Analisis Sentimen berbasis Aspek terhadap Ulasan Game Honkai Impact 3rd menggunakan IndoBERT

Analisis Sentimen berbasis Aspek terhadap Ulasan Game Honkai Impact 3rd menggunakan IndoBERT

Penulis

  • M. Hidayat Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Indriati Indriati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Edy Santoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Sentimen Berbasis Aspek, ulasan, game online, Bahasa Indonesia, IndoBERT

Abstrak

Dalam zaman digital saat ini, kemajuan teknologi berkembang dengan cepat dan semakin kompleks, menyajikan berbagai opsi hiburan, termasuk game online yang terhubung dengan Internet. Honkai Impact 3rd adalah contoh game action RPG 3D yang menggunakan IndoBERT untuk menganalisis sentiment ulasan pengguna terkait gameplay, performa, serta aspek player. IndoBERT, sebuah model sebelumnya yang sudah disesuaikan untuk bahasa Indonesia berdasarkan BERT, mempergunakan data set Indo4B dengan kapasitas melebihi 23GB text dalam bahasa Indonesia. Dataset ini mencakup 4 miliar kata formal dan non-formal dari bermacam sumber. Dalam proses pembangunan kosakata, IndoBERT dengan SentencePiece dengan tokenizer Byte Pair Encoding (BPE), suatu model untuk membagi dan menyatukan sub kata. SentencePiece sendiri merupakan tokenizer dan detokenizer sub kata yang bersifat bahasa-agnostik, didesain untuk memproses pesan berbasis otak. Dalam penilaian akurasi dari berbagai uji coba, model IndoBERT terbukti mampu melakukan klasifikasi dengan baik. Perubahan pada nilai ukuran batch ternyata memengaruhi akurasi, dan hasil rata-rata makro serta rata-rata berbobot menunjukkan fluktuasi karena adanya ketidakseimbangan dalam dataset yang digunakan. Evaluasi performa model IndoBERT menyimpulkan bahwa terdapat kecenderungan overfitting, di mana model terlalu memahami data latih tetapi mungkin kurang generalisasi. Akurasi yang dihasilkan adalah 0,82 untuk aspek gameplay, 0,75 untuk aspek performa, dan 0,86 untuk aspek player.

Referensi

Ba, J.L., Kiros, J.R. dan Hinton, G.E., 2016. Layer Normalization. [daring] Tersedia pada: <http://arxiv.org/abs/1607.06450>.

Devlin, J., Chang, M.W., Lee, K. dan Toutanova, K., 2019. BERT: Pre-training of deep bidirectional transformers for language understanding. NAACL HLT 2019 - 2019 Conference of the North American Chapter of the Association for Computational Linguistics: Human Language Technologies - Proceedings of the Conference, 1(Mlm), hal.4171–4186.

Lebho, M.A., Lerik, M.D.C., Wijaya, R.P.C. dan Littik, S.K.A., 2020. Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, 2(3), hal.202–212. https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i3.2232.

Morales, D., Talavera, E. dan Remeseiro, B., 2021. Playing to distraction: towards a robust training of CNN classifiers through visual explanation techniques. Neural Computing and Applications, 33(24), hal.16937–16949. https://doi.org/10.1007/s00521-021-06282-2.

Rahmatullah, B., 2021. Sentiment Analysis Pelaksanaan Work From Home di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan IndoBERT.

Vaswani, A., Shazeer, N., Parmar, N., Uszkoreit, J., Jones, L., Gomez, A.N., Kaiser, L. dan Polosukhin, I., 2017. Attention Is All You Need. (Nips).

Diterbitkan

13 Feb 2024

Cara Mengutip

Hidayat, M., Indriati, I., & Santoso, E. (2024). Analisis Sentimen berbasis Aspek terhadap Ulasan Game Honkai Impact 3rd menggunakan IndoBERT. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13307

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...