Pengaruh Student Engagement dalam Project-Based Online Learning Bootcamp terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa di Era Industri 4.0
Kata Kunci:
bootcamp, behavioral engagement, emotional engagement, cognitive engagement, kesiapan kerja mahasiswaAbstrak
Perkembangan Teknologi di Indonesia saat ini telah berada pada kondisi pengkolaborasian Cyber-Physical dengan teknologi otomatisasi atau yang sering disebut sebagai Industri 4.0. Perkembangan yang terjadi berdampak pada meningkatnya kebutuhan perusahaan akan sumber daya manusia yang berkualitas dan termotivasi agar dapat tumbuh berkelanjutan. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, maka muncullah beberapa lembaga training yang berfokus pada Information Tecnology (IT) yang saat ini lebih populer dengan sebutan Bootcamp. Bootcamp dengan fasilitas Project-Based Online Learning yang mendorong student egangement dapat memberikan pengimplementasian teori melalui suatu praktik atau proyek sebagai bagian dari pembelajaran untuk investasi sumber daya manusia dalam menciptakan lulusan yang inovatif dan kompetitif dalam dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh behavioral engagement, emotional engagement, dan cognitive engagement terhadap kesiapan kerja mahasiswa di era industri 4.0. Pengumpulan data menggunakan teknik stratified random sampling dengan mendapatkan sebanyak 102 data responden. Berdasarkan hasil analisis data, hanya satu dari tiga hipotesis yang dapat diterima yaitu behavioral engagement berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa di era industri 4.0. Hasil analisis yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh sebesar 78.5% terhadap variabel dependen yang sedang diteliti.
Referensi
Ada, Mireilla Bikanga., Foster, Mary Ellen. (2023). Enhancing postgraduate students’ technical skills: perceptions of modified team-based learning in a six-week multi-subject Bootcamp-style CS course. COMPUTER SCIENCE EDUCATION, 33(2): 186-210.
Biantong, Juan Salao., Krisnasi, Iwan. (2022). Pengaruh IT Bootccamp Dalam Mencetak Tech Talent Di Era Industri 4.0 Di Indonesia. Academia.edu
Sudarsono, B. (2022). Development of Work-Based Learning Models Based on Work Readiness (WBL-WoRe), JurnalIqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), pp.44-62.
Umar, M.; Ko, I. E-Learning: Direct Effect of Student Learning Effectiveness and Engagement through Project-Based Learning, Team Cohesion, and Flipped Learning during the COVID-19 Pandemic. Sustainability 2022, 14, 1724.
Zen, Zelhendri., Reflianto., Syamsuar., Ariani, Farida. (2022). Academic achievement: the effect of project-based online learning method and student engagement. Heliyon,8(1)
Ada, Mireilla Bikanga., Foster, Mary Ellen. (2023). Enhancing postgraduate students’ technical skills: perceptions of modified team-based learning in a six-week multi-subject Bootcamp-style CS course. COMPUTER SCIENCE EDUCATION, 33(2): 186-210.
Biantong, Juan Salao., Krisnasi, Iwan. (2022). Pengaruh IT Bootccamp Dalam Mencetak Tech Talent Di Era Industri 4.0 Di Indonesia. Academia.edu
Sudarsono, B. (2022). Development of Work-Based Learning Models Based on Work Readiness (WBL-WoRe), JurnalIqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), pp.44-62.
Umar, M.; Ko, I. E-Learning: Direct Effect of Student Learning Effectiveness and Engagement through Project-Based Learning, Team Cohesion, and Flipped Learning during the COVID-19 Pandemic. Sustainability 2022, 14, 1724.
Zen, Zelhendri., Reflianto., Syamsuar., Ariani, Farida. (2022). Academic achievement: the effect of project-based online learning method and student engagement. Heliyon,8(1)
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.