Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Trust terhadap Minat Pengguna Aplikasi Mobile JKN di Kota Malang

Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Trust terhadap Minat Pengguna Aplikasi Mobile JKN di Kota Malang

Penulis

  • Anggraeni Puspa Sari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Intan Sartika Eris Maghfiroh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aryo Pinandito Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

aplikasi Mobile JKN, Kota Malang, perceived usefulness, perceived ease of use, trust, intention to use

Abstrak

Pemerintah Kota Malang menyambut baik adanya aplikasi Mobile JKN dengan mengintegrasikannya ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan mendorong masyarakat untuk menggunakannya sehingga terjadi peningkatan pengguna aplikasi Mobile JKN di Kota Malang. Hal tersebut menimbulkan terjadinya peningkatan pengguna. Namun, setelah dilakukan observasi ditemui beberapa kondisi saat menggunakan aplikasi, yaitu kendala saat registrasi dan login, fitur FAQ dan perubahan data yang menyulitkan, rekomendasi artikel yang mengganggu, dan kurangnya petunjuk penggunaan fitur. Selain itu, muncul keraguan pada fitur pembayaran dan keoptimalan dalam menyelesaikan masalah. Kondisi tersebut membuat pengguna menjadi kurang berminat menggunakan aplikasi Mobile JKN. Penelitian kuantitatif ini mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner ke masyarakat Kota Malang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dan mendapatkankan 101 responden. Data dianalisis dengan teknik Generalized Linear Model (GLM) dan mendapatkan hasil perceived usefulness dan trust berpengaruh terhadap intention to use aplikasi Mobile JKN dengan nilai signifikansi dibawah 0,05 sedangkan perceived ease of use tidak berpengaruh terhadap intention to use aplikasi Mobile JKN dengan nilai signifikansi 0,199.

Referensi

Amanda, G. dan Layman, C. V., 2022. Examining the Intention to Use Mobile Health Applications Amongst Indonesians. Milestone: Journal of Strategic Management, 2(2), hal.103. https://doi.org/10,19166/ms.v2i2.5924.

Anam, C., 2023. Kepesertaan BPJS Kesehatan di Kota Malang Mencapai 106 Persen. [daring] Bisnis.com. Tersedia pada: <https://surabaya.bisnis.com/read/20230314/531/1637247/kepesertaan-bpjs-kesehatan-di-kota-malang-mencapai-106-persen> [Diakses pada 10 Agustus 2023].

Chawla, D. dan Joshi, H., 2019. Consumer attitude and intention to adopt mobile wallet in India – An empirical study. International Journal of Bank Marketing, 37(7), hal.1590–1618. https://doi.org/10,1108/IJBM-09-2018-0256.

Davis, F.D., 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), hal.319–339. https://doi.org/10,2307/249008.

Hair, J., Anderson, R., Babin, B. dan Black, W., 2010, Multivariate Data Analysis. 7 ed.

Hayati, D.N., 2020, Aplikasi JKN Mobile Penuhi Kebutuhan Peserta BPJS Kesehatan. Tersedia pada: <https://nasional.kompas.com/read/2020/11/17/09571311/aplikasi-mobile-jkn- penuhi-kebutuhan-peserta-bpjs-kesehatan?page=all Editor : Kompas>.

Indriani, N.P.L., Sugiati, G.A. dan Indiani, L.P., 2023. Pengaruh Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, Trust, Dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Halodoc Di Kota Denpasar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 5(1), hal.14–26. https://doi.org/10,22225/wmbj.5.1.2023.14-26.

Jogiyanto, H., 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Kumala, D.C., Pranata, J.W. dan Thio, S., 2020, Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust, dan Security Terhadap Minat Penggunaan Gopay Pada Generasi X Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), hal.19–29. https://doi.org/10,9744/jmp.6.1.19-29.

Mayer, R.C., Davis, J.H. dan Schoorman, F.D., 1927. An Integrative Model of Organizational Trust. Journal of the Institute of Brewing, 33(1), hal.43–57. https://doi.org/10.1002/j.2050-0416.1927.tb05046.x.0416.1927.tb05046.x.

Rosita, S.C. dan Rahmawan, G., 2022. Analisis Minat Masyarakat Menggunakan Aplikasi Halo Doc Dimasa Pandemi Covid-19. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(1), hal.13–24. https://doi.org/10,53625/juremi.v2i1.2692.

Stewart, C., 2022. Health app user share in select countries 2022. [daring] Statista. Tersedia pada: <https://www.statista.com/forecasts/1181436/share-of-health-app-users-by-country> [Diakses 28 Desember 2023].

Venkatesh, V., Morris, M.G., Davis, G.B. & Davis, F.D. (2003). User acceptanceof information tech- nology: toward a unified view. MIS Quarterly, 27(3), 425-478. https://doi.org/10.2307/30036540

Wibowo, M.A. dan Suryoko, S., 2018. Pengaruh Persepsi Manfaat, Tarif Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Produk E-Money (Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Go-Pay Di Kota Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), hal.16–25. Tersedia pada: <https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/22704>.

Yee, T.S., Seong, L.C. dan Chin, W.S., 2019. Patient’s Intention to Use Mobile Health App. Journal of Management Research, 11(3), hal.18. https://doi.org/10,5296/jmr.v11i3.14776.

Diterbitkan

15 Feb 2024

Cara Mengutip

Sari, A. P., Maghfiroh, I. S. E. ., & Pinandito, A. . (2024). Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Trust terhadap Minat Pengguna Aplikasi Mobile JKN di Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13330

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...