Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Human Resources Menggunakan Metode User-Centered Design
Kata Kunci:
manajemen, user-centered design, usability, prototipe, system usability scaleAbstrak
Kemajuan teknologi informasi secara signifikan mengubah cara kerja manusia. Dengan teknologi informasi terintegrasi yang canggih, bisnis dapat beroperasi lebih efisien dan produktif. PT Kode Aplikasi Indonesia atau Nusantara Beta Studio (NBS) merupakan perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang fokus pada pengembangan perangkat lunak kreatif. Saat ini, perusahaan memiliki lebih dari 70 karyawan. NBS menggunakan aplikasi Gaji.id untuk manajemen karyawan, namun dianggap kurang efisien karena tidak mencakup seluruh kebutuhan manajemen karyawan, seperti pengajuan cuti dan lembur yang masih menggunakan Google Form. Sebagai solusi, NBS ingin membuat aplikasi untuk menyelesaikan permasalahan manajemen karyawan. Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design dengan tujuan memahami karakteristik pengguna, menentukan fungsionalitas, dan mengukur nilai usability pada prototipe. Tingkat usability pada efektivitas dengan 9 tugas mencapai 66%, dengan rentang ± 31% untuk 4 dari 5 pengguna yang berhasil dan 80%, dengan rentang ± 20% untuk yang berhasil. Tingkat usability aspek efisiensi pada T5 menunjukkan tingkat efisiensi rendah dengan waktu penyelesaian rata-rata 42 detik, dengan rentang ± 20 detik. Sementara T7 mencapai tingkat efisiensi tinggi dengan rata-rata waktu penyelesaian 5 detik, dengan rentang ± 2 detik. Tingkat kepuasan pengguna diukur dengan System Usability Scale mencapai skor 83, dengan rentang ± 9,8 detik.
Referensi
A. F., H. B., & Ismanto, S. U. (2023). Manajemen Badan Usaha Milik Desa Mitra Maju Sejahtera Desa Gunung Putri Kabupaten. Jurnal Administrasi Negara, 581 - 592.
Babich, N. (2017, September 29). Putting Personas to Work in UX Design: What They Are and Why They’re Important. Retrieved from Adobe Blog: https://blog.adobe.com/en/publish/2017/09/29/putting-personas-to-work-in-ux-design-what-they-are-and-why-theyre-important
Babich, N. (2019, Oktober 18). User-Centered Design Principles & Methods. Retrieved from Adobe XD: https://xd.adobe.com/ideas/principles/human-computer-interaction/user-centered-design/
Interaction Design Foundation. (2016, Juni 05). User-Centered Design. Retrieved from Interaction Design Foundation: https://www.interaction-design.org/literature/topics/user-centered-design
Jokela, T. (2003). The standard of User-Centered Design and the standard definition of usability:
Moran, K. (2019, December 1). Usability Testing 101. Retrieved from Nielsen Norman Group: https://www.nngroup.com/articles/definition-user-experience/
Morville, P. (2016, Oktober 11). User Experience Honeycomb. Retrieved from Intertwingled: http://intertwingled.org/user-experience-honeycomb/
Nielsen, J. (1994, April 24). 10 Usability Heuristics for User Interface Design. Diambil kembali dari Nielsen Norman Group: https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
Priyono, & Marnis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
T. T., & B. A. (2013). Measuring the User Experience Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics. USA: Elsevier Inc.
W. B., & Sari, B. N. (2022). Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course. Journal of Computer and Information Technology, 91-97.
Wardiana, W. (2014, Oktober 02). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Retrieved from http://eprints.rclis.org/6534/
Wijaya, C., & M. R. (2016). Dasar - Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.
A. F., H. B., & Ismanto, S. U. (2023). Manajemen Badan Usaha Milik Desa Mitra Maju Sejahtera Desa Gunung Putri Kabupaten. Jurnal Administrasi Negara, 581 - 592.
Babich, N. (2017, September 29). Putting Personas to Work in UX Design: What They Are and Why They’re Important. Retrieved from Adobe Blog: https://blog.adobe.com/en/publish/2017/09/29/putting-personas-to-work-in-ux-design-what-they-are-and-why-theyre-important
Babich, N. (2019, Oktober 18). User-Centered Design Principles & Methods. Retrieved from Adobe XD: https://xd.adobe.com/ideas/principles/human-computer-interaction/user-centered-design/
Interaction Design Foundation. (2016, Juni 05). User-Centered Design. Retrieved from Interaction Design Foundation: https://www.interaction-design.org/literature/topics/user-centered-design
Jokela, T. (2003). The standard of User-Centered Design and the standard definition of usability:
Moran, K. (2019, December 1). Usability Testing 101. Retrieved from Nielsen Norman Group: https://www.nngroup.com/articles/definition-user-experience/
Morville, P. (2016, Oktober 11). User Experience Honeycomb. Retrieved from Intertwingled: http://intertwingled.org/user-experience-honeycomb/
Nielsen, J. (1994, April 24). 10 Usability Heuristics for User Interface Design. Diambil kembali dari Nielsen Norman Group: https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
Priyono, & Marnis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
T. T., & B. A. (2013). Measuring the User Experience Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics. USA: Elsevier Inc.
W. B., & Sari, B. N. (2022). Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course. Journal of Computer and Information Technology, 91-97.
Wardiana, W. (2014, Oktober 02). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Retrieved from http://eprints.rclis.org/6534/
Wijaya, C., & M. R. (2016). Dasar - Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.