozi, A., & Masya, F. (2023). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Prediksi Transaksi Penjualan Produk Pada Aplikasi Point Of Sales. Technomedia Journal, 8(2), 70–81.
Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, I. G. I., & Kom, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ikhsan, A. N., Kuncoro, A. P., & Akbar, A. A. (2020). Perancangan Aplikasi Pencatatan Transaksi Keuangan dan Inventory Berbasis Android Distributor Produk MSL Purbalingga. (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, 4(2), 328–334.
Kementerian Koperasi Dan UKM. (2022, May 28). Transformasi Digital Dorong Daya Tahan UMKM Lebih Kuat. https://kemenkopukm.go.id/read/menkopukm-transformasi-digital-dorong-daya-tahan-umkm-lebih-kuat
Kemp, S. (2022, February 15). DIGITAL 2022: INDONESIA. Https://Datareportal.Com/Reports/Digital-2022-Indonesia?Rq=indonesia.
Murphy, C. (2018, March 1). A Comprehensive Guide To Wireframing And Prototyping. Https://Www.Smashingmagazine.Com/2018/03/Guide-Wireframing-Prototyping/.
Pandawana, I. D. G. A., Radhitya, M. L., Sandhiyasa, I. M. S., & Bramstya, B. T. (2022). Aplikasi E-Sewa Barang Berbasis Mobile. Jurnal Krisnadana, 1(3), 26–36.
Papajorgji, P. J., & Pardalos, P. M. (2014). Software engineering techniques applied to agricultural systems: An object-oriented and UML approach. In Developing Ambient.
Pusparisa, Y. (2021, July 1). Daftar Negara Pengguna Smartphone Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/07/01/Daftar-Negara-Pengguna-Smartphone-Terbanyak-Indonesia-Urutan-Berapa.
Ramadi, S., Yanto, Y., & Alhidayatuddiniyah, T. W. (2023). Perancangan Aplikasi Point Of Sales (Pos) di Café Rehat dan Singgah Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 4(01), 105–111.
Sagala, J. R. (2018). Model Rapid Application Development (Rad) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Belajar Mengajar. Jurnal Mantik Penusa, 2(1).
StatCounter. (2023). Desktop vs Mobile vs Tablet Market Share Indonesia. Https://Gs.Statcounter.Com/Platform-Market-Share/Desktop-Mobile-Tablet/Indonesia/#yearly-2015-2022-Bar.
Takahashi, A. (2016). A “User-Flow Description” Method for Usability Investigation. HCI International 2016–Posters’ Extended Abstracts: 18th International Conference, HCI International 2016, Toronto, Canada, July 17-22, 2016, Proceedings, Part I 18, 155–160.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.