Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intention To Use Dan Actual Usage dalam Penggunaan Aplikasi Beam di Lingkungan Universitas Brawijaya
Kata Kunci:
Beam Mobility, Technology Acceptance Model (TAM), Penerimaan Teknologi, Penyewaan sepeda listrik berbagiAbstrak
Kendaraan listrik semakin menjadi perbincangan di Indonesia yang juga didorong oleh kesadaran masyarakat akan isu lingkungan dan insentif dari pemerintah. Sebagai respons terhadap tren ini, Universitas Brawijaya bekerja sama dengan Beam Mobility berinisiatif menyediakan layanan penyewaan sepeda listrik berbagi. Meskipun inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap kendaraan listrik, tidak dipungkiri adanya keluhan dan tantangan terkait penggunaan aplikasi Beam di kampus. Beberapa keluhan muncul terkait penggunaan aplikasi Beam, contohnya saldo yang berkurang lebih daripada seharusnya dan masalah top up pada aplikasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penerimaan pengguna dari adanya aplikasi Beam di lingkungan Universitas Brawijaya. Penelitian ini mengadopsi Technology Acceptance Model (TAM) dengan menambahkan variabel eksternal rasa ingin tahu (curiosity) dan pengaruh sosial (social influence). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui metode survei atau pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Analisis data menunjukkan bahwa variabel curiosity, social influence, dan perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention to use. Kemudian, curiosity, perceived usefulness, dan perceived ease of use tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap actual usage, sedangkan variabel social influence memiliki dampak yang signifikan. Oleh karena itu, rasa ingin tahu, pengaruh sosial, dan persepsi kegunaan dapat memengaruhi niat penggunaan dalam penggunaan aplikasi Beam. Namun, hanya pengaruh sosial yang memengaruhi niat dan penggunaan aktual.
Referensi
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.
Alleyne, S., & Lavine, D. (2013). The impact of perceived ease of use, perceived usefulness, and social influence on behavioral intention to use cloud computing. Journal of Computer Information Systems, 53(4), 1-10.
Carin, A. (1997). Curiosity and the learning process: A developmental perspective. Educational Psychology Review, 9(2), 159-179.
Catherine, J., Caron-Fasan, M., & Laroche, M. (2017). The role of social influence on technology adoption: A meta-analysis. Journal of Business Research, 70, 1-12.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
Kersna, I. P. (2021). Model TAM (Technology Acceptance Model) dalam Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Informatika, 17(1), 51-62.
Lowry, P. B., Gaskin, J., Twyman, N., Hammer, B., & Roberts, T. (2012). Taking ‘fun and games’ seriously: Proposing the hedonic-motivation system adoption model (HMSAM). Journal of the association for information systems, 14(11), 617-671.
M. Abdekhoda, M., Jafari, M., & Ahmadi, M. (2014). The impact of perceived ease of use, perceived usefulness, and social influence on behavioral intention to use online banking: An empirical study of Iranian banks. International Journal of Information Management, 34(3), 391-401.
Putri, N. N., & Indrawati, D. (2018). Pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, dan image terhadap behavioural intention to use e-learning pada mahasiswa Universitas Brawijaya. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 13(2), 1-14.
Raharjo, I. P. (2018). Penerapan Model Technology Acceptance Model (TAM) dalam Penerimaan Aplikasi Mobile Belanja Online. Jurnal Informatika, 14(1), 1-12.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Sujarweni, V. W. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186-204.
Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology acceptance model 3 and a research agenda on interventions. Decision Sciences, 39(2), 273-315.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.
Alleyne, S., & Lavine, D. (2013). The impact of perceived ease of use, perceived usefulness, and social influence on behavioral intention to use cloud computing. Journal of Computer Information Systems, 53(4), 1-10.
Carin, A. (1997). Curiosity and the learning process: A developmental perspective. Educational Psychology Review, 9(2), 159-179.
Catherine, J., Caron-Fasan, M., & Laroche, M. (2017). The role of social influence on technology adoption: A meta-analysis. Journal of Business Research, 70, 1-12.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
Kersna, I. P. (2021). Model TAM (Technology Acceptance Model) dalam Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Informatika, 17(1), 51-62.
Lowry, P. B., Gaskin, J., Twyman, N., Hammer, B., & Roberts, T. (2012). Taking ‘fun and games’ seriously: Proposing the hedonic-motivation system adoption model (HMSAM). Journal of the association for information systems, 14(11), 617-671.
M. Abdekhoda, M., Jafari, M., & Ahmadi, M. (2014). The impact of perceived ease of use, perceived usefulness, and social influence on behavioral intention to use online banking: An empirical study of Iranian banks. International Journal of Information Management, 34(3), 391-401.
Putri, N. N., & Indrawati, D. (2018). Pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, dan image terhadap behavioural intention to use e-learning pada mahasiswa Universitas Brawijaya. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 13(2), 1-14.
Raharjo, I. P. (2018). Penerapan Model Technology Acceptance Model (TAM) dalam Penerimaan Aplikasi Mobile Belanja Online. Jurnal Informatika, 14(1), 1-12.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Sujarweni, V. W. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186-204.
Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology acceptance model 3 and a research agenda on interventions. Decision Sciences, 39(2), 273-315.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.