Pengembangan Sistem Pengaduan Masyarakat berbasis Website (Studi Kasus : Desa Karangtalun, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung)
Kata Kunci:
Pengaduan Masyarakat, Metode Waterfall, User Acceptance Testing, Open Street MapAbstrak
Desa Karangtalun yang berada di Kabupaten Tulungagung merupakan desa yang sudah memperoleh nilai IDM (Indeks Desa Membangun) sebesar 0,9 yang berarti desa tersebut memperoleh predikat mandiri dari pemerintah sehingga dapat dipastikan bahwa Desa Karangtalun memiliki infrastuktur internet yang sangat baik, namun untuk saat ini namun mekanisme pengaduan masyarakat hanya dapat dilakukan dengan mengadu secara langsung kepada pamong desa atau datang secara langsung ke Balai Desa. Hal ini menyebabkan proses pengaduan masyarakat menjadi tidak efisien dan menyebabkan permasalahan tak kunjung selesai. Dari permasalahan tersebut dikembangkan sebuah sistem pengaduan masyarakat daring untuk mempermudah masyarakat dalam mengirim pengaduan dan membantu pemerintah desa dalam mengelola pengaduan dan memberikan pelayanan publik yang baik. Aplikasi berbasis website ini akan dikembangkan menggunakan metode waterfall dan framework laravel untuk bagian database akan menggunakan MySQL dan menggunakan API OpenStreetMap sebagai penyedia data lokasi dan penentuan koordinat lokasi yang akan divisualisasikan oleh leaflet. Pada tahap pengujian sistem akan menggunakan black-box untuk pengujian fungsional dan User Acceptance Testing untuk pengujian nonfungsional pada sistem. Hasil black-box mendapatkan hasil 100% yang menunjukkan bahwa sistem memenuhi kebutuhan fungsional sedangkan pada pengujian User acceptance testing (UAT) mendapatkan hasil 90.1% yang menunjukkan bahwa aplikasi dapat diterima oleh pengguna dan sudah memenuhi kebutuhan nonfungsional.
Referensi
Adi Kurniyanti, V., & Murdiani, D. (2022). Perbandingan Model Waterfall Dengan prototype pada pengembangan system Informasi Berbasis website. Jurnal Syntax Fusion, 2(08), 669–675
Fikri, A., Hozairi, H., & Muhsi, M. (2022). Analisis Pengujian Sistem Informasi mui kabupaten Pamekasan Menggunakan metode Blackbox functional testing. Jurnal Mnemonic, 5(2), 158–164.
Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2020). Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak
Kurniasih, K., & Mulyono, H. (2022). Sistem Informasi pengaduan Masyarakat Berbasis web Pada Kantor desa ladang Peris Kecamatan Bajubang. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 7(4), 678–688.
Pressman, R. S. (2017). Software engineering: A practitioner's approach (8th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Education.
Rumbaugh, J., Jacobson, I., & Booch, G. (2004). The unified modeling language reference manual (2nd ed.). Addison-Wesley.
Sahfitri, A., Apdian, D., Jayawiguna, R., & Suherman, Y. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis web Pada Desa Karyasari. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi (INOTEK), 3(1), 26–37.
Smith, D. E. (2010). OpenStreetMap: Mapping the world in the age of Web 2.0. Transactions in GIS, 14(6), 751-778.
Stair, R. M., & Reynolds, J. R. (2019). Principles of information systems (14th ed.). Boston, MA: Cengage Learning.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. (2009). Pasal 4.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. (2009). Pasal 36. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112.
Adi Kurniyanti, V., & Murdiani, D. (2022). Perbandingan Model Waterfall Dengan prototype pada pengembangan system Informasi Berbasis website. Jurnal Syntax Fusion, 2(08), 669–675
Fikri, A., Hozairi, H., & Muhsi, M. (2022). Analisis Pengujian Sistem Informasi mui kabupaten Pamekasan Menggunakan metode Blackbox functional testing. Jurnal Mnemonic, 5(2), 158–164.
Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2020). Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak
Kurniasih, K., & Mulyono, H. (2022). Sistem Informasi pengaduan Masyarakat Berbasis web Pada Kantor desa ladang Peris Kecamatan Bajubang. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 7(4), 678–688.
Pressman, R. S. (2017). Software engineering: A practitioner's approach (8th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Education.
Rumbaugh, J., Jacobson, I., & Booch, G. (2004). The unified modeling language reference manual (2nd ed.). Addison-Wesley.
Sahfitri, A., Apdian, D., Jayawiguna, R., & Suherman, Y. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis web Pada Desa Karyasari. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi (INOTEK), 3(1), 26–37.
Smith, D. E. (2010). OpenStreetMap: Mapping the world in the age of Web 2.0. Transactions in GIS, 14(6), 751-778.
Stair, R. M., & Reynolds, J. R. (2019). Principles of information systems (14th ed.). Boston, MA: Cengage Learning.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. (2009). Pasal 4.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. (2009). Pasal 36. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.