Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Portal Kajian Risiko Bencana InaRISK Personal menggunakan Metode Human Centered Design

Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Portal Kajian Risiko Bencana InaRISK Personal menggunakan Metode Human Centered Design

Penulis

  • Muqorrobin Ghulam Muhammad Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Antarmuka Pengguna, Human Centered Design, Task Scenario, System Usability Scale

Abstrak

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan aplikasi InaRisk Personal yang berguna sebagai alat pemantauan penurunan indeks risiko bencana. Namun aplikasi tersebut masih memiliki beberapa masalah usability sehingga menyulitkan pengguna dalam menggunakan aplikasi ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan kuesioner SUS yang hanya mendapatkan nilai 38 dengan melibatkan 10 orang responden. Melihat permasalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk memberikan evaluasi dan memberikan perbaikan antarmuka pengguna dengan menggunakan metode Human Centered Design (HCD). Di dalam HCD sendiri terdapat empat tahapan utama yaitu memahami dan menentukan konteks pengguna, menentukan persyaratan pengguna, menghasilkan rancangan purwarupa antarmuka pengguna, dan evaluasi desain. Penelitian ini melibatkan 7 responden pada tahap spesifikasi persyaratan pengguna dan menghasilkan purwarupa solusi desain antarmuka pengguna berupa high fidelity prototype. Hasil wawancara pada solusi desain didapatkan respon yang lebih baik ketimbang sebelumnya dan hal ini juga selaras dengan uji SUS. Pada tahap akhir SUS didapatkan skor 80,5 yang masuk dalam kategori excellent dan mendapatkan acceptable range “Acceptable”.

Referensi

Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies.

Google, n.d. Material.io. https://material.io/design

ISO. (2010). Ergonomics of human–system interaction Part 210: Human-centred design for interactive systems. International Standard, 9241(210).

Kurnia, A., Indah, R., & Fanani, Lutfi. (2020). Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Menggunggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 4(5), 1446-1454. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7250.

Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/

Sauro, J. (2011). MEASURING USABILITY WITH THE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Measuring U. http://www.measuringu.com/sus.php

Syahirsah, N., Aknuranda, I., & Aryadita, H. (2018). Evaluasi dan Perbaikan Desain Antar Muka Pengguna Situs Talangin.com Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(12), 6618–6626. http://jptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/3671.

Diterbitkan

13 Feb 2024

Cara Mengutip

Muhammad, M. G., & Aknuranda, I. (2024). Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Portal Kajian Risiko Bencana InaRISK Personal menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13310

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...