Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Aplikasi Transportasi Online

Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Aplikasi Transportasi Online

Penulis

  • Hasna Azlya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aryo Pinandito Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Dwi Cahya Astriya Nugraha Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

aplikasi transportasi online, content, accuracy, format, ease of use, timeliness, kepuasan pengguna, EUCS

Abstrak

Transportasi online di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan, salah satunya Maxim yang popularitasnya semakin meningkat karena menawarkan tarif lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya. Kelompok usia 17-24 tahun memiliki frekuensi yang lebih tinggi dalam menggunakan transportasi online dan mahasiswa merupakan salah satu kategori dalam rentang usia tersebut. Penelitian ini memfokuskan pada mahasiswa Universitas Brawijaya, yang dipilih karena memiliki jumlah mahasiswa terbanyak kedua di Indonesia. Kepuasan pengguna menjadi fokus utama yang diteliti karena menjadi salah satu indikator keberhasilan sebuah sistem atau produk dan perlu diperhatikan oleh setiap penyedia layanan. Meskipun Maxim populer, sejumlah masalah muncul dari hasil wawancara dengan mahasiswa Universitas Brawijaya, seperti ketidakjelasan informasi, ketidakakuratan lokasi, tampilan aplikasi yang membingungkan, kesulitan menggunakan fitur, dan lokasi yang tidak up to date. Penelitian kuantitatif melalui kuesioner disebarkan menggunakan teknik berupa purposive sampling kepada mahasiswa Universitas Brawijaya dan berhasil mendapatkan 98 responden. Analisis data menggunakan Analisis Generalized Linear Model (GLM) melalui R Studio. Hasil analisis mendukung semua hipotesis yaitu lima dari lima hipotesis yang menunjukkan bahwa masing-masing content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness memiliki pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi transportasi online.

Referensi

Anjungroso, F. 2019. Survei Ungkap Seiring Bertambah Usia Makin Jarang Gunakan Ojek Online. Tribunnews.com.

Astutik, Y. 2020. 21,7 Juta Masyarakat Indonesia Pakai Transportasi Online. CNBC Indonesia.

Chin, W.W. dan Lee, M.K.O. 2000. A Proposed Model and Measurement Instrument for the Formation of Is Satisfaction: the Case of End-User Computing Satisfaction. Proceedings of the 21st International Conference on Information Systems, ICIS 2000, 553–558.

Darwati, L dan Fitriyani. 2022. Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 12(2), 34–42.

Doll, W.J. dan Torkzadeh, G., 1988. The Measurement of End-User Computing Satisfaction End-User Satisfaction. MIS Quarterly, 12(2), 259–274.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., dan Anderson, R. E. 2018. Multivariate Data Analysis (8th ed.). United Kingdom: Cengage Learning

Istianah, E. dan Yustanti, W. 2022. Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Jenius dengan Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) berdasarkan Perspektif Pengguna. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(4), 36-44.

Kurniasih, I. dan Pibriana, D. 2021. Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(1), 181–198.

Li, J. 2013. Factors Affecting Customer Satisfaction and Customer Loyalty towards Belle Footwear Company in Lanzhou City, Gansu Province of the People’s Republic of China. IOSR Journal of Business and Management, 14(2). 41-48.

Machmud, R. 2018. Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus pada T3-Online). Ideas Publishing.

Puspitasari, N., Tampubolon, W., dan Taruk, M. (2021). Analisis Metode EUCS dan Hot-Fit dalam Mengevaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 4(1), 19-28.

Sadya, S. 2022. Survei Indef: Gojek Pimpin Pasar Online di Indonesia. DataIndonesia.id.

Setiawan, H. dan Novita, D. 2021. Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2(2), 162-175.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Diterbitkan

19 Feb 2024

Cara Mengutip

Azlya, H., Pinandito, A., & Nugraha, D. C. A. (2024). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Aplikasi Transportasi Online. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13364

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...