Pengembangan Sistem Tiket dan Eskalasi Layanan (STELA) berbasis Android di Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (SETJEN DPR RI)

Pengembangan Sistem Tiket dan Eskalasi Layanan (STELA) berbasis Android di Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (SETJEN DPR RI)

Penulis

  • Rezky Donny Putranto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Bayu Rahayudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Welly Purnomo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

android, API, waterfall, Setjen DPR RI, efektivitas, system usability scale

Abstrak

Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (SETJEN DPR RI) merupakan unsur penunjang Dewan Perwakilan Rakyat yang berkedudukan sebagai Kesekretariatan Lembaga. Setjen DPR RI bertugas untuk mendukung kelancaran pelaksanaan wewenang dan tugas DPR RI di bidang persidangan, administrasi, dan keahlian. Pada Setjen DPR RI, Pusat Teknologi dan Informasi (Pustekinfo) bertanggungjawab untuk melakukan integrasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) seperti yang sudah diatur pada Perpres Nomor 95 Tahun 2018 untuk setiap instansi pemerintah. Oleh karena itu Pusat Teknologi dan Informasi membuat sebuah aplikasi untuk memberikan layanan teknologi informasi kepada seluruh aspek yang ada di lingkungan DPR RI. Aplikasi yang dibuat menyediakan beberapa pilihan cara bagi pengguna untuk mengirimkan laporan permintaan layanan melalui beberapa platform salah satunya menggunakan platform android. Sistem dibuat menggunakan metode waterfall dan akan tersambung satu sama lain dengan platform lainnya dengan menggunakan API. Kemudian dilakukan 3 metode pengujian pada aplikasi yang sudah selesai dibuat. Yaitu pengujian blackbox yang berhasil memenuhi semua kebutuhan fungsional dan non fungsional sistem. Kemudian pengujian efektivitas dan menghasilkan peningkatan waktu sebesar 60,9% dibandingkan sistem yang sudah ada. Dan terakhir dilakukan pengujian usability menggunakan System Usability Scale (SUS) dan mendapatkan nilai 71,07 dan masuk ke dalam kriteria acceptable.

Referensi

Ajeng Prastiwi, M. and Jumino, 2018. EFEKTIVITAS APLIKASI IPUSNAS SEBAGAI SARANA TEMU BALIK INFORMASI ELEKTRONIK PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), pp.231–240.

Bastien, J.M.C., 2010. Usability testing: a review of some methodological and technical aspects of the method. International Journal of Medical Informatics, 79(4), pp.e18–e23. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2008.12.004.

DPR RI, 2020. SPBE Jadi Babak Baru Tata Kelola Pemerintahan , Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia . [online] Available at: <https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/25844/t/> [Accessed 30 January 2023].

Hapsari, A.N. and Rachmawati, R., 2018. 228902-pemanfaatan-aplikasi-lapor-sleman-sebaga-e574bc99. Jurnal Bumi Indonesia, 7(1), pp.1–11.

Iskandar, I., Maarif, S., Affandi, J., Sukmawati, A., Iskandar, I., Maarif, S., Affandi, J. and Sukmawati, A., 2020. Kapabilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi Setjen DPR RI Menuju Parlemen Modern Hasil Penelitian KAPABILITAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEKRETARIAT JENDRAL DPR RI MENUJU PARLEMEN MODERN (INFORMATION TECHNOLOGY AND COMMUNICATION CAPABILITIES OF THE SECRETARIAT GENERAL OF PEOPLE’S REPRESENTATIVE COUNCIL OF INDONESIA TOWARDS A MODERN PARLEMENT). Jurnal Politik dan Kebijakan, 17(2), pp.231–242.

Jorgensen, P.C., 2013. Software Testing. Auerbach Publications. https://doi.org/10.1201/978143988950.

Kominfo, 2020. Sistem Pemerintahan Berbasis Digital Siap Beroperasi pada 2023. [online] Available at: <https://www.kominfo.go.id/content/detail/28252/sistem-pemerintahan-berbasis-digital-siap-beroperasi-pada-2023/0/sorotan_media> [Accessed 30 January 2023].

Maylawati, D.S., Darmalaksana, W. and Ramdhani, M.A., 2018. Systematic Design of Expert System Using Unified Modelling Language. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288, p.012047. https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012047.

Muhammad, I., Pranoto, H. and Ahmad, I., 2018. Optimalisasi Layanan Pengaduan Masyarakat pada Pemerintah Kota Binjai Menggunakan eGovernment berbasis Data Kependudukan. Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), pp.19–32. https://doi.org/10.37396/jsc.v1i1.3.

Peraturan Sekretaris Jenderal DPR RI (Persekjen DPR RI) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Setjen DPR RI. Jakarta: Sekretariat Jenderal DPR RI.

Statcounter, 2022. Mobile Operating System Market Share Indonesia . [online] GlobalStats. Available at: <https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia> [Accessed 30 January 2023].

Wahid, A., 2020. Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi.

Diterbitkan

07 Feb 2024

Cara Mengutip

Putranto, R. D., Rahayudi, B., & Purnomo, W. (2024). Pengembangan Sistem Tiket dan Eskalasi Layanan (STELA) berbasis Android di Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (SETJEN DPR RI). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13246

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...