Analisis Faktor-Faktor yang Berdampak terhadap Minat Adopsi Penggunaan Aplikasi BRImo
Kata Kunci:
BRImo, minat adopsi, persepsi keamanan, persepsi manfaat, persepsi kepercayaan, regresi linier bergandaAbstrak
Penerapan teknologi pada perbankan membantu masyarakat untuk melakukan transaksi lebih mudah dan cepat. Salah satu bank BUMN yang bertransformasi secara agresif di era digital ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. BRI merupakan bank yang berkontribusi besar dalam perekonomian di Indonesia dengan memberikan porsi kredit sebesar 84,2% pada UMKM (Bank Rakyat Indonesia, 2023). BRI juga bekerja sama dengan program Kampus Merdeka dalam menyalurkan bantuan biaya hidup para calon pemimpin bangsa. Sayangnya, ancaman gangguan layanan dalam digitalisasi perbankan semakin bertambah banyak dengan akses informasi yang lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari persepsi keamanan, manfaat, dan kepercayaan terhadap minat adopsi BRImo. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan model regresi linier berganda. Penelitian ini berfokus meneliti pengguna BRImo berusia 20-50 tahun di Kota Malang. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan, persepsi manfaat dan kepercayaan memiliki dampak terhadap minat adopsi BRImo. Lalu, berdasarkan adjusted r square dari hasil uji r square persepsi manfaat dan kepercayaan memiliki pengaruh sebesar 43,1% terhadap minat adopsi BRImo.
Referensi
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. Badan Pusat Statistik. [online] Tersedia di: <https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html> [Diakses 16 Juli 202]
Bank Indonesia. (2023). Statistik Sistem Pembayaran dan Infrastruktur Pasar Keuangan (SPIP). Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/spip/.
Bank Rakyat Indonesia. (2023). Kredit UMKM BRI Terus Tumbuh Capai Rp989,6 Triliun. BRI Korporasi Website. [online] Tersedia di: <https://bri.co.id/lcs/-/asset_publisher/G3x3P8wG7JRn/content/kredit-umkm-bri-terus-tumbuh-capai-rp989-6-triliun> [Diakses 22 Juli 2023]
Bank Rakyat Indonesia. (2023). Laporan Tahunan 2022. Jakarta.
Bank Rakyat Indonesia. (2023). Profil BRImo. Bank Rakyat Indonesia. [online] Tersedia di: <https://bri.co.id/brimo> [Diakses 23 Juli 2023]
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly.
Forman, C., Goldfarb, A., & Greenstein, S. (2018). Technology adoption. The Palgrave Encyclopedia of Strategic Management, 1719–1723. https://doi.org/10.1057/978-1-137-00772-8_379.
Juliandi, A., Irfan, & Manurung ,S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.
Kinanti, P. D., & Andriana, A. N. (2023). The the effects of perceived ease of use, perceived security, and perceived satisfaction on initial trust of BRI Mobile Banking Users (Customer Study in Samarinda City). Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 8(1), 49–60. https://doi.org/10.20527/jtiulm.v8i1.155
McKnight, H., Carter, M., and Clay, P. (2009). Trust In Technology: Development of A Set of Constructs and Measures. DIGIT 2009 Proceedings, 10. https://aisel.aisnet.org/digit2009/10.
Otoritas Jasa Keuangan. (2015). Bijak Ber-ebanking. Jakarta, Otoritas Jasa Keuangan, 13-14.
United Nations Conference on Trade and Development. (2022). ASEAN Investment Report. Asean Secretariat. https://asean.org/wp-content/uploads/2022/10/AIR2022-Web-Online-Final-211022.pdf.
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. Badan Pusat Statistik. [online] Tersedia di: <https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html> [Diakses 16 Juli 202]
Bank Indonesia. (2023). Statistik Sistem Pembayaran dan Infrastruktur Pasar Keuangan (SPIP). Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/spip/.
Bank Rakyat Indonesia. (2023). Kredit UMKM BRI Terus Tumbuh Capai Rp989,6 Triliun. BRI Korporasi Website. [online] Tersedia di: <https://bri.co.id/lcs/-/asset_publisher/G3x3P8wG7JRn/content/kredit-umkm-bri-terus-tumbuh-capai-rp989-6-triliun> [Diakses 22 Juli 2023]
Bank Rakyat Indonesia. (2023). Laporan Tahunan 2022. Jakarta.
Bank Rakyat Indonesia. (2023). Profil BRImo. Bank Rakyat Indonesia. [online] Tersedia di: <https://bri.co.id/brimo> [Diakses 23 Juli 2023]
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly.
Forman, C., Goldfarb, A., & Greenstein, S. (2018). Technology adoption. The Palgrave Encyclopedia of Strategic Management, 1719–1723. https://doi.org/10.1057/978-1-137-00772-8_379.
Juliandi, A., Irfan, & Manurung ,S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.
Kinanti, P. D., & Andriana, A. N. (2023). The the effects of perceived ease of use, perceived security, and perceived satisfaction on initial trust of BRI Mobile Banking Users (Customer Study in Samarinda City). Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 8(1), 49–60. https://doi.org/10.20527/jtiulm.v8i1.155
McKnight, H., Carter, M., and Clay, P. (2009). Trust In Technology: Development of A Set of Constructs and Measures. DIGIT 2009 Proceedings, 10. https://aisel.aisnet.org/digit2009/10.
Otoritas Jasa Keuangan. (2015). Bijak Ber-ebanking. Jakarta, Otoritas Jasa Keuangan, 13-14.
United Nations Conference on Trade and Development. (2022). ASEAN Investment Report. Asean Secretariat. https://asean.org/wp-content/uploads/2022/10/AIR2022-Web-Online-Final-211022.pdf.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.