Eksperimen Penerapan Heuristis Visibilitas dan Kesesuaian pada Antarmuka Dashboard Website KKN UB Guna Meningkatkan Usability

Eksperimen Penerapan Heuristis Visibilitas dan Kesesuaian pada Antarmuka Dashboard Website KKN UB Guna Meningkatkan Usability

Penulis

  • Muhammad Huda Nugraha Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Nurudin Santoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Dashboard MMD, usability heuristic, usability score, task completion time, error rate, conversion rate, system usability scale

Abstrak

Mahasiswa Membangun Desa (MMD) adalah inisiatif Universitas Brawijaya yang memfasilitasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi seluruh mahasiswa. Program ini menggunakan aplikasi berbasis web untuk menyebarkan informasi dan mengumpulkan berkas. Penelitian ini bertujuan membuktikan hipotesis bahwa penambahan ikon dan perubahan warna pada kuesioner di dashboard MMD dapat meningkatkan task completion time, usability score, dan mengurangi error rate. Penulis juga mengevaluasi conversion rate dari fitur logbook MMD. Desain kontrol dibandingkan dengan desain treatment yang telah diperbaiki berdasarkan usability heuristic. Pengujian dilakukan secara moderated untuk 10 responden pada penambahan ikon dan perubahan warna, dan secara unmoderated untuk 30 responden pada duplikasi fitur logbook. Maze digunakan untuk menguji task completion time dan error rate, sedangkan System Usability Scale (SUS) diaplikasikan melalui Google Form untuk mengukur usability score. Hasil menunjukkan pengguna lebih cepat menggunakan desain treatment, dengan skor usability yang lebih tinggi, tetapi tidak ada perbedaan dalam tingkat error rate. Pengujian conversion rate menunjukkan bahwa 29 dari 30 responden lebih memilih tombol daripada tab bar pada website MMD.

Referensi

ActiveCollab. (2023). Task Completion Time for Better Project Efficiency. ActiveCollab. https://activecollab.com/blog/project-management/task-completion-time#:~:text=Task completion time is a,quickly a project is completed.

Brooke, J. (2020). SUS : A quick and dirty usability scale. November 1995.

Ellis, C. (2021). Blocking in experimental design. https://crunchingthedata.com/blocking-in-experimental-design/

Hayes, A. (2023). Chi-Square (χ2) Statistic: What It Is, Examples, How and When to Use the Test. Dotdash Meredith.

Hwan, S., Jin, J., Sevinchan, M., & Davies, A. (2023). International Journal of Medical Informatics How do automated reasoning features impact the usability of a clinical task management system ? Development and usability testing of a prototype. International Journal of Medical Informatics, 174(November 2022), 105067. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2023.105067

Nielsen, J. (2013). Conversion Rates. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/conversion-rates/

Potochnik, A., Colombo, M., & Wright, C. (2018). T Test as a Parametric Statistic. Recipes for Science, Table 2, 167–206. https://doi.org/10.4324/9781315686875-6

Putra, D. O., & Setiawan, A. (2020). The Importance of User Experience Analysis in the Design of an Education Information System Application. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.253

Raja, R., & Nagasubramani, P. C. (2018). Impact of modern technology in education. Journal of Applied and Advanced Research, 3, S33–S35. https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3is1.165

Stevens, E. (2023). The 7 Most Important User Experience (UX) KPIs (and How To Measure Them). UX Design Institute. https://www.uxdesigninstitute.com/blog/ux-kpis-and-how-to-measure-them/#user-error-rate

Diterbitkan

04 Mar 2024

Cara Mengutip

Nugraha, M. H., Kharisma, A. P., & Santoso, N. (2024). Eksperimen Penerapan Heuristis Visibilitas dan Kesesuaian pada Antarmuka Dashboard Website KKN UB Guna Meningkatkan Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13353

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...