Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Mahasiswa FILKOM UB)

Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Mahasiswa FILKOM UB)

Penulis

  • Dhamar Santi Kusuma Wardani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Nurudin Santoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Design Thinking, Perilaku Konsumtif, Pengelolaan Keuangan, Confidence Interval, Usability Testing, System Usability Scale, Confidence Interval 95%, Adjusted Wald, E-money

Abstrak

Perilaku konsumtif merupakan salah satu permasalahan yang rentan terjadi pada mahasiswa. Permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan e-money, gaya hidup, dan literasi keuangan. Untuk menghindari permasalahan tersebut, mahasiswa perlu mengelola keuangan dengan baik, salah satunya dengan melakukan pencatatan setiap transaksi keuangan yang dilakukan. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan kepada 57 mahasiswa FILKOM UB, hanya 12,7% mahasiswa yang melakukan pencatatan keuangan setiap harinya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sulitnya mencatat secara manual, sering lupa mencatat, dan rumitnya alur serta tampilan aplikasi yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui karakteristik calon pengguna, keluhan serta harapan guna merancang sebuah aplikasi pengelola keuangan yang dapat memenuhi kebutuhan dan mengatasi permasalahan sulitnya melakukan pencatatan secara manual maupun dengan aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang diharapkan dapat membantu menggali dan menjawab kebutuhan pengguna. Hasil akhir penelitian ini berupa desain solusi dalam bentuk high-fidelity prototype yang kemudian digunakan untuk usability testing. Terdapat tiga aspek uji, yaitu efektivitas dengan hasil 88%, efisiensi dengan 0,090 goals/second , dan kepuasan dengan skor 93  menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil tersebut kemudian dianalisis lebih lanjut untuk mengetahui nilai confidence interval 95% yang diyakini dapat mencakup nilai populasi yang sebenarnya.

Referensi

Aditama, W., Tolle, H. & Rokhmawati, R. I., 2021. Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Investasi Pasar Modal berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(10), pp. 4286-4295.

Albert, B. & Tullis, T., 2022. Measuring The User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting UX Metrics. 3 ed. Cambridge, United States: Morgan Kaufmann.

Anggraini, R. D. & Frendiana, V., 2022. Rancang Bangun Design Ui/Ux Aplikasi Mobile Saving! dengan Aplikasi Figma. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 1(1), pp. 358-368.

Arka, J., Brata, A. H. & Brata, K. C., 2019. Pengembangan Aplikasi Mobile Manajemen Keuangan dengan Metode Scrum (Studi Kasus Mahasiswa FILKOM UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(2), pp. 1199-1207.

Brooke, J., 1996. SUS: a ‘quick and dirty’ usability scale. P.W.Jordan, B. Thomas, B.A. Weerdmeester, and I.L. McClelland (Eds.) Usability Evaluation in Industry ed. London: Taylor and Francis.

Brown, T., 2008. Design Thinking. [Online] Available at: https://www.ideou.com/pages/design-thinking [Accessed 07 August 2023].

Cummins, M., Haskel, J. H. & Jenkins, S., 2009. Financial Attitudes and Spanding Habits of University Fresmen. Journal of Economics and Economi Education Research, 10(1), pp. 3-6.

Dewi, L. G. K., Herawati, N. T. & Adiputra, I. M. P., 2021. Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Dimediasi Kontrol Diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 5(1), pp. 1-19.

Hartson, R. & Pyla, P., 2018. The UX Book: Agile UX Design for a Quality User Experience. 2 ed. Cambridge: Katey Birtcher.

Hidayah, N. & Bowo, P. A., 2018. Pengaruh Uang Saku, Locus of Control, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 7(3), pp. 1025-1039.

Interaction Design Foundation, 2021. Usability Testing. [Online] Available at: https://www.interaction-design.org/literature/topics/usability-testing [Accessed 24 August 2023].

Kim, S. H., Jin, J., Sevinchan, M. & Davies, A., 2023. How do automated reasoning features impact the usability of a clinical task management system? Development and usability testing of a prototype. International Journal of Medical Informatics, Volume 174, pp. 1386-5056.

Kusmiati, D. & Kurnianingsih, H., 2022. PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA: SEBERAPA BESAR PERAN FINANCIAL LITERACY, LIFE STYLE, E-MONEY, DAN SELF CONTROL?. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(2), pp. 1-13.

McClonskey, M., 2014. Turn User Goals into Task Scenarios for Usability Testing. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/task-scenarios-usability-testing/ [Accessed 24 August 2023].

Sauro, J. & Lewis, J. R., 2005. ESTIMATING COMPLETION RATES FROM SMALL SAMPLES USING BINOMIAL CONFIDENCE INTERVALS: COMPARISONS AND RECOMMENDATIONS. PROCEEDINGS of the HUMAN FACTORS AND ERGONOMICS SOCIETY 49th ANNUAL MEETING, pp. 2100 - 2104.

Yushita, A. N., 2017. Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, Volume 6, p. 15.

Diterbitkan

16 Feb 2024

Cara Mengutip

Wardani, D. S. K., Kharisma, A. P., & Santoso, N. (2024). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Mahasiswa FILKOM UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13318

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...