Eksperimen Penerapan Prinsip Konsistensi dan Prinsip Tipografi untuk Perbaikan Pengalaman Pengguna pada Halaman Utama Website Rizky Mandiri Travel
Kata Kunci:
rizky mandiri travel, task time, SEQ, user experience, moderated, hipotesisAbstrak
Rizky Mandiri Travel adalah perusahan yang bergerak di Biro Perjalanan Wisata dan didirikan pada 23 Januari 2016 dengan komitmen "Membangun usaha Berbasis Syariah dan menjadi yang terdepan dibidangnya". Rizky Mandiri Travel memiliki aplikasi berbasis website yaitu rizkymandiritravel.co.id, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan informasi, seperti informasi layanan, pemesanan tiket pesawat online, daftar agen bisnis travel, dan sebagainya. Penulis melihat website tersebut memiliki masalah penggunaan bahasa dan masalah pewarnaan pada bagian testimoni. Hipotesis yang dibuat adalah tidak ada perbedaan Task Time dan User Experience (SEQ) ketika menggunakan full Bahasa Indonesia dengan menggunakan Campuran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dalam melakukan pencarian informasi, dan tidak ada perbedaan Task Time dan User Experience (SEQ) ketika menggunakan warna teks yang lebih kontras dengan menggunakan warna yang sebelumnya terlihat samar-samar pada bagian testimoni dalam melakukan pencarian informasi. Pengujian yang dilakukan yaitu dengan cara moderated menggunakan pengelompokkan between group yaitu setiap grup 15 partisipan dari total 30 partisipan. Hasil pengujian menunjukkan responden membutuhkan waktu yang lebih singkat saat menggunakan desain treatment dibanding menggunakan desain kontrol, hasil uji signifikansi t-test dari Task Time dan SEQ untuk Hipotesis 1 dan 2 yaitu 0,023095389 dan 0,000000108 sedangkan untuk Hipotesis 3 dan 4 yaitu 0,03415619 dan 0,000008425, hasil tersebut menunjukan bahwa semua hipotesis ditolak.
Referensi
Ambrose, G., & Harris, P. (2005). Basic Design: Layout. AVA Publishing SA.
Barnum, C. M. (2020). Usability Testing Essentials Ready, Set...Test! 2nd Edition. Elsevier Science.
Esselink, B. (2006). The Evolution of Localization. In A. Pym, A. Perekrestenko, & B. Starink (Eds.), Translation Technology and Its Teaching (With Much Mention of Localization).
Handayaningrat, S. (1994). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. CV. Haji.
Hidayat, H. (1986). Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press.
ISO. (2010). Human-centred design for interactive systems. The Japanese Journal of Ergonomics, 30(1). https://doi.org/10.5100/jje.30.1
ISO 9241–11. (1998). International Standard-ISO 9241-11. Switzerland: ISO.
Levin, R. I., & Rubin, D. S. (1998). Statistics for Management (7th ed.). Prentice-Hall.
Lidwell, W. (2010). Universal Principles of Design. Rockport Publishers.
Lolang, E. (2014). Hipotesis Nol dan Hipotesis Alternatif. Jurnal Kip, 3(3), 685–696.
Owen, J. M. (2020). Program Evaluation: Forms and Approaches (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003116875
Rubin, J., & Chisnell, D. (1994). How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests. In Handbook of Usability Testing. Wiley Publishing, Inc.
Sauro, J., & Lewis, J. R. (2012). Quantifying the User Experience.
Sihombing, D. (2003). Tipografi Desain Grafis. Jakarta.
Tullis, T., & Albert, B. (2013). Measuring the User Experience. Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics.
Winter, J. (2015). What is User Experience? Retrieved from [https://www.usertesting.com/blog/2015/08/13/what-is-user- experience.]
Wirakusuma, M. G. (2006). Good questionnaire and response rate. Buletin Study Ekonomi, 11(1).
Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity. John Wiley & Sons, Inc.
Young, S. W. H. (2014). Improving Library User Experience with A/B Testing: Principles and Process. Weave: Journal of Library User Experience, 1(1). https://doi.org/10.3998/weave.12535642.0001.101
Ambrose, G., & Harris, P. (2005). Basic Design: Layout. AVA Publishing SA.
Barnum, C. M. (2020). Usability Testing Essentials Ready, Set...Test! 2nd Edition. Elsevier Science.
Esselink, B. (2006). The Evolution of Localization. In A. Pym, A. Perekrestenko, & B. Starink (Eds.), Translation Technology and Its Teaching (With Much Mention of Localization).
Handayaningrat, S. (1994). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. CV. Haji.
Hidayat, H. (1986). Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press.
ISO. (2010). Human-centred design for interactive systems. The Japanese Journal of Ergonomics, 30(1). https://doi.org/10.5100/jje.30.1
ISO 9241–11. (1998). International Standard-ISO 9241-11. Switzerland: ISO.
Levin, R. I., & Rubin, D. S. (1998). Statistics for Management (7th ed.). Prentice-Hall.
Lidwell, W. (2010). Universal Principles of Design. Rockport Publishers.
Lolang, E. (2014). Hipotesis Nol dan Hipotesis Alternatif. Jurnal Kip, 3(3), 685–696.
Owen, J. M. (2020). Program Evaluation: Forms and Approaches (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003116875
Rubin, J., & Chisnell, D. (1994). How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests. In Handbook of Usability Testing. Wiley Publishing, Inc.
Sauro, J., & Lewis, J. R. (2012). Quantifying the User Experience.
Sihombing, D. (2003). Tipografi Desain Grafis. Jakarta.
Tullis, T., & Albert, B. (2013). Measuring the User Experience. Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics.
Winter, J. (2015). What is User Experience? Retrieved from [https://www.usertesting.com/blog/2015/08/13/what-is-user- experience.]
Wirakusuma, M. G. (2006). Good questionnaire and response rate. Buletin Study Ekonomi, 11(1).
Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity. John Wiley & Sons, Inc.
Young, S. W. H. (2014). Improving Library User Experience with A/B Testing: Principles and Process. Weave: Journal of Library User Experience, 1(1). https://doi.org/10.3998/weave.12535642.0001.101
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.