Analisis Perbedaan Keterampilan Antara Kelas Sistem Terdistribusi (Layanan Komputasi Awan dan Mesin Virtual)

Analisis Perbedaan Keterampilan Antara Kelas Sistem Terdistribusi (Layanan Komputasi Awan dan Mesin Virtual)

Penulis

  • Iqbal Biondy Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Faizatul Amalia Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aryo Pinandito Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

layanan komputasi awan, praktikum, keterampilan

Abstrak

Keterbatasan perangkat fisik komputer menyebabkan kesulitan dalam melakukan praktikum instalasi Linux, padahal perangkat komputer yang memiliki kemudahan akses merupakan faktor penting dalam pelaksanaan praktikum instalasi Linux. Penggunaan layanan komputasi awan merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah keterbatasan perangkat fisik komputer saat praktikum instalasi Linux. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang perbedaan keterampilan antara kelompok yang menggunakan layanan komputasi awan dan kelompok yang menggunakan mesin virtual. Penelitian kuasi-eksperimental ini menggunakan desain Kelompok mesin virtual dan eksperimen dengan pretest-posttest. Partisipan terdiri dari 30 mahasiswa praktikum mata kuliah Desain Basis Data & SQL program studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Universitas Brawijaya dari Malang, Indonesia. Masing-masing kelompok dipilih 15 orang secara tidak acak untuk bertindak sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan layanan komputasi awan dan Kelompok kontrol dengan menggunakan mesin virtual Virtualbox. Penilaian keterampilan menggunakan penilaian berupa penilaian prosedural. Pengolahan data dilakukan dengan memanfaatkan uji beda dalam analisis. Dengan tidak adanya perbedaan secara signifikan dalam penggunaan media praktikum, pendidik dapat menggunakan mesin virtual virtualbox ataupun layanan komputasi awan dalam pembelajaran praktikum instalasi Linux. Meskipun begitu, layanan komputasi awan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran praktikum instalasi Linux karena media tersebut setara.

Referensi

Nur Nasution, W., Halimah, S. and Mahrisa, R., 2023. The Influence of Canva Application Learning Media and Learning Motivation on Students’ Islamic Religious Education Learning Outcomes at Panca Budi Elementary School, Medan. International Journal of Research and Review, 10(2), pp.772–783. https://doi.org/10.52403/ijrr.20230292.

Pramita, M., Sukmawati, R.A. and Wiranda, N., 2022. Motivation and learning media: How do they affect mathematics learning outcomes after the covid-19 pandemic? Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), pp.153–164. https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i1.12233.

Roure, C., Lentillon‐Kaestner, V. and Pasco, D., 2021. Students’ individual interest in physical education: Development and validation of a questionnaire. Scandinavian Journal of Psychology, 62(1), pp.64–73. https://doi.org/10.1111/sjop.12669.

Sugiyono, 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. [online] Bandung: Alfabeta. Available at: <https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1188929>.

Sy, H., Irmayana, A., Gufran, Muh., Paulus, Y.T., Yasa, P.A. and Aryasa, K., 2021. Distribution Linux for Installation Software using Remastering Technique. In: 2021 3rd International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS). [online] 2021 3rd International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS). Makasar, Indonesia: IEEE. pp.1–4. https://doi.org/10.1109/ICORIS52787.2021.9649591.

Usman, O. and Sulistio Putri, R., 2020. The Influence Of Learning Media, Teaching Methods, E-Learning And Teacher’s Creativity Of Learning Interest. SSRN Electronic Journal. [online] https://doi.org/10.2139/ssrn.3637514.

Diterbitkan

15 Feb 2024

Cara Mengutip

Biondy, I., Amalia, F. ., & Pinandito, A. (2024). Analisis Perbedaan Keterampilan Antara Kelas Sistem Terdistribusi (Layanan Komputasi Awan dan Mesin Virtual). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13341

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...