Perancangan Interaksi Untuk Talent Management System Di Sub Unit Human Capital Communication & Employer Branding PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Menggunakan Goal-Directed Design
Kata Kunci:
Perancangan Interakasi, Goal-Directed Design, Talent Management System, Telkom Indonesia, Interaction Design, Pengalaman Pengguna, Antarmuka PenggunaAbstrak
Dalam menghadapi tingkat persaingan yang semakin tinggi di dunia bisnis, perusahaan dituntut untuk memiliki karyawan berkompetensi tinggi. Sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, Telkom Indonesia memiliki komitmen untuk meningkatkan daya saingnya melalui pengelolaan sumber daya manusia yang efektif. Penelitian ini fokus pada perbaikan Talent Management System (TMS) yang dikembangkan oleh Human Capital Communication & Employer Branding (HCCOM) pada tahun 2022. TMS, yang berfungsi untuk mengelola data peserta, program, dan mitra, mengalami kendala dalam pengumpulan, pelacakan, dan penampilan data. Permasalahan ini menimbulkan hambatan dalam proses pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Goal-Directed Design (GDD) untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna, merancang interaksi TMS yang baru, dan mengukur efektivitas, efisiensi, serta kepuasan pengguna melalui usability testing. Evaluasi terhadap prototipe berfidelitas tinggi yang sudah dibuat dilakukan kepada stakeholder yang sekaligus sebagai pengguna TM. Hasilnya menunjukkan tingkat keberhasilan yang signifikan, dengan skor efektivitas 97,77%, efisiensi 90,15%, dan kepuasan pengguna yang dinilai sebagai excellent. Dengan masukan dari pengguna, iterasi desain dilakukan untuk memperbaiki solusi yang diusulkan, sehingga menghasilkan interaksi TMS yang lebih efektif, efisien, dan memuaskan. Implementasi desain baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung Telkom dalam merekrut dan mengelola karyawan berkompetensi tinggi guna menjaga daya saing perusahaan.
Referensi
Cooper, A., Reimann, R., Cronin, D., Noessel, C., Csizmadi, J., & Lemoine, D. (n.d.). About Face The Essentials of Interaction Design Fourth Edition.
Great Place To Work Announces the 2023 Best Workplaces in Asia Representing 5.9 Million Employee Experiences - PR Newswire APAC. (n.d.). Retrieved September 2, 2023, from https://en.prnasia.com/releases/apac/great-place-to-work-announces-the-2023-best-workplaces-in-asia-representing-5-9-million-employee-experiences-416501.shtml
ISO 9241-210. (2010). Ergonomics of human–system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems.
Kate Moran. (2019, December 1). Usability Testing 101. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/
Law, E. L. C., Van Schaik, P., & Roto, V. (2014). Attitudes towards user experience (UX) measurement. International Journal of Human Computer Studies, 72(6), 526–541. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2013.09.006
Lewis, J. R. (2018). The System Usability Scale: Past, Present, and Future. International Journal of Human-Computer Interaction, 34(7), 577–590. https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1455307
Nielsen, J., & Landauer, T. K. (1993). A Mathematical Model of the Finding of Usability Problems. Proceedings of the INTERACT ’93 and CHI ’93 Conference on Human Factors in Computing Systems, 206–213. https://doi.org/10.1145/169059.169166
Schweyer. (2004). Talent management systems : best practices in technology solutions for recruitment, retention, and workforce planning. Wiley.
Sukoco, I., & Prameswari, D. (2017). Human Capital Approach to Increasing Productivity of Human Resources Management. Jurnal AdBispreneur, 2(1), 93–104.
Tanjung, F. (2021). Pengaruh Employer Branding Terhadap Minat Melamar Pekerjaan dengan Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 1(2), 8–17. https://doi.org/10.47709/jebma.v1i2.975
Telkom | Selalu ada inovasi untuk Indonesia. (n.d.). Retrieved September 2, 2023, from https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID
Williams, A. (2009). User-centered design, activity-centered design, and goal-directed design: a review of three methods for designing web applications. 318.
Cooper, A., Reimann, R., Cronin, D., Noessel, C., Csizmadi, J., & Lemoine, D. (n.d.). About Face The Essentials of Interaction Design Fourth Edition.
Great Place To Work Announces the 2023 Best Workplaces in Asia Representing 5.9 Million Employee Experiences - PR Newswire APAC. (n.d.). Retrieved September 2, 2023, from https://en.prnasia.com/releases/apac/great-place-to-work-announces-the-2023-best-workplaces-in-asia-representing-5-9-million-employee-experiences-416501.shtml
ISO 9241-210. (2010). Ergonomics of human–system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems.
Kate Moran. (2019, December 1). Usability Testing 101. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/
Law, E. L. C., Van Schaik, P., & Roto, V. (2014). Attitudes towards user experience (UX) measurement. International Journal of Human Computer Studies, 72(6), 526–541. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2013.09.006
Lewis, J. R. (2018). The System Usability Scale: Past, Present, and Future. International Journal of Human-Computer Interaction, 34(7), 577–590. https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1455307
Nielsen, J., & Landauer, T. K. (1993). A Mathematical Model of the Finding of Usability Problems. Proceedings of the INTERACT ’93 and CHI ’93 Conference on Human Factors in Computing Systems, 206–213. https://doi.org/10.1145/169059.169166
Schweyer. (2004). Talent management systems : best practices in technology solutions for recruitment, retention, and workforce planning. Wiley.
Sukoco, I., & Prameswari, D. (2017). Human Capital Approach to Increasing Productivity of Human Resources Management. Jurnal AdBispreneur, 2(1), 93–104.
Tanjung, F. (2021). Pengaruh Employer Branding Terhadap Minat Melamar Pekerjaan dengan Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 1(2), 8–17. https://doi.org/10.47709/jebma.v1i2.975
Telkom | Selalu ada inovasi untuk Indonesia. (n.d.). Retrieved September 2, 2023, from https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID
Williams, A. (2009). User-centered design, activity-centered design, and goal-directed design: a review of three methods for designing web applications. 318.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.