Analisis Kualitas Layanan Website Cove Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0
Kata Kunci:
co-living, cove, webqual, kepuasan penggunaAbstrak
Tempat tinggal merupakan kebutuhan mendasar setiap individu dengan variasi opsi tempat tinggal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi. Sebelum adanya internet, mencari hunian kos merupakan tantangan dengan keterbatasan informasi dan risiko penipuan, namun dengan berkembangnya teknologi telah memudahkan pencarian hunian kos melalui berbagai platform. Cove merupakan perusahaan co-living yang didirikan pada 2018, mengalami pertumbuhan di Indonesia sejak ekspansi tahun 2020. Meskipun menawarkan fasilitas eksklusif dan prioritas pada keamanan dan kesehatan, proses pemesanan kos melalui website Cove masih manual melalui pesan WhatsApp, bertentangan dengan kemudahan pemesanan online sebelumnya. Evaluasi kualitas layanan dilakukan menggunakan framework WebQual yang menitikberatkan pada variabel Usability Quality, Information Quality, dan Service Interaction Quality terhadap kepuasan pengguna dalam penggunaan website Cove. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menerapkan Analisis Regresi Linear Berganda dan Generalized Linear Model (GLM) sebagai teknik analisis data. Sebanyak 102 responden yang pernah menggunakan website Cove di Indonesia menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menghasilkan bahwa ketiga variabel independen dinyatakan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Referensi
Babenko, V. (2018). Re: What should be ideal KMO value for factor analysis?. Retrieved from: https://www.researchgate.net/post/What-should-be-ideal-KMO-value-for-factor-analysis/5b622263d7141b16ef4342e7/citation/download.
Barnes, S. J. dan Vidgen, R. T. (2003). Measuring Web site quality improvements: a case study of the forum on strategic management knowledge exchange. Industrial Management & Data Systems. 103/5 297-309.
Ghozali, I. (2018). Ghozali 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS, 25.
Goetsch, D. L. dan Davis, S. B. (2016). Quality management for organizational excellence: Introduction to total quality. pearson.
Hartono, J. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman (edisi pertama). Yogyakarta: BPFE.
Kerlinger, F. N. dan Lee, H. B. (2000). Foundations of behavioral research. Harcourt College Publishers.
Napitupulu, D., Kadar, J. A., dan Jati, R. K. (2017). Validity testing of technology acceptance model based on factor analysis approach. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 5(3), 697-704.
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ngo, T. H. D. (2016). Generalized Linear Models for Non-Normal Data. SASInstitute Inc.
Parasuraman, A, Zeithmal, V. A., dan Berry, L. L. (1988). Servqual: amulti-item scale for measuring Consumer perceptions of service Quality. Journal of Retailing Vol. 64,No.1, p12- 37
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., dan Malhotra, A. (2005). E-S-QUAL a multiple-item scale for assessing electronic service quality. Journal of Service Research, 7(3), 213–233. https://doi.org/10.1177/1094670504271156.
Purwandani, I., dan Syamsiah, N. O. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 300. https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.47129.
Setyawan, A. A. dan Setiawan, A. (2023). ANALISIS KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. INFOKOM (Informatika & Komputer), 11(1), 1-18.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 25 ed. Bandung: ALFABETA.
Riduwan dan Akdon. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta.
Rumah.com. (2021). Bisnis Kos Masih Akan Terus Meningkat Hingga Lima Tahun Ke Depan. https://www.rumah.com/berita-properti/2021/9/201337/bisnis-kos-masih-akan-terus-meningkat-hingga-lima-tahun-ke-depan.
Tjiptono, F dan Chandra, G. (2016). Service Quality & Satisfaction, Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Wulandari, N. F. (2022). Analisa Kualitas Website Lazada Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 6(2), 235-244.
Babenko, V. (2018). Re: What should be ideal KMO value for factor analysis?. Retrieved from: https://www.researchgate.net/post/What-should-be-ideal-KMO-value-for-factor-analysis/5b622263d7141b16ef4342e7/citation/download.
Barnes, S. J. dan Vidgen, R. T. (2003). Measuring Web site quality improvements: a case study of the forum on strategic management knowledge exchange. Industrial Management & Data Systems. 103/5 297-309.
Ghozali, I. (2018). Ghozali 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS, 25.
Goetsch, D. L. dan Davis, S. B. (2016). Quality management for organizational excellence: Introduction to total quality. pearson.
Hartono, J. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman (edisi pertama). Yogyakarta: BPFE.
Kerlinger, F. N. dan Lee, H. B. (2000). Foundations of behavioral research. Harcourt College Publishers.
Napitupulu, D., Kadar, J. A., dan Jati, R. K. (2017). Validity testing of technology acceptance model based on factor analysis approach. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 5(3), 697-704.
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ngo, T. H. D. (2016). Generalized Linear Models for Non-Normal Data. SASInstitute Inc.
Parasuraman, A, Zeithmal, V. A., dan Berry, L. L. (1988). Servqual: amulti-item scale for measuring Consumer perceptions of service Quality. Journal of Retailing Vol. 64,No.1, p12- 37
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., dan Malhotra, A. (2005). E-S-QUAL a multiple-item scale for assessing electronic service quality. Journal of Service Research, 7(3), 213–233. https://doi.org/10.1177/1094670504271156.
Purwandani, I., dan Syamsiah, N. O. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 300. https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.47129.
Setyawan, A. A. dan Setiawan, A. (2023). ANALISIS KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. INFOKOM (Informatika & Komputer), 11(1), 1-18.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 25 ed. Bandung: ALFABETA.
Riduwan dan Akdon. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta.
Rumah.com. (2021). Bisnis Kos Masih Akan Terus Meningkat Hingga Lima Tahun Ke Depan. https://www.rumah.com/berita-properti/2021/9/201337/bisnis-kos-masih-akan-terus-meningkat-hingga-lima-tahun-ke-depan.
Tjiptono, F dan Chandra, G. (2016). Service Quality & Satisfaction, Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Wulandari, N. F. (2022). Analisa Kualitas Website Lazada Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 6(2), 235-244.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.